Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Peluang Lolos Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar Ditentukan 2 Pertandingan Ini

25 January 2024   |   14:46 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Jepang dalam lanjutan matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023. Kekalahan dengan skor 3-1 pada laga tersebut membuat peluang skuad Garuda untuk lolos ke babak 16 besar makin tipis.

Dalam laga tersebut, Timnas Jepang yang tampil dengan mode menyerang berkali-kali merepotkan pertahanan Indonesia. Ketika laga baru berjalan lima menit, Timnas Jepang bahkan mampu mencetak gol pertamanya lewat titik pinalti.

Tim Garuda yang kalah materi pemain tak bisa berbuat banyak. Meski beberapa kali berhasil menciptakan peluang berbahaya, Timnas Jepang pada akhirnya mampu menyudahi kemenangan di laga ini.

Baca Juga: Tak tanggung-tanggung, 8 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Satu-satunya gol Indonesia terjadi pada menit 90+1. Gol Indonesia tersebut dilesakkan oleh Sandy Walsh yang berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Dengan kekalahan ini, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar sebenarnya belum tertutup, tetapi kini makin tipis. Kepastian lolos tidaknya Timnas Indonesia ke fase gugur bahkan harus menunggu hasil dari pertandingan Grup E dan Grup F.

Saat ini, di klasemen peringkat tiga terbaik, Timnas Indonesia menempati urutan keempat dengan koleksi tiga poin dari tiga pertandingan. Tim asuhan Shin Tae-yong ada di bawah Palestina (Grup C) yang punya 4 poin, Suriah (Grup B) yang punya 4 poin, dan Bahrain (Grup E).

Sejauh ini, dua slot peringkat tiga terbaik sudah dipastikan milik Suriah dan Palestina yang sama-sama mengoleksi empat angka. Kini, ada dua slot lagi tersisa yang diperebutkan oleh tim lain yang finish di peringkat ketiga.

Posisi Indonesia masih sangat rawan. Sebab, Indonesia yang kini ada di posisi keempat rawan tergeser oleh Bahrain dan Oman yang masih menyisakan satu pertandingan lagi. Dua pertandingan tersebut akan sangat berpengaruh pada posisi Indonesia.

Bahran akan menghadapi Yordania dalam laga terakhir Grup E yang berlangsung Kamis, 25 Januari 2024, pukul 18.20 WIB. Sedangkan Oman akan berhadapan dengan Kirgistan dalam laga terakhir Grup F yang berlangsung pada Kamis, 25 Januari 2024, pukul 22.00 WIB.
 

Skenario Yordania Menang Besar


Peluang Indonesia lolos menjadi terbuka jika pada pertandingan Grup E, Yordania bisa menang besar saat melawan Bahrain. Setidaknya, Yordania mampu menang dengan skor lebih dari dua angka. Andai kondisi ini terjadi, Timnas Indonesia akan naik satu peringkat di klasemen tiga terbaik, sedangkan Bahran turun ke posisi keempat.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia otomatis lolos ke babak 16 besar. Sebab, hasil pertandingan lain tak lagi berpengaruh. Namun, jika skenario ini gagal, Timnas Indonesia harus menunggu nasibnya hingga laga di Grup F antara Oman vs Kirgistan selesai.

Dalam laga tersebut, Oman dan Kirgistan diharapkan bermain imbang. Dengan demikian, koleksi angka Timnas Indonesia akan lebih unggul dari Oman. Ini juga akan membuat posisi Indonesia aman.

Kalau pun Kirgistan menang, Indonesia bisa tetap aman asal selisih gol tidak melebihi skuad Garuda. Namun, jika hasil pertandingan dimenangkan Oman, Timnas Indonesia bisa tergeser dari posisi klasemen tiga terbaik dan gagal lolos ke fase selanjutnya.

Klasemen Sementara Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023:
  1. Palestina: Main 3, Menang 1, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol 0, Poin 4
  2. Suriah: Main 3, Menang 1, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol 0, Poin 4
  3. Bahrain: Main 2, Menang 1, Imbang 0, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 3
  4. Indonesia: Main 3, Menang 1, Imbang 0, Kalah 2, Selisih Gol -3, Poin 3
  5. China: Main 3, Menang 0, Imbang 2, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 2
  6. Oman: Main 2, Menang 0, Imbang 1, Kalah 1, Selisih Gol -1, Poin 1

Baca Juga: Sah Jadi WNI, Intip Profil Jay Idzes yang Siap Memperkuat Timnas Indonesia

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Layanan Pesawat Carter Makin Diminati, Ini Rute Favorit Pelancong

BERIKUTNYA

Peneliti BRIN Temukan Jenis Ular Air Baru di Sulawesi, Seperti Apa Rupanya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: