Huawei MateBook D 16 resmi di Indonesia (Sumber gambar: Huawei)

Huawei MateBook D 16 Pakai Intel Gen 13 Meluncur, Cek Spesifikasi & Harganya 

12 January 2024   |   18:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Mengawali tahun baru 2024, perusahaan teknologi asal China Huawei langsung tancap gas mengeluarkan jajaran produk terbarunya. Selain menghadirkan tablet anyar MatePad Pro 13.2, perusahaan juga memperluas lini laptopnya dengan merilis Huawei MateBook D 16 yang ditenagai prosesor Intel generasi ke-13. 

Country Head Huawei Device Indonesia, Huller Fan, mengatakan bahwa MateBook D 16 dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna terhadap produktivitas dan hiburan dalam satu perangkat yang revolusioner. 

Baca juga: Resmi, Huawei MatePad Pro 13.2 Dihargai Rp14,9 Juta

Menariknya, pada awal tahun ini, seri tersebut hadir dalam dua varian yang cukup nyentrik. Alih-alih menawarkan laptop dengan kelas cip yang berurutan, perusahaan menghadirkan dua pilihan yang cukup kontras. Pertama MateBook D 16 dengan prosesor Intel Core i5-3420H, dan kedua MateBook D 16 dengan Intel Core i9-13900H. 

“Huawei MateBook D 16 menandai langkah inovatif Huawei dalam industri teknologi dengan menghadirkan laptop layar besar yang nyaman,” kata Huller Fan. 

Selain prosesornya, seperti apa spesifikasi teknis lain dan fitur yang dihadirkan? Yuk simak! 
 

Huawei MateBook D 16 (Sumber gambar: Huawei)

Huawei MateBook D 16 (Sumber gambar: Huawei)

Huawei meningkatkan permainan untuk lini laptopnya dengan menyematkan Intel Core Generasi ke-13. Pilihannya adalah laptop bertenaga Intel Core i9 dengan kartu grafis Intel Iris Xe dan Intel Core i5 yang masih menggunakan kartu grafis Intel UHD. 

Perusahaan menyebut bahwa prosesor anyar dari Intel itu menawarkan kinerja tinggi, yang bisa memberi pengguna kemudahan dalam menangani berbagai skenario. Termasuk untuk pemrograman, ilustrasi, sampai pengeditan foto dan video. Khusus untuk varian i9, laptop juga bisa memanfaatkan Performance Mode untuk keperluan kinerja yang lebih berat. 

Urusan ketahanannya, Huawei MateBook D 16 dibekali dengan baterai besar mencapai 70 Wh, yang naik dari seri sebelumnya. Pengisi dayanya masih menggunakan SuperCharge 65 watt dengan porta Type-C. 

Beralih ke bagian visual, seperti namanya, laptop ini punya layar besar 16 inci dengan aspek rasio 16:10 yang belakangan gandrung dipakai di laptop produktivitas. Huawei mengeklaim bahwa layarnya yang besar memang cocok untuk berbagai kebutuhan, termasuk guna memuat lebih dari dua jendela dalam satu waktu. 

Masih dari segi layar, perangkat ini punya bezel yang tipis sehingga menghasilkan screen to body ratio yang mencapai 90%. Dan, telah mengantongi sertifikat Blue Light dari TUV Rheinland. 

Salah satu hal yang menarik, meskipun punya layar dan baterai yang lebih besar ketimbang seri terdahulu, desainnya lebih ergonomis dan tipis yang menjadikannya sebagai laptop terkecil dalam seri MateBook saat ini. Selain itu, laptop ini punya bobot 1,68 kilogram. 

Fitur lain yang disematkan adalah Huawei Metaline Antenna terbaru yang diklaim mampu menangkap koneksi internet hingga jarak sejauh 270 meter. Teknologi ini juga bisa membantu mengurangi tangkapan sinyal palsu, sehingga memastikan kecepatan dan stabilitas internet terjaga. Tak hanya itu, perangkat ini jadi laptop yang lulus sertifikasi SDS 5-Star Signal Capability. 

Soal ketersediaan, MateBook D 16 bisa dipesan mulai 25 Januari 2024 di toko resmi Huawei baik daring maupun luring di sejumlah platform e-commerce, serta di lapak rekanan. Harganya dibanderol Rp18 juta untuk varian Intel Core i9 dan Rp13 juta untuk varian Rp13 juta. 

Spesifikasi Huawei MateBook D 16 
 
CPU Intel Core i5-3420H, Intel Core i9-13900H
GPU Intel UHD, Intel Iris Xe
Layar 16 inci, IPS, 1920x1200 piksel, 300 nit, 100% sRGB 
Memori 16 GB RAM & 1 TB memori penyimpanan 
Berat 1,68 kilogram 
Port 1x USB C, 1x USB3.2 Gen1, 1x USB20, 1x HDMI, 3,5 mm jack audio 
Fitur Fingerprint Power Button, Webcam 720p, Keypad Numerik 
Harga i9 Rp17.999.000, i5 Rp12.999.000

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor:  Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Frank & co. X Monica Ivena Luncurkan Cincin Pasangan dari Koleksi Love Poetry

BERIKUTNYA

Jadwal dan Link Nonton Piala Asia 2023: Qatar VS Lebanon 12 Januari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: