HarmonyOS 2.0 Huawei (Gizchina)

Ini Dia Wajah Baru Sistem Operasi Huawei: HarmonyOS 2.0

04 June 2021   |   19:30 WIB

Guys, perusahaan teknologi asal China yakni Huawei akhirnya resmi merilis sistem operasi buatannya sendiri yang diberi nama HarmonyOS 2.0. Dengan demikian, smartphone dengan sistem operasi ini juga bakal segera memasuki pasar!

Dalam peluncurannya awal bulan Juni ini, Huawei mengumumkan HarmonyOS 2.0 dengan slogan One as All - All as One. Slogan ini menunjukkan bahwa sistem akan memastikan berbagai perangkat bisa saling terintegrasi sebagai 'satu' perangkat.

Dikutip Gizchina, Jumat (4/6) President Huawei Consumer Business Yu Chengdong mengatakan bahwa HarmonyOS bakal menjadi solusi kehidupan cerdas dengan skenario lengkap yang menyuguhkan wadah satu atap untuk lima skenario kehidupan utama, yang mencakup :
  • Rumah cerdas
  • Kantor cerdas
  • Olahraga dan kesehatan
  • Perjalanan cerdas
  • Hiburan audio visual

Sebagai sistem operasi anyar yang mengusung konsep integrasi, Huawei mengklaim HarmonyOS 2.0 yang baru bakal memberikan pengalaman penggunaan yang simpel kepada para pengguna. Ini termasuk mengontrol beberapa perangkat sederhana dalam satu perangkat.

HarmonyOS 2.0 juga mendukung mode multi kamera dan fotografi kombinasi multi perangkat. Ini berarti pengguna dapat memotret gambar dari berbagai sudut dengan satu perangkat kamera.

Selain itu, fitur HarmonyOS Connect dapat mengaktifkan asisten pintar perangkat. Sistem ini juga mendukung jaringan distribusi satu sentuhan, kartu universal, dan interaksi minimalis.

Fitur lainnya yang ada dalam sistem operasi ini adalah folder cerdas. Maksdunya, pengguna dapat langsung menyentuh isi folder dan dapat secara otomatis mengklasifikasi dan memberi nama.

Menariknya, sistem ini juga mendukung peralihan antar perangkat yang sangat mulus, dari smartphone, tablet, maupun laptop secara dua arah. Ini bisa dilakukan dalam mengerjakan tugas kantoran hingga bermain gim.

Berkaitan dengan privasi, Huawei juga menetapkan standar privasi dan keamanan HarmonyOS serta kerangka kontrol tata kelola. Hal ini dilakukan untuk memasikan bahwa aplikasi, layanan, atau perangkat yang tergabung tetap terjamin keamanannya.

Huawei menyatakan bahwa total waktu pengujian sistem operasi terbarunya sejaih ini adalah 36 bulan atau 3 tahun. Menurut perusahaan, sistemnya sudah berjalan lancar selama periode pengujian tersebut.
 

Editor: Roni Yunianto
SEBELUMNYA

Simak 5 Drama Asia Asal China & Korea yang Bisa Genhype Saksikan di iQiyi

BERIKUTNYA

Setelah India, Nepal Diserang Infeksi Jamur Hitam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: