Ilustrasi mal atau pusat perbelanjaan (dok: Unsplash/WeLoveBarecelona)

Mal Kembali Dibuka, Inilah Mal Tertua dan Terbesar yang Bisa Dikunjungi Pada Akhir Pekan

14 August 2021   |   16:05 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 16 Agustus 2021 di wilayah Jawa-Bali. Namun, kini pemerintah mencoba beberapa uji coba peraturan baru seperti membuka kembali pusat perbelanjaan di empat kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. 

Tentunya uji coba ini dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat. Mal hanya boleh dibuka dengan kapasitas 25 persen. Pengunjung yang boleh mengunjungi mal adalah mereka yang berusia 12-70 tahun dan perlu menunjukkan kartu vaksinasi.
 
Bayangkan, dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, kalian bisa kembali lagi merasakan hiburan di mal yang mungkin sudah lama mungkin kalian rindukan. 

Baca juga: Wow, Mal di Singapura Ini Punya Jalur Sepeda dan Arena Panjat Dinding Indoor

Kalian kembali bisa menjadikan mal sebagai tempat wisata atau hiburan sementara di kala penat saat masa PPKM dengan aman dan nyaman.

Namun, sebelum benar-benar kembali menikmati suasana mal, ayo kita segarkan tentang beberapa mal tertua dan terbesar dan menarik di beberapa kota di Indonesia. Berikut ulasannya!
 

1. Mal Pakuwon Surabaya

Pakuwon Mall Surabaya (dok: Pakuwon.com)






Mal yang terletak di ibu kota Jawa Timur ini merupakan mal terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak? Mal ini mempunyai luas area sewa efektif sebesar 200.000 m2.

Bangunan ini berdiri tahun 2003 yang didesain langsung oleh arsitektur kelas dunia, DP Architect Singapore hingga akhirnya resmi dibuka pada tahun 2017. Beragam retail mancanegara memenuhi pusat perbelanjaan ini. Kamu bisa merasakan sendiri betapa luasnya mal ini karena mal ini juga termasuk dalam daftar mal yang diberlakukan uji coba.
 

2. Sarinah Jakarta

Sarinah Jakarta (dok: Sarinah.co.id)






















Sarinah merupakan mal tertua di Indonesia yang diresmikan tahun 1966 oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno. Selain menjadi pusat perbelanjaan pertama, Sarinah juga menjadi gedung pencakar langit pertama di Indonesia. Mal ini terletak di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Lokasinya benar-benar strategis di pusat Jakarta. Namun, saat ini Sarinah masih belum bisa dikunjungi karena dalam proses renovasi yang ditargetkan akan selesai pada November 2021.
 

3. Summarecon Kelapa Gading

Summarecon Kelapa Gading (dok: thekensington.summareconkelapagading.com)
Summarecon Kelapa Gading yang terletak di Jakarta Utara ini menjadi mal yang paling luas dan termegah di Jakarta. Lebih dari 600 tenant lokal dan mancanegara telah mengisi pusat perbelanjaan seluas 150.000 meter persegi.

Mal ini berlokasi di kawasan komersial terpadu Sentra Kelapa Gading yang mempunyai luas 20 hektar. Summarecon Kelapa Gading menawarkan beragam produk gaya hidup, makanan, dan hiuran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern.
 

4. Bandung Indah Plaza

Bandung Indah Plaza atau BIP (dok: Lippomalls.com)
 
Pusat perbelanjaan tertua lainnya terletak di Bandung. Bandung Indah Plaza menjadi pusat perbelanjaan di Kota Bandung sejak 1990. Sebelum adanya pusat perbelanjaan ini, Bandung hanya mempunyai department store dan pasar swalayan.

Mal ini didirikan di atas lahan yang dulunya adalah sebuah hotel. Bandung Indah Plaza sangat khas dengan bentuk atap bangunan yang berbentuk setengah lingkaran yang dipertahankan meski telah mengalami beberapa kali renovasi.

Asalkan kalian bisa disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan dan sudah divaksinasi, kalian bisa mengunjungi mal-mal yang sudah mulai dibuka di masa uji coba. Tidak bisa dipungkiri, kalian pasti membutuhkan hiburan dan merasakan suasana lain selain di rumah saja. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Terapkan 5 Tips Self Love Ini Biar Hidup Jadi Lebih Bahagia!

BERIKUTNYA

Girl Group Red Velvet Berikan Bocoran Lagu Queendom dalam Teaser Video Klip Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: