Huawei masih memimpin pasar base station telekomunikasi (Huawei)

Huawei Masih Kuasai Pasar Base Station Telekomunikasi di Dunia

29 July 2021   |   16:43 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Laporan terbaru dari perusahaan riset TrendForce menyatakan vendor perangkat telekomunikasi China dan Eropa masih menguasai lebih dari 70 persen pasar global pada tahun ini. Raksasa korporasi teknologi asal Negeri Panda Huawei masih memimpin kue pasar perangkat teknologi komunikasi di dunis.

Berdasarkan laporan, tiga perusahaan yang menguasai kue pasar perangkat base station telekomunikasi dunia adalah Huawei dari China dengan sekitar 30 persen, Ericsson asal Swedia dengan 23 persen, dan Nokia dari Finlandia dengan 20 persen.

Tabel pangsa pasar telekomunikasi seluler base station global 2020-2021  : 
Vendor 2020 2021
Huawei  29% 30%
Ericsson 26% 23%
Nokia  21,5% 20%
Samsung  9% 12,5%
ZTE  4,5% 3,5%
Lainnya 9,5% 10,5%
Sumber : TrendForce, Juli 2021 

Huawei, kendati masih berjuang dengan pelarangan dari sejumlah negara di Amerika Serikat dan Eropa, tetapi masih mendominasi pasar dunia.

TrendForce menyebut, alasan utaman perusahaan itu masih memimpin adalah keunggulan harga yang relatif lebih terjangkau dan dukungan permintaan pasar domestik China yang besar.

Laporan juga mencatatkan peningkatan pangsa pasar dari Samsung dengan persentase 12,5 persen, yang membuatnya berada di peringkat keempat. Tepat di bawah Nokia dan di atas ZTE.

Samsung disebut telah mengembangkan bisnisnya tidak hanya menyediakan pembangunan base station untuk tiga operator besar Korea Selatan, tapi juga bekerja sama dengan operator Amerika Serikat seperti AT&T, Sprint, dan Verizon.

Sementara itu, ZTE berada di peringkat kalima dengan pangsa pasar 3,5 persen yang jauh dari perusahaan di atasnya. Angka ini bahkan turun dari tahun sebelumnya yang mencatatkan persentase 4,5 persen.

Menurut data TrendForce, hingga 2020, China memiliki lebih dari 160 juta pengguna jaringan 5G. Angka ini diperkirakan mencakup hampir 89 persen dari total jumlah pengguna jaringan generasi kelima di dunia.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Bahan Alami Tinggi Serat Untuk Bantu Tubuh Tetap Slim & Fit

BERIKUTNYA

Wow, 12 Brand Lokal Ini Berkolaborasi dengan Disney

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: