Menu KAMA Cuisine & Libations (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Cita Rasa Aromatik Hidangan Pan-Asia di KAMA Cuisine & Libations

12 February 2024   |   16:16 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Ragam dan ciri khas hidangan tiap negara bergantung pada kekayaan bahan olahan masakannya. Misalnya, negara-negara di Asia yang keberagaman kulinernya identik dengan cita rasa rempah yang kuat menjadi ciri khusus yang merepresentasikan kekayaan cita rasa kuliner di kawasan tersebut.

Untuk membuatnya pun diperlukan metode memasak yang tepat. Seperti konsep makanan Pan-Asia yang dihadirkan KAMA Cuisine & Libations yang menggabungkan cita rasa hidangan tradisional dari negara-negara di Asia melalui keberagaman rasa dan bahannya.

Baca juga: Merasai Kemewahan Menu Kolaborasi Hidangan Eropa & Asia di XXX by Leon Goldstein
 
Restoran ini menawarkan menu-menu Asia yang terinspirasi dari perbedaan cita rasa makanan yang dipadu menjadi satu hidangan unik penuh kreasi. Executive Chef KAMA Cuisine & Libations Marsya Prihatin mengatakan bahwa diperlukan inovasi dan kreativitas untuk menciptakan menu-menu Pan-Asia.

Alasannya, untuk membuat suatu hidangan terasa unik tanpa meninggalkan autentisitas kuliner aslinya menjadi tantangan yang harus ditaklukkan para chef di balik meja dapur.
 
Untuk menghadirkan cita rasa yang autentik itu, KAMA Cuisine & Libations menyediakan menu pembuka yang siap menggugah selera, otoro & scallop dengan gurihnya tartare dan whipped egg sauce yang terasa ringan. Menu grilled scallops dengan taburan rempah burnt chili maple butter membuat scallop tak terasa amis dan beraroma smoky.
 

Menu KAMA Cuisine & Libations (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menu KAMA Cuisine & Libations (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


Untuk membuat aroma hidangan yang menggugah selera, Chef Marsya menggunakan jenis kayu-kayuan aromatik seperti kayu dari ranting rambutan. Selain murah, masakan Asia disebut cocok dimasak dengan kayu rambutan ini.

“Pernah coba menggunakan kayu salak, bisa jadi alternatif juga. Tetapi sejauh ini menggunakan kayu dari rambutan yang aromanya paling keluar,” kata Chef Marsya.

Namun minusnya, kayu rambutan mudah habis saat dibakar, sehingga dapur KAMA harus menyediakan kayu rambutan ini dalam jumlah besar. Sebab, hampir semua hidangan di restoran ini menggunakan metode memasak dengan bahan bakar kayu rambutan ini. 

Baca juga: Sensasi Hidangan Oriental khas Jepang di Shima Japanese Restaurant, Mulai Ramen hingga Sashimi
 
Untuk hidangan utama, restoran ini membawa bahan utama daging, ayam, hingga seafood lainnya yang kaya protein. Salah satu menu utama yang cukup difavoritkan pengunjung adalah twice-cooked short ribs, bagian tulang rusuk sapi yang lembut dipadukan dengan yogurt kemangi dan burnt honey.

Penyuka seafood wajib menjajal grilled lobster egg noodles yang gurih dengan sentuhan makanan Asia melalui kondimen noodle yang digunakan.
 

Menu KAMA Cuisine & Libations (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menu KAMA Cuisine & Libations (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

 
Menutup hidangan berat yang lezat dan mengenyangkan, pengunjung bisa mencuci mulut dengan coconut sorbet dengan cita rasa manis dan menyegarkan. Chef Marsya menyebut, menu ini dibuat dengan konsep coconut-on-coconut dengan isian sorbet kelapa yang dibuat dingin pada suhu tertentu, kemudian dilengkapi dengan serutan kelapa asli di atasnya.

Penyuka dessert yang manis bisa mencicipi dates dough roll, dessert yang dibuat dengan buah kurma berpadu dengan manisnya butterscotch dan gurihnya almond crumbs di bagian atasnya. 

Baca juga: Mencicipi Hidangan Autentik Italia di Tengah Kota
 
Berlokasi di Jalan Suryo No. 23 Senopati, Jakarta Selatan, KAMA memberikan nuansa hangat dengan paduan warna-warna api, seperti biru dan merah. Sementara material bilah kayu bersusun menekankan hubungan antara alam, arang, dan gunung yang merepresentasikan keragaman masakan di restoran ini. Untuk menikmati sajian di sini, pengunjung bisa menyiapkan bujet berkisar Rp500.000 untuk  2 orang.  

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypereport: Tangan Dingin Couplepreneur Membangun Ladang Cuan

BERIKUTNYA

5 Fakta Film Dokumenter Dirty Vote, Ungkap Kecurangan dalam Proses Pemilu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: