Anime Festival Asia 2024. (Sumber gambar: PK Entertainment)

Anime Festival Asia Hadir Lagi di Indonesia setelah 6 Tahun, Catat Tanggalnya!

11 February 2024   |   12:38 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira untuk para penggemar budaya populer Jepang di Indonesia. Anime Festival Asia akan kembali hadir di Tanah Air. Festival J-Culture tahunan tingkat Asia Tenggara itu akan berlangsung selama tiga hari yakni 3-5 Mei 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta.

Anime Festival Asia akan diselenggarakan oleh promotor dan agensi kreatif SOZO bekerja sama dengan PK Entertainment.   Dalam keterangan resminya, promotor menyebutkan acara Anime Festival Asia (AFA) 2024 akan digelar di area pameran seluas lebih dari 11.000 meter persegi, dengan beragam acara dan kegiatan menarik.

"Dengan luas area pameran lebih dari 11.000 meter persegi, acara ini akan menampilkan berbagai pengisi acara, pameran komersial, para kreator mandiri, dan masih banyak lagi," demikian tulis PK Entertainment.

Baca juga: 7 Anime Seru Siap Tayang Februari 2024, Ada Spy x Family dan Demon Slayer
 
 

Informasi ini tentunya menjadi kabar gembira bagi penggemar budaya populer Jepang di Indonesia. Pasalnya, ini menjadi pertama kali AFA hadir lagi di Tanah Air, setelah terakhir diadakan pada 2018. Setelah enam tahun, kini penggemar bisa menikmati lagi perhelatan tersebut.

Meski demikian, pihak promotor belum membeberkan informasi lebih detail mengenai acara tersebut, seperti nama-nama lineup, harga tiket, jadwal acara dan sebagainya.

Diadakan di sejumlah negara di Asia sejak 2008, Anime Festival Asia atau AFA adalah festival J-Culture dan Anime Comics Game (ACG) terbesar dan paling banyak diikuti di Asia Tenggara. AFA digagas oleh SOZO, promotor berbasis di Singapura. Festival ini diminati lantaran menampilkan tren terbaru dan terkini seputar budaya Jepang langsung dari Negeri Sakura.

AFA merupakan ajang bertemunya pada penggemar budaya populer Jepang dari seluruh Asia Tenggara. Acara ini telah diselenggarkan lebih dari 30 acara, menampilkan lebih dari 520 pengisi acara, 2.300 peserta, serta didatangi oleh lebih dari 2,3 juta pengunjung.

Di Indonesia, AFA pertama kali berlangsung pada 2012. AFA disebut sukses menarik perhatian para penggemar Anime di Indonesia sekaligus menciptakan peluang bisnis bagi industri ini di pasar lokal. Berdasarkan data dari PK Entertainment, AFA Indonesia tercatat telah menarik lebih dari 370.000 pengunjung dalam 7 kali gelarannya di Jakarta. 
 

AFA terakhir kali digelar di Indonesia sekitar enam tahun lalu tepatnya pada 31 Agustus-2 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan. Mengutip dari situs resmi AFA, gelaran tiga hari acara tersebut dihadiri oleh 50.000 pengunjung.

Sejumlah musisi J-Pop terkenal hadir di acara tersebut seperti Eri Sasaki, violinis Ayasa, Konomi Suzuki dan masih banyak lagi. Selain itu, AFA Indonesia tahun 2018 juga menghadirkan untuk pertama kalinya bintang artificial intelligence (AI) yakni Kizuna AI.

Tak hanya menggelar konser I Love Anisong yang dihadiri para musisi J-Pop, AFA Indonesia juga diramaikan dengan sejumlah aktivitas seru seperti workshop makeup cosplay dengan cosplayer terkenal Baozi & Hana, sesi meet and greet, kompetisi cosplay, dan sederet booth yang menjual merchandise dan pernak-pernik J-Pop.

Sementara itu, sebelum di Jakarta, AFA terakhir kali digelar di Singapura pada 24-26 November 2023. Acara yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut itu berlangsung di Suntec Singapore Convention & Exhibition Centre. Acara tersebut juga menjadi selebrasi AFA yang telah berlangsung selama 15 tahun.

Baca juga: 7 Anime Adaptasi Manhwa, Solo Leveling sampai Tower of God

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

10 Makanan yang Cocok untuk Jadi Kado Valentine selain Cokelat

BERIKUTNYA

Hypereport: Pasangan Seniman yang Merayakan Cinta Lewat Seni Rupa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: