Ilustrasi couple ring (Sumber Foto: Freepik)

Tren Couple Ring 2024 ala Frank & Co, Desain Vintage nan Modern yang Penuh Makna

30 January 2024   |   13:09 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Seringkali dianggap sama, cincin pasangan atau couple ring sebetulnya memiliki makna yang berbeda dengan cincin tunangan atau pernikahan. Sederhananya, ini merupakan cincin yang dikenakan oleh sepasang kekasih sebagai simbol cinta dan komitmen dalam hubungan mereka. 

Sama seperti momen tunangan dan pernikahan, cincin untuk pasangan juga sama pentingnya. Lantaran setiap waktu yang dihabiskan bersama orang terkasih sangat spesial. Oleh karena itu, cincin pasangan biasanya dihadiahkan saat peringatan anniversary

Couple ring telah menjadi tradisi di negara-negara Eropa dan Asia, sekarang pun makin populer seiring berjalannya waktu. Jenis cincin yang paling populer di Eropa adalah Claddagh Ring atau Posey Ring dari Irlandia. Selain melambangkan cinta, juga menjadi simbol persahabatan dan kesetiaan di antara pasangan. Sementara di Italia ada cincin fede yang mewakili ikatan cinta, kesetiaan, dan komitmen. 

Baca juga: Begini Tips Memilih Cincin Tunangan yang Serasi Buat Pasangan

Adapun di negara-negara Asia, seperti Korea Selatan, cincin pasangan memiliki makna bahwa pria dan wanita yang mengenakannya sedang menjalin hubungan manis dan romantis. Cincin biasanya diberikan pada hari jadi mereka yang ke-100 untuk menunjukkan komitmen dan rasa saling menghargai. 

Meski begitu, ada juga yang menganggap cincin pasangan diberikan saat pria dan wanita ingin mengikat janji untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Pria yang belum siap dan mapan untuk bertunangan dan menikah, tapi ingin berkomitmen pada kekasihnya, dapat memberikan cincin pasangan sebagai simbol cinta dan kesetiaan. Ini juga berarti, pihak pria meminta kesediaan dari wanitanya untuk menunggu sampai tiba hari yang tepat untuk melamarnya.

Cincin pasangan pada dasarnya sama seperti perhiasan dan fesyen item lainnya yang memiliki tren setiap tahunnya. Misalnya dari segi desain, material, bahkan maknanya. Inilah yang terkadang membuat banyak pasangan bingung saat memilih cincin.

Nah Genhype, kali ini jenama perhiasan Frank & Co mengungkap tren cincin pasangan sepanjang 2024, sebagai referensi untuk memilih cincin yang tepat. Apa saja? Simak yuk. 
 

1. Nuansa vintage modern

Gaya-gaya vintage kini kembali populer, tapi dibalut dengan sentuhan modern supaya tetap terlihat trendi. Misalnya gaya Art Deco yang memberikan nuansa kontemporer. Art Deco adalah singkatan dari istilah Perancis arts décoratifs yang mengacu pada gaya desain dari era 1920 dan 1930-an.

Art Deco menekankan pola geometris, desain abstrak, simetri linier, serta pengerjaan yang halus dan mewah. Cincin couple yang menampilkan emerald cut, radiant cut, baguette cut, sampai bentuk geometris disebut-sebut akan mendominasi tren perhiasan sepanjang 2024.
 

2. Cincin pasangan unisex

Cincin couple yang dikenakan wanita biasanya memiliki desain yang lebih variatif, sementara untuk pria hanya tampilan polos biasa. Kini tren penggunaan berlian pada cincin mulai populer, baik untuk pria dan wanita. Dengan begitu, kemungkinan tren desain untuk cincin pasangan akan lebih universal tanpa mengesampingkan sisi feminin maupun maskulin.


3. Detail bold yang lebih berani

Sepanjang 2024, diprediksi tren cincin perhiasan akan mengarah ke desain yang lebih chunky dan bold, tak terkecuali cincin pasangan. Tampilannya juga akan lebih mencolok, tapi tidak terlihat norak dari segi desainnya, sehingga bisa sekaligus berperan sebagai fashion statement untuk menyempurnakan penampilan.
 

4. Colored couple ring penuh makna

Cincin berlian memang tampak anggun dan mewah, tapi tampilannya akan lebih menarik saat diberi sentuhan warna. Jenis permata berwarna seperti fancy colored diamond atau precious stone akan menambah nilai estetika keindahannya. Selain itu juga memberikan makna tersendiri pada cincinnya. Misalnya blue sapphire melambangkan kesetiaan atau pink sapphire yang mengekspresikan cinta, kasih sayang, dan perasaan menggebu-gebu. 
 

5. Personal dan menyentuh

Tren personalisasi dalam dunia perhiasan akan semakin meningkat sepanjang 2024, hal ini juga berlaku untuk desain couple ring. Sebetulnya fungsi utama cincin bukanlah sebagai fashion item, melainkan simbol cinta sepasang kekasih. Itu sebabnya, cincin couple dengan desain yang maknanya sangat personal sekaligus menyentuh akan banyak diburu pada tahun ini. 

Baca juga: Ini Makna Letak Cincin di Masing-masing Jari, Bisa Menggambarkan Sifat Orang yang Memakainya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jadwal Piala Asia 30 Januari 2024, Thailand vs Uzbekistan & Arab Saudi vs Korea Selatan

BERIKUTNYA

Spoiler One Piece 1106, Aksi Luffy & Munculnya Para Raksasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: