Anisha Roshnah (Sumber Foto: Instagram/@muash.portfolio)

4 Potret Anisha Roshnah Bergaun Cantik, Istri Pangeran Brunei Abdul Mateen saat Prosesi Pernikahan

13 January 2024   |   14:01 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pangeran Abdul Mateen, putra keempat Sultan Brunei Hassanal Bolkiah resmi menikahi wanita pilihannya, Anisha Isa-Kalebic atau Anisha Rosnah. Perayaan pernikahan keluarga sultan itu akan berlangsung meriah selama 10 hari srjak 7 hingga 16 Januari 2024.

Rangkaian prosesi pernikahan dimulai dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja atau lamaran kerajaan pada 7 Januari 2024. Dilanjutkan dengan Majlis Istiadat Membuka Gendang Jaga-Jaga pada 8 Januari 2024, lalu Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja pada Selasa, 9 Januari 2024. Selanjutnya ada Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja pada 10 Januari 2024. 

Baca juga: Gaun Malam Putri Diana Pecahkan Rekor Lelang, Laku Senilai Rp17 Miliar

Akhirnya tiba di acara inti yakni Majlis Akad Nikah Diraja yang digelar di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada 11 Januari 2024. Dengan demikian keduanya telah resmi menjadi sepasang suami istri. Namun, selanjutnya masih ada sejumlah prosesi yang dilakukan oleh mempelai.

Pada setiap kesempatan, pasangan ini tampil mengenakan busana indah yang mengacu pada adat istiadat dan budaya setempat.

Yuk simak macam-macam busana yang dikenakan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah di hari bahagia mereka.


1. Acara Khatam Al-Quran

 

 
Keluarga mempelai wanita menggelar acara Khatam Al-Quran pada 3 Januari 2024. Mengutip dari laman Instagram perancang busana asal Malaysia @tehfirdaus, Anisha Rosnah tampil anggun mengenakan baju kurung yang terbuat dari tenun tradisional Brunei Darussalam.

Tampak busana tersebut berwarna silver dengan potongan atasan dan bawahan panjang. Terdapat pola bunga yang memenuhi seluruh permukaan kainnya yang mengkilap. Tak ketinggalan aksen bordir pada pergelangan tangan dan bagian bawah bajunya. Anisha Rohmah mengenakan kerudung putih tanpa corak, sehingga terlihat pas dan tidak terkesan berlebihan.


2. Berbedak Mandi

 
 
Prosesi selanjutnya Berbedak Mandi yang digelar di Istana Nurul Iman. Acara ini merupakan upacara pemberkatan calon pengantin olah keluarga dan kerabat dekat. Pada momen tersebut calon mempelai pria juga mengirimkan seserahan ke calon mempelai wanita.

Anisha Rosnah tampil anggun mengenakan gaun berwarna ivory racangan Teh Firdaus. Gaun tersebut memiliki siluet klasik dengan rok lurus, garis leher bulat, dan lengan panjang. Bordir renda menambah kesan mewah dan elegan pada gaun tersebut.  Anisha mengenakan veil atau tudung yang menjuntai panjang dan dikaitkan ke sanggul. Menyempurnakan busana tersebut, dia memakai aksesori seperti bros dan anting-anting mutiara yang berkilau.


3. Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja

 
 

Majlis Istiadat Berbedak atau The Powdering Ceremony digelar pada 10 Januari 2024. Prosesi ini merupakan adat dan budaya yang telah dilakukan selama bertahun-tahun oleh masyarakat. Calon pengantin diberkati oleh seluruh anggota keluarganya dengan cara mengoleskan pasta bedak ke tangan, sebagai lambang kesuburan dan kekayaan. 

Pada prosesi Majlis Istiadat Berbedak, Anisha Rosnah mengganti gaun putihnya dengan gaun pengantin tradisional Sepengadak Merak dan Regalia yang serasi dengan pangeran Abdul Mateen. Busana berwarna merah keemasan tersebut memiliki garis leher bulat, ditambah kancing-kancing pada bagian depannya. Pada pinggangnya dibalutkan kain tradisional yang menambah keanggunannya.

Anisha juga mengenakan hiasan kepala emas dan rambutnya digelung. Kali ini makeup wajahnya tampak bold yang berfokus pada riasan matanya. Beda dari penampilan sebelumnya yang cenderung soft.


4. Majlis Akad Nikah Diraja

Akhirnya tiba di prosesi akad nikah. Pangeran Mateen tampil gagah mengenakan busana berwarna putih. Pakaian tersebut terdiri dari atasan menyerupai beskap, celana panjang, dan kain tradiaional dengan warna senada yang dipasangkan di pinggangnya. Tak ketinggalan, hiasan kepala untuk melengkapi penampilannya. Sementara Anisha tampil cantik dengan baju kurung putih karya perancang busana Teh Firdaus.

Pangeran Mateen duduk di atas tikar khusus yang disebut Kasur Namat saat prosesi ijab kabul. mengucap akad nikah. Namat dilapisi dengan sutra kuning dan garis pinggiran warna keemasan yang memiliki sulaman motif khusus.

Rangkaian acara pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Roshnah masih akan berlanjut smapai 16 Januari 2024. Busana yang dikenakan pasangan tersebut sangat dinanti-nanti, masih ada prosesi lainnya yang akan dilakukan. 

Baca juga: 8 Gaun Cantik Pernikahan Mewah Gwen Ashley dengan Ryan Harris Anak Bos AirAsia

Keduanya akan melaksanakan Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja pada 14 Januari 2024. Dilanjutkan dengan Majlis Persantapan Diraja pada 15 Januari 2024, kemudian ditutup dengan Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat serta Menutup Gendang Jaga-jaga pada 16 Januari 2016. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Event Akhir Pekan Seru di Jakarta 13-14 Januari 2024, Konser NCT 127 sampai Sportainment Selebriti

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Car Free Day di Jakarta Minggu 14 Januari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: