Prosesi Pernikahan Pangeran Brunei Abdul Mateen yang Mewah (Sumber gambar: Instagram.com/infodept.bn)

Gelar Akad Hari ini, Cek Prosesi Pernikahan Pangeran Brunei Abdul Mateen yang Mewah

11 January 2024   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hari pelaksanaan akad nikah Pangeran Abdul Mateen dengan gadis pilihannya, Anisha Rosnah, akhirnya tiba. Siang ini, Kamis (11/1/2024) pada pukul 13.15 waktu setempat, kedua mempelai akan mengikat janji sucinya di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan.

Rangkaian upacara pernikahan anak ke-10 Sultan Hassanal Bolkiah dengan cucu dari salah satu penasihat utama Sultan Bolkiah tersebut akan digelar mewah. Prosesi perayaannya akan berlangsung selama 10 hari.

Baca juga: Mengintip Pesona Busana Royal Wedding Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Sebelum akad nikah berlangsung, prosesi pernikahan mewah pangeran Mateen telah berlangsung sejak Minggu, 7 Januari 2024 silam. Sepanjang gelaran pesta, sejumlah tokoh-tokoh populer dan petinggi negara juga direncanakan hadir.

Melansir dari People, perayaan 10 hari ini akan menyuguhkan berbagai acara menarik, dari jamuan makan, hiburan musik di istana kerajaan, hingga pesta adat khas Brunei. Ini dilakukan juga untuk melestarikan tradisi yang ada di negara tersebut.

Rangkaian acara pada 7 Januari 2024 dimulai dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja. Ini adalah acara lamaran kerajaan yang dibalut dalam acara adat. Pada hari yang sama juga digelar dengan acara Khataman Al-Qur’an.

Acara pernikahan kemudian berlanjut ke prosesi Majlis Istiadat Membuka gendang Jaga-Jaga pada Senin, 8 Januari 2024. Sehari setelahnya, prosesi berlanjut ke Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja.
 

Prosesi Pernikahan Pangeran Brunai Abdul Mateen yang Mewah (Sumber gambar: Instagram.com/infodept.bn)

Prosesi Pernikahan Pangeran Brunai Abdul Mateen yang Mewah (Sumber gambar: Instagram.com/infodept.bn)

Pada 10 Januari 2024, prosesi pernikahan memasuki acara inti dengan gelaran Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja. Ini adalah tradisi dalam budaya Melayu dan Brunai yang telah dipraktikan ratusan tahun lamanya.

Saat melakukan prosesi ini, Mateen dan Anisha tampak serasi dengan busana kreasi songket Brunei berwarna keemasan. Pakaian mereka dipenuhi aksen warna emas, termasuk aksesorinya semisal headpiece yang dipakai Anisha.

Dalam prosesi ini, calon pengantin akan diberkati oleh anggota keluarga dengan mengoleskan pasta bedak ke tangan mereka. Pada beberapa versi, pasta bedak ini juga dioleskan ke seluruh tubuh pasangan. Ini adalah simbolisme dari kesuburan dan kekayaan.

Momen ini terlihat ketika lembaga resmi pemerintahan Jabatan Penerangan Brunei membagikan potret bahagia ini di akun Instagram mereka. Kedua mempelai ini tampil memikat dengan pakaian khas negara Minyak tersebut.

Setelah selesai, para pengantin beristirahat. Pada Kamis 11 Januari 2024, keduanya melangsungkan akad nikah atau Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja. Dalam balutan baju adat berwarna merah dengan aksen emas, janji suci keduanya diucapkan dengan khusuk.
 

Prosesi Pernikahan Pangeran Brunai Abdul Mateen yang Mewah (Sumber gambar: Instagram.com/infodept.bn)

Prosesi Pernikahan Pangeran Brunai Abdul Mateen yang Mewah (Sumber gambar: Instagram.com/infodept.bn)

Acara akad nikah ini bukanlah akhir dari rangkaian prosesi pernikahan mewah sang pangeran. Setelah ini, pesta glamour akan digelar hingga 14 Januari 2024. Dalam momen ini, kerajaan akan menggelar Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja.

Kemudian, kerajaan juga akan menggelar pesta Majlis Persantapan Diraja. Terakhir, acara akan ditutup dengan Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat dan Menutup Gendang Jaga-Jaga.

Seluruh rangkaian prosesi pernikahan Pangeran Mateen tersebut tentunya ditunggu-tunggu oleh tidak hanya masyarakat Brunei Darussalam, tetapi juga dunia. Sebab, Pangeran Mateen belakangan memang jadi sorotan banyak negara.

Pangeran yang kini menjadi polot helikopter untuk Angkatan Udara Brunei Darussalam ini kerap kali dibandingkan dengan Pangeran Harry dari Inggris. Dalam beberapa tahun terakhir, namanya mulai dibicarakan, utamanya ketika dirinya sering mendampingi sang ayah dalam diplomasi internasional.

Tak sedikit yang kemudian terpesona dengan paras tampan dan aura kepemimpinannya. Di samping itu, sang pangeran juga berbakat. Hal ini terbukti saat dia mewakili negaranya seagai atlet dalam cabang polo di SEA Games 2019 lalu.

Baca juga: Prosesi Pernikahan Putra Bungsu Paku Alam X, Harmonisasi Tradisi Jawa nan Adiluhung

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengintip Pesona Busana Royal Wedding Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

BERIKUTNYA

Sinopsis A Shop for Killers, Drakor Teranyar Lee Dong-wook & Kim Hye-jun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: