Shima Japanese Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Sensasi Hidangan Oriental khas Jepang di Shima Japanese Restaurant, Mulai Ramen hingga Sashimi

02 October 2023   |   22:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sushi dan  sashimi merupakan jenis hidangan Jepang yang telah mendunia. Hidangan autentik ini disediakan di hampir setiap restoran Jepang di seluruh dunia. Di Indonesia, makanan bercita rasa oriental ini banyak disediakan oleh restoran Jepang. Misalnya, Shima Japanese Restaurant yang telah melayani pengunjungnya sejak 1976. Restoran legendaris ini dikenal berkat kelengkapan menu khas Jepangnya. Selain sushi dan sashimi, hidangan seperti skewer dan ramen juga disediakan di sini.
 
Restoran yang terletak di area Aryaduta Hotel Menteng ini menawarkan konsep breakfast-lunch (brunch) kepala pelanggannya. Sehingga, Shima Japanese Restaurant menawarkan olahan menu yang dapat dikonsumsi saat sarapan dan makan siang. Japanese Sous Chef di Shima Japanese Restaurant Happy Arizona Haryono mengatakan, Shima Japanese Restaurant menawarkan ragam menu khas mulai dari noodle counter, Japanese skewer, hingga teppanyaki.

Baca juga: Restoran Makanan Jepang di PIK Ini Cocok Buat Sushi Lovers
 
Di area noodle counter, pengunjung dapat menikmati jenis mie soba, udon, dan inari udon dengan pilihan jenis saus, seperti spicy miso, soya, dan tori paitan. Setiap jenis mie dan saus memiliki tekstur dan rasa berbeda yang dapat disesuaikan dengan selera. Untuk melengkapi kelezatannya, pengunjung dapat menambahkan aneka toping khas ramen Jepang seperti daging ayam dan nitamago dengan sensasi telur setengah matang yang lumer di mulut.
 

Noodle Counter di Shima Japanese Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Noodle Counter di Shima Japanese Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Shima Japanese Restaurant juga menawarkan konsep buffet dan all you can eat. Pengunjung bisa memilih sepuasnya dan mengambil makanan sendiri di konter yang tersedia. Chef Happy menjelaskan, pengalaman makanan menjadi salah satu hal yang paling dijual dari konsep makan di Shima Japanese Restaurant.
 
“Kita mau tekankan di live cooking experience. Ada entertainment sedikit di beberapa konter,” kata Happy.

Umpamanya di konter sashimi, pengunjung bisa langsung memesan jenis ikan yang diinginkan seperti tuna atau salmon kepada chef. Kemudian chef akan memotong dan menyajikan sashimi langsung di depan pelanggan. Karena langsung disajikan kepada pelanggan, sashimi yang dipadukan dengan soy sauce dan wasabi pun masih terasa segar dan kenyal saat dikunyah.
 
Selain sashimi, Chef Happy menyebut teppanyaki menjadi daya tarik paling diminati pelanggan di restoran ini. Sebab, konsep live cooking teppanyaki yang ditampilkan dengan skill chef dan kobaran api saat memasak ini bisa menciptakan suasana makan yang mengasyikkan. “Apalagi misalnya datang sama keluarga, counter teppanyaki ini cukup banyak didatangi oleh pelanggan,” katanya.
 
Pengunjung dapat mulai membangkitkan selera makan dengan hidangan pembuka, seperti edamame, salad, hingga chicken cheese ball kroket yang renyah. Kemudian pengunjung dapat beralih ke konter hidangan utama dengan pilihan mie, teppanyaki, dan sashimi yang menyegarkan. Kemudian pengalaman makan ditutup dengan dessert lembut nan lezat seperti cake pandan dan puding.
 
Chef Happy mengatakan bahwa seluruh bahan baku makanan di Shima Japanese Restaurant ini bersumber langsung dari Jepang. Soal kesegaran bahan, Chef Happy menyebut seluruh bahan baku ini selalu dijaga dengan suhu dingin. “Kita letakkan di plastik sesuai dengan reservasi, jadi nanti tinggal di refill saja. Kita selalu keluarkan  sedikit demi sedikit untuk menjamin bahan baku segar,” katanya.
 
Shima Japanese Restaurant buka setiap hari mulai pukul 12.00 - 21.00 WIB. Chef Happy menjelaskan jika rata-rata pengunjung datang di akhir pekan datang dari kalangan keluarga. Sementara kalangan pekerja mendominasi restoran ini saat jam makan siang di hari biasa. Jam sibuk di restoran ini memang terjadi saat waktu makan siang. Namun, restoran ini juga menerima banyak pengunjung yang datang untuk makan malam di akhir pekan.
 

Siap Hadirkan Experience Baru

Teppanyaki Live Cooking (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Teppanyaki Live Cooking (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Saat ini, Shima Japanese Restaurant masih fokus untuk menu-menu utama. Kini, restoran ini tengah bersiap untuk menghadirkan pengalaman makan lain dengan penyajian lobster hidup yang dipotong dan dihidangkan langsung kepada pelanggan. Kedepannya, Chef Happy ingin mengembangkan menu dessert khas Jepang yang terkenal dengan mochi.
 
Pengunjung dapat menikmati aneka hidangan buffet ala Jepang di Shima Japanese Restaurant dengan harga mulai dari Rp400.000. Selain ragam makanan, Shima Japanese Restaurant juga menawarkan suasana Jepang yang kental dengan ornamen kayu, chochin, dan tempat makan bilik ala restoran Jepang. Terdapat pula beberapa area makan yang dapat dipilih langsung oleh pelanggan. Shima Japanese Restaurant juga menyediakan area semi private dan private yang dapat diisi hingga 20 orang untuk keperluan acara yang membutuhkan privasi.

Baca juga: Ini Loh 6 Perbedaan Kimbab dan Sushi

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Punya Dampak Positif buat Pariwisata, Tiket Kereta Cepat Whoosh Bakal Dibuat Terjangkau bagi Masyarakat

BERIKUTNYA

Cerita Prilly Latuconsina dan Cinta Brian saat Memerankan Serial I Don't Love You

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: