Diney+ (Sumber Foto: Unsplash/Mika Baumeister)

Disney+ Larang Pelanggan Berbagi Password, Simak Kebijakan Terbarunya

12 February 2024   |   20:16 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Platform streaming OTT, Disney Plus merilis kebijakan barunya yang melarang pengguna berbagi kata sandi dalam satu akun secara ilegal. Kebijakan ini merupakan upaya mereka untuk meningkatkan jumlah pengguna dan pendapatan perusahaan.

Mengutip dari The Verge, Hugh Johnston, Kepala Keuangan Disney mengatakan bahwa akun-akun Disney Plus yang dicurigai berbagi kata sandi dengan cara yang tidak benar berpotensi diblokir. Pelanggan akan diberikan opsi untuk mendaftarkan langganan akunnya sendiri.

Baca juga: 7 Film & Serial yang Tayang di Disney+ Hotstar Februari 2024

Pengguna berbayar akan mendapat notifikasi bahwa mereka harus bertanggung jawab untuk memastikan password disimpan dengan baik. Selanjutnya Disney juga mulai mengizinkan pemegang akun untuk menambahkan pengguna lainnya diluar household (rumah tangga) mereka dengan biaya tambahan. Meski begitu belum dirinci secara resmi berapa biayanya.

"Kami ingin mencapai sebanyak mungkin audiens dengan konten kami yang luar biasa," kata Johnston mewakili Disney.

Lebih lanjut dia menambahkan, perusahaan berharap dapat meluncurkan fungsi baru ini untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, serta mengembangkan basis pelanggan mereka.

Mengutip dari MobileSyrup, Disney Plus sebelumnya telah menerapkan kebijakan ini untuk pengguna berbayar di Kanada sejak 1 November 2023. Mereka menerbitkan kebijakan yang menjelaskan soal larangan berbagi akun. Disebutkan, pelanggan tidak diizinkan membagikan akun berlangganannya kepada individu atau perangkat yang tidak tinggal serumah. Terkecuali, memang sudah diizinkan dalam paket atau tingkat berlangganan tertentu secara resmi dari Disney Plus.

Adapun tahun ini, Disney Plus hingga layanan streaming Hulu telah memperbarui persyaratan layanannya mereka untuk melarang pengguna saling berbagi paket berlangganan dengan orang-orang di luar household (rumah tangga) mereka. Khusus untuk Disney Plus, peraturan ini berlaku bagi pelanggan baru mulai 25 Januari 2024. Sementara untuk pelanggan lama mulai 14 Maret 2024 mendatang. 

Platform streaming lainnya, seperti Netflix juga tahun lalu telah membatasi pelanggan yang berbagi akun dan password dari household berbeda. Mereka akhirnya menerapkan sistem berbagi langganan dengan biaya tambahan 7,99 USD atau sekitar Rp125 ribu per bulan untuk menambahkan orang dari luar rumah.

"Biaya langganan tambahan untuk pengguna di luar household adalah peluang bagi kami, kedepannya perusahaan akan mengambil tindakan yang sangat spesifik dalam beberapa bulan ke depan," ujar Johnston.

Berdasarkan laporan keuangan terbarunya, Disney Plus sedang mengalami masa sulit. Mereka baru saja kehilangan 1,3 juta pelanggan di Amerika Serikat dan Kanada setelah perusahaan menaikkan harga langganan tahun lalu.

Sementara itu, di Indonesia sendiri Disney Plus hadir melalui Disney Plus Hotstar. Terhitung sejak Oktober 2023 kemarin, pihak Disney Plus Hotstar merilis pemberitahuan ke pengguna mengenai kenaikan harga berlangganan platform mereka.

Tersedia dua jenis paket langganan, yakni Basic dan Premium dengan dua waktu pembayaran bulanan atau tahunan. Paket Disney+ Hotstar Basic akan dibanderol dengan harga Rp65.000 per bulan atau Rp450.000 per tahun. Sementara, Paket Disney+ Hotstar Premium segarfa Rp119.000 per bulan atau Rp799.000 per tahun.

Baca juga: Cek Harga Terbaru, Biaya Langganan Disney+ Hotstar Per 3 Oktober 2023 Resmi Naik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Berlibur ke Bali, Wisatawan Mancanegara Bakal Dikenakan Pungutan Rp150.000 Mulai 14 Februari 2024

BERIKUTNYA

Selebritas Indonesia Sampaikan Duka Atas Kepergian Kelvin Kiptum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: