Penumpang di stasiun kereta cepat Whoosh (Sumber gambar: PT KCIC)

Cek Jalur Alternatif ke Stasiun Tegalluar untuk Naik Kereta Cepat Whoosh

01 January 2024   |   13:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang ingin menggunakan kereta cepat Whoosh tidak perlu khawatir. Meskipun akses pintu tol Gedebage KM 149 jalan Tol Padalarang-Cileunyi mengalami penutupan sementara pada 1 Januari 2024 mulai pukul 22.00 WIB, kalian dapat menuju Stasiun Tegalluar melalui beberapa jalur alternatif. 

Dikutip dari laman Instagram @jasamargametropolitan, pengelola jalan tol Padalarang - Cileunyi, yakni Jasa Marga Metropolitan Toll Road, akan melakukan penutupan sementara akses keluar atau masuk kilometer 149 tol tersebut mulai 1 Januari 2024 karena ada rencana perbaikan jembatan di titik itu. 

"Serta memastikan keselamatan pengguna jalan tol dan terpenuhinya standar pelayanan minimal sesuai instruksi Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR melalui surat No. BM. 07.02-P/905 pada 29 Desember 2023," demikian tertulis dalam akun tersebut. 

Baca juga: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Bisa Menikmati Promo 12 Destinasi Wisata & Kuliner

Terkait hal itu, GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa penumpang kereta cepat Whoosh yang hendak menuju Stasiun Tegalluar dapat mengantisipasi penutupan dengan jalan atau moda alternatif yang tersedia.

Dia menekankan bahwa penyediaan aksesibilitas dan integrasi moda transportasi membuat Stasiun Kereta Cepat Tegalluar bisa dijangkau dengan mudah pada saat ini. 

"Kami imbau kepada calon penumpang untuk berangkat lebih awal ke stasiun untuk menghindari tertinggal kereta karena melewati jalan alternatif," ujarnya. 

Dia menuturkan, pada saat ini terdapat sejumlah akses alternatif yang bisa dipilih penumpang untuk menuju Stasiun Kereta Cepat Tegalluar. Pertama, wisawatan bisa keluar tol Buah Batu. Setelah itu, Genhype dapat menuju ke Jl. Soekarno - Hatta - Jl. Cimencrang - GBLA - Jembatan Cibiru Hilir. 

Kedua, Genhype dapat keluar tol Cileunyi. Kemudian, kalian menuju Jl. Soekarno Hatta - Jl. Cimencrang - GBLA - Jembatan Cibiru Hilir. Ketiga, menggunakan bus DAMRI dengan rute  Stasiun Bandung - Pasar Baru - Alun-alun Bandung - Asia Afrika - Trans Studio Mall - Uninus - Metro Indah Mall - Gedebage - Masjid Raya Al Jabbar - Stasiun Tegalluar. 

Keempat, menggunakan bus dari Shuttle Bus Summarecon dengan rute Summarecon Mall Bandung menuju Stasiun Tegalluar. Alternatif lainnya menuju Stasiun Tegalluar adalah dengan menggunakan Commuter Line Bandung Raya untuk menuju Stasiun Cimekar dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau angkutan umum lainnya ke Stasiun Tegalluar.

Untuk diketahui, pada momen libur akhir tahun, volume pengguna jasa kereta cepat Whoosh meningkat sekitar 35 persen. Pada periode 21 - 31 Desember 2023, perusahaan telah menjual sebanyak 211.000. Dari jumlah tersebut, 153.000 di antaranya merupakan jumlah penumpang yang telah berangkat hingga 28 Desember 2023.

Dengan begitu, jumlah penumpang kereta cepat Whoosh meningkat 35 persen pada libur akhir tahun jika dibandingkan periode yang sama pada awal Desember sebanyak 156.000 penumpang. 

Adapun jumlah penumpang tertinggi dalam satu hari pada momen libur akhir tahun  adalah 21.188 penumpang per hari pada 26 Desember 2023. 

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Banyak Peminat, Begini Cara Pesan Tiket Rombongan

Sebagai antisipasi peningkatan volume penumpang pada momen libur libur Natal dan Tahun Baru ini, KCIC juga telah menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari. 

Penambahan jumlah perjalanan itu membuat kapasitas kursi tersedia mencapai 28.000 kursi per hari. Kemudian, survei yang dilakukan perusahaan juga menunjukkan bahwa 55 persen pengguna kereta cepat Whoosh adalah untuk berlibur. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Menyambut Awal Januari, Simak Makna Lagu Iwan Fals Galang Rambu Anarki

BERIKUTNYA

Waspada 3 Ancaman Penggunaan Teknologi AI pada 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: