Ilustrasi ayam goreng. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Ayam Goreng Serai ala Chef Martin Praja yang Enak & Wangi

18 January 2024   |   10:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Siapa yang tak suka ayam goreng? Makanan satu ini digemari hampir semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ayam goreng biasanya dinikmati dengan nasi putih hangat, sambal, lalapan, dan lauk pelengkap seperti tempe atau tahu. Ayam goreng yang gurih berpadu dengan sambal yang pedas tentu menjadi kenikmatan tersendiri.

Ada banyak menu olahan ayam goreng yang lezat, salah satunya adalah ayam goreng serai. Belakangan, media sosial TikTok diramaikan dengan video orang-orang yang membuat resep ayam goreng serai. Kepopuleran menu satu ini bermula dari Chef Martin Natadipraja yang memperkenalkan menu ayam goreng serai di media sosial.

Dari situ, banyak orang yang tertarik untuk mencoba membuatnya, dan terbukti enak. Menu satu ini memiliki cita rasa yang gurih sekaligus aromatik dari serai. Tak heran, jika banyak orang yang akhirnya membuat resep ayam goreng serai hingga viral di media sosial.

Baca Juga: Resep Kue Mangkok atau Fa Gao, Kuliner yang Disajikan saat Perayaan Imlek

Biasanya, ayam goreng dimasak dengan menggunakan bumbu kuning yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, garam, dan penyedap. Sebelum digoreng, daging ayam biasanya akan diungkep menggunakan bumbu kuning tersebut.
 

Ilustrasi ayam goreng. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Ilustrasi ayam goreng. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Namun, membuat ayam goreng serai cenderung lebih praktis lantaran tidak membutuhkan bumbu kuning untuk memarinasi daging ayam. Hanya memerlukan beberapa bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, saus tiram, dan batang serai.

Sebagai bumbu dapur, serai memang memiliki aroma khas yang wangi. Tak heran, jika ayam goreng serai digemari lantaran menghasilkan tekstur daging ayam yang juicy dan rasa gurih, crispy pada bagian luarnya, serta aroma wangi yang menggugah selera. 

Tak hanya membuat masakan menjadi wangi, serai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari menangkal radikal bebas, mencegah kenaikan kolesterol, membantu detoks tubuh, menurunkan risiko infeksi, menurunkan tekanan darah, hingga mengontrol gula darah.

Membuat ayam goreng serai pun terbilang mudah dan praktis. Kalian hanya perlu menyiapkan daging ayam, bumbu kuning, dan bumbu serai halus. Sajian satu ini bisa menjadi pilihan menu praktis untuk makan di rumah, stok lauk, ataupun bekal. Untuk kalian yang sedang butuh ide memasak lauk di rumah hari ini, berikut adalah resep Ayam Goreng Serai dari Chef Martin Natadipraja.

Baca Juga: Resep Yakitori yang Simpel & Lezat, Cocok Buat Menu Anak Kos
 

Resep Ayam Goreng Serai

Bahan-bahan:
  • 500 gram ayam paha fillet
  • 5 buah batang serai
  • 8 buah bawang merah
  • 4 buah bawang putih
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • 100 ml air putih

Cara Membuat:
  1. Buat bumbu halus terlebih dahulu. Iris kecil-kecil batang serai lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan bawang putih, bawang merah, dan air lalu haluskan.
  2. Siapkan wadah lalu masukkan daging ayam yang telah dicuci bersih. Masukkan bumbu halus dan campurkan ke dalam ayam.
  3. Tambahkan tepung maizena, tepung terigu, garam, kaldu jamur,  lada putih bubuk, dan saus tiram. Aduk hingga semua bumbu tercampur merata pada daging ayam.
  4. Marinasi daging ayam dengan bumbu selama 15 menit-30 menit.
  5. Panaskan wajan dengan minyak untuk menggoreng. Goreng ayam dengan api sedang hingga matang kecoklatan sekitar 7-8 menit. Angkat lalu tiriskan ayam.
  6. Ayam Goreng Serai pun siap disajikan. Nikmati ayam dengan nasi putih atau nasi uduk, sambal, dan lalapan.

Baca Juga: Resep Jigor Bu Yoga, Jajanan Khas Bondowoso yang Viral di TikTok

Editor: M. Taufikul basari

SEBELUMNYA

Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S24, S24+, & S24 Ultra

BERIKUTNYA

Sebelum Beli, Cek Perbedaan Samsung Galaxy S24, S24+, S24 Ultra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: