Lee Sun-kyun meraih Special Award (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Cillian Murphy, Lily Gladstone dan Lee Sun-kyun Raih Film Awards AFCA 2023

16 January 2024   |   19:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penyelenggara ajang Film Awards 2023, yakni The Austin Film Critics Association (AFCA) memberikan Special Awards kepada aktor asal Korea Selatan, yakni Lee Sun-kyun pada awal Januari 2024. Langkah itu untuk mengenangnya sebagai salah satu aktor berprestasi. 

Dikutip dari laman resmi AFCA, asosiasi ini memberikan Special Awards guna mengenang kehidupan dan karya dari sang aktor semasa hidupnya. Karya-karya dari Lee Sun-kyun saat masih hidup seperti Parasite, Sleep, dan Project Silent.  'Untuk mengenang kehidupan dan karya Lee Sun-kyun. Parasite, Sleep, Project Silent," demikian tulis AFCA. 

Baca juga: Daftar Pemenang Emmy Awards ke-75, The Bear dan Succession Mendominasi

Selain memberikan penghargaan kepada Lee Sun-kyun, asosiasi juga memberikan penghargaan kepada sejumlah aktor dan aktris. Salah satunya Cillian Murphy yang meraih penghargaan Aktor Terbaik dalam perannya di film berjudul Oppenheimer.

Kemudian, AFCA juga memberikan penghargaan kepada Lily Gladstone dalam perannya di film berjudul Killers of the Flower Moon. Gladstone berhasil meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik. 

 
Profil Lee Sun-kyun
Untuk diketahui, Lee Sun-kyun adalah aktor yang lahir pada 1975 di Seoul, Korea Selatan. Dalam industri hiburan Korea Selatan, sang aktor telah memerankan banyak film dan serial drama. 

Dia juga tercatat telah meraih banyak penghargaan atas kariernya di industri hiburan negara yang kerap disebut Negeri Ginseng itu. Sun-kyun merupakan lulusan Universitas Seni Korea Selatan. 

Sang aktor disebut-sebut memulai kariernya di panggung musikal The Rocky Horror Show dan acara situasi komedi televisi berjudul Lovers. Setelah itu, Sun-kyun memainkan banyak film dan serial drama. 

Parasite, Sleep, dan Project Silent adalah tiga contoh karya yang pernah dibintanginya. Saat sedang dalam karier yang bagus, kabar duka datang dan membuat gempar industri hiburan Korea Selatan dan juga para penggemarnya. 

Sun-kyun menghembuskan napas terakhirnya pada akhir tahun lalu. Dia ditemukan tewas dalam mobil yang terparkir di sebuah taman di Seoul. Di dalam mobil, pihak berwenang menemukan briket arang yang kerap digunakan oleh pelaku bunuh diri di negara tersebut. 

Sebelum mengakhiri hidupnya, dia menjalani penyelidikan internal atas dugaan penggunaan obat-obatan terlarang. Kasus itu membuat sang aktor mundur dari serial drama thriller yang akan diperankannya. Pada saat itu, serial drama berjudul No Way Out baru mulai produksi.

Sun-kyun meninggalkan seorang istri dan juga dua orang anak. Istrinya adalah Jeon Hye-jin yang juga menjadi bagian dalam industri seni peran di Korea Selatan. Hye-jin tercatat telah memainkan sejumlah karya, baik film maupun serial drama. Sang aktris juga tercatat telah mendapatkan sejumlah penghargaan. 

Sebelum kematian sang suami, Hye-jin disebut memberikan laporan kepada pihak berwenang bahwa Sun-kyun meninggalkan rumahnya setelah menulis memo yang mirip dengan catatan bunuh diri. 

Baca juga: Daftar Nominasi Lengkap Screen Actors Guild Awards 2024

Penghargaan dari AFCA kepada sang mendiang menambah koleksi penghargaan yang diraihnya. Tidak hanya itu, penghargaan itu juga membuktikan pengakuan dunia atas prestasinya di industri hiburan global.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cerita Agnes Naomi Mendalami Karakter yang Terinspirasi Tokoh Nyata di Film Kereta Berdarah

BERIKUTNYA

Definisi Cantik Wanita Paruh Baya dalam Balutan Gaun Rancangan Agnes Linggar Budhisurya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: