Ilustrasi Twitter (Dok. Solen Feyissa/Pexels)

Ini 5 Tren Topik Barang Konsumen di Twitter

14 August 2021   |   08:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tak jarang orang-orang datang ke Twitter untuk melihat apa yang sedang tren dengan berbagai topik, mulai dari hiburan, olahraga, musik hingga produk kebutuhan sehari-hari. Dengan audiens yang influensial, Twitter akhirnya menjadi platform efektif untuk berinteraksi, mencari informasi, dan saling memberikan rekomendasi yang pada akhirnya menjadi tren yang ramai dibicarakan.

Survei dari Twitter mengungkapkan ada beberapa barang kemasan untuk konsumen yang paling dibicarakan di Twitter seperti mie instan, kopi dan teh, produk perawatan kulit hingga ulasan rutinitas perawatan kulit terkini.

“Dengan karakter Twitter yang real-time, kita dapat melihat bagaimana produk barang kemasan untuk konsumen (CPG) ramai dibicarakan dan orang-orang datang ke Twitter mencari referensi sesuai dengan kebutuhan mereka. Orang-orang di Twitter sangat reseptif terhadap beragam produk dan layanan baru,” ujar Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Adriansah seperti dikutip dari rilis resmi, Sabtu (14/8/2021).

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini adalah 5 tren seputar barang kemasan untuk konsumen di Twitter. Simak yuk Genhype!

1. Makanan kemasan memiliki volume percakapan tertinggi
Twitter mencatat makanan kemasan sebagai kategori dengan volume percakapan tertinggi yang mencapai 13,35 juta Tweet. Tren teratas kategori ini menyorot makanan sebagai pemersatu orang-orang di Twitter walaupun saat ini banyak perayaan-perayaan penting diperingati secara jarak jauh. Percakapan soal makanan memberikan kehangatan di linimasa dengan saling memberikan rekomendasi kuliner kesukaan mereka. 

Dalam menanti pemulihan ekonomi pasca pandemi, orang-orang pun memulai membangun usaha sendiri dan mempromosikan produknya di Twitter, mulai dari makanan beku, sampai masakan daerah masing-masing dan dibantu dipromosikan oleh pengguna Twitter lainnya dengan me-retweet Tweet mereka dan/atau menge-tag mutual mereka. 
 

Ilustrasi (Dok. Good Good Good/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Good Good Good/Unsplash)

2. Kopi dan teh adalah minuman favorit orang Indonesia 
Tingginya percakapan mengenai makanan juga diikuti oleh volume percakapan mengenai minuman kemasan yang mencapai 12,67 juta tweet. Tren teratas kategori ini menunjukkan bahwa kopi dan teh adalah minuman favorit orang Indonesia yang dinikmati di waktu rehat.

3. Tren seputar produk perawatan, warna dan gaya rambut di Twitter
Topik soal perawatan dan tren rambut terkini selalu menarik untuk dibicarakan, baik dalam melakukan aktivitas di luar maupun dalam ruangan. Dengan total 3,42 juta Tweet, Twitter menjadi tempat untuk berbagi tips seputar perawatan rambut bagi semua kalangan. Tren teratas kategori ini menunjukkan banyaknya orang yang bereksperimen dengan warna rambut mereka, seperti biru, pirang, dan merah muda.

Selain itu, tren ini juga menunjukkan perempuan berhijab yang peduli terhadap pentingnya perawatan rambut ekstra, termasuk orang-orang di Twitter juga terinspirasi dari gaya dan warna rambut idola-nya. Tren lain yang terlihat adalah percakapan tentang gaya rambut para idola K-Pop yang sangat menarik perhatian.
 

Ilustrasi (Dok.  Adam Winger/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Adam Winger/Unsplash)

4. Twitter sebagai tempat mencari informasi perawatan tubuh dan kulit 
Dengan lebih banyaknya waktu di rumah, banyak orang yang memberikan perhatian lebih kepada perawatan tubuh dan kulit yang terlihat dari jumlah volume tweet sebanyak 2,31 juta tweet. Banyak orang datang ke Twitter untuk mencari informasi seputar produk perawatan dan brand sebelum membuat keputusan pembelian.

Tren teratas kategori ini menunjukkan orang-orang menjadikan Twitter sebagai tempat mencari rekomendasi untuk mengevaluasi dan menyesuaikan rutinitas perawatan kulit mereka. Pada percakapan ini, banyak brand yang disebut dan disarankan oleh orang-orang di Twitter, baik itu dalam bentuk Tweet, maupun Thread

5. Membuat tempat tinggal semakin nyaman
Percakapan mengenai perawatan rumah diwarnai oleh berbagai macam aktivitas termasuk kegiatan membereskan rumah. Dengan jumlah percakapan sebesar 700 ribu Tweet, tren percakapan teratas kategori ini adalah soal diskusi dan berbagi kegiatan merapikan rumah, dilanjutkan dengan cerita tentang aktivitas di rumah bersama anak, dan pekerjaan rumah yang kini tidak dipandang menjadi kewajiban satu gender saja.  Kehadiran banyak brand yang menyediakan produk-produk perawatan rumah juga semakin memudahkan orang-orang untuk merawat tempat tinggal mereka masing-masing.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Perhatikan 5 Kesalahan saat Kencan Daring, Jangan Kelewatan!

BERIKUTNYA

NCT Dream Rayakan Hari Jadi ke-5 dengan Jumpa Fans Virtual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: