Cillian Murphy (Sumber Foto: British GQ)

7 Film Terbaik Aktor Cilian Murphy Selain Oppenheimer, Ada Batman Begins & Dunkirk

27 July 2023   |   17:50 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Nama Cillian Murphy menjadi sorotan publik setelah sukses memerankan J. Robert Oppenheimer dalam film Oppenheimer yang rilis pada 19 Juli 2023. Pria kelahiran 25 Mei 1976 tersebut aktor memang sudah malang melintang di industri  perfilman hollywood sejak 25 tahun lamanya.

Cillian Murphy lahir dan tumbuh besar di Cork, kota terbesar kedua di Republik Irlandia. Karier aktingnya dimulai pada 1997, ketika dia membintangi film pendek berjudul Quando. Sampai saat ini dia telah membintangi puluhan judul film populer. 

Baca juga: Tanpa CGI, Christoper Nolan Garap Film Oppenheimer dengan Teknik Spesial

Genhype, yuk simak sejumlah film terbaik yang pernah dibintangi Cilian Murphy selain Oppenheimer.
 

1. Batman Begins (2005)

Batman Begins merupakan film superhero berdasarkan karakter DC Comics Batman  yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan naskahnya ditulis oleh Nolan dan David S. Goyer. Film ini menjadi pembuka untuk series Batman, menceritakan asal mula kisah Bruce Wayne menjadi Batman, serta perjuangannya untuk menghentikan Ra's al Ghul dan Scarecrow agar Gotham City tidak jatuh ke dalam kekacauan.

Film ini dibintangi oleh Christian Bale sebagai Bruce Wayne atau Batman. Tak ketinggalan sejumlah aktor populer lainnya seperti Michael Caine, Liam Neeson, Katie Holmes, Gary Oldman, Tom Wilkinson, Rutger Hauer, Ken Watanabe, Morgan Freeman. Cilian Murphy sendiri berperan sebagai villain utamanya, Scarecrow
 

2. The Wind That Shakes the Barley (2006)

The Wind That Shakes the Barley merupakan film drama perang yang berlatar pada masa perang kemerdekaan Irlandia (1919–1921) dan Perang Saudara Irlandia (1922–1923). Disutradarai oleh Ken Loach dan naskahnya ditulis oleh Paul Laverty.

Film ini menceritakan kisah tentang dua kakak beradik asal County Cork, Damien O'Donovan dan Teddy O'Donovan yang bergabung dengan Tentara Republik Irlandia untuk memperjuangkan kemerdekaan Irlandia dari Britania Raya. Cilian Murphy berperan sebagai Damiel O'Donovan.


3. Inception (2010)

Inception merupakan film fiksi ilmiah garapan sutradara Christopher Nolan yang juga menjadi penulis naskahnya. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Elliot Page, Tom Hardy, Ken Watanabe, Marion Cotillard, Tom Berenge, Michael Caine, dan Cilian Murphhy sendiri.

Menceritakan tentang  Dominick "Dom" Cobb (Leonardo Dicaprio) dan Arthur (Joseph Gordon-Levitt) yang melakukan spionase terhadap sebuah perusahaan menggunakan teknologi militer eksperimental untuk menyusup ke alam bawah sadar target mereka dan mengekstrak informasi melalui dunia mimpi. Cilian Murphhy memerankan Robert Fischer putra dari miliader Maurice Fische yang akan menjadi target Dom dan Arthur.


4. In Time (2011)

In Time merupakan film bergenre thriller fiksi ilmiah yang dibintangi Amanda Seyfried, Justin Timberlake, Cillian Murphy, Olivia Wilde, Matt Bomer, Alex Pettyfer, Johnny Galecki dan Vincent Kartheiser. Film ini disutradarai dan ditulis naskahnya oleh Andrew Niccol.

Film ini menceritakan tentang bumi pada masa depan ketika gen penuaan dimatikan pada usia 25 tahun. Orang-orang harus membeli waktu supaya bisa berumur panjang. Waktu menjadi mata uang dan alat untuk membeli barang dan keperluan lainnya. Di lengan setiap orang terpasang jam yang menunjukkan sisa waktu hidup mereka.

Orang kaya dapat hidup selamanya, sementara yang miskin mencoba bernegosiasi untuk hidup abadi. Saat itu, seorang pemuda miskin dituduh melakukan pembunuhan ketika diwariskan waktu dalam jumlah besar dari seorang pria kaya. Ahirnya dia dikejar para polisi yang disebut Timekeepers. Di sini Cilian Murphy berperan sebagai Timekeeper Raymond Leon yang korup.


5. Transcendence (2014)

Transcendence adalah sebuah film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Wally Pfister dan naskahnya ditulis oleh Jack Paglen. Film ini dibintangi oleh Johnny Depp, Rebecca Hall, Kate Mara, Paul Bettany, and Morgan Freeman. Cilian Murphy berperan sebagai Agent Buchanan.

Menceritakan Dr. Will Caster (Johnny Depp) yang bermimpi menciptakan teknologi komputer super canggih yang kemampuannya melebihi kecerdasan manusia. Saat usahanya hampir berhasil, dia ditembak oleh sekelompok orang yang menyebut diri mereka sebagai gerakan antiteknologi.

Dalam keadaaan sekarat, sang istri, Evelyn (Rebecca Hall) dan sahabatnya, Max (Paul Bettany) berusaha menolong Will dengan menghubungkan isi otak Will ke dalam teknologi komputer yang sedang dikembangkan olehnya. Upaya ini ternyata membawa bencana besar yang mengancam kelangsungan umat manusia di bumi.


6. Dunkirk (2017)

Dunkirk merupakan film drama perang sejarah yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan diproduseri oleh Emma Thomas. Naskahnya ditulis berdasarkan peristiwa evakuasi Dunkerque di pelabuhan Dunkerque, Prancis, pada 26 Mei 1940 sampai 4 Juni 1940 saat Perang Dunia II.

Pada 1940 ketika Prancis kalah, ratusan ribu tentara sekutu telah mundur ke Dunkerque. Tommy (Fionn Whitehead), seorang prajurit Britania Raya, adalah satu-satunya yang selamat dari sergapan tentara Jerman. Di pantai, dia menemukan ribuan tentara yang menunggu dievakuasi dan bertemu dengan Gibson (Aneurin Barnard) yang sedang mengubur mayat.

Cillian Murphy berperan sebagai Shivering Soldier. Setelah dievakuasi oleh kapal sipil, karakter yang dimainkan oleh Murphy tersebut mengalami trauma pasca perang.


7. A  Quiet Place Pt 2 (2021)

A Quiet Place Part II adalah film horor Amerika Serikat yang disutradarai dan ditulis John Krasinski. Dibintangi oleh Emily Blunt, Millicent Simmonds, Noah Jupe, Djimon Hounsou dan Cilian Murphy sendiri. Film ini merupakan sekuel dari A Quiet Place (2018). 

Melanjutkan kisah keluarga Abbot yang menghadapi ancaman dari mahluk asing yang akan menyerang ketika ada suara bising. Keluarga Abbot pergi kesana kemari mencari tempat perlindungan yang aman. Dalam film ini Cillian Murphy berperan sebagai Emmett, seorang penyendiri yang bertemu dengan keluarga Abbott dan ikut bertualang bersama.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Berikut Jadwal & Hasil Pertandingan Bulu Tangkis Japan Open 2023

BERIKUTNYA

Meta Perkenalkan Voicebox, Speech Generation Berbasis Kecerdasan Buatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: