Potret mendiang Galang Rambu Anarki (Sumber gambar: Instagram @infoiwanfals)

Menyambut Awal Januari, Simak Makna Lagu Iwan Fals Galang Rambu Anarki

01 January 2024   |   13:20 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Galang Rambu Anarki merupakan salah satu lagu yang cukup populer ciptaan musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals. Diciptakan pada 1982, lagu tersebut memang dipersembahkan sang musisi untuk menyambut kelahiran anak pertamanya pada awal bulan Januari.

Lagu itu sendiri memang sengaja diberi judul sesuai dengan nama sang anak. Selain dipersembahkan untuk menyambut kelahiran anak pertamanya, dalam lagu tersebut faktanya banyak makna tersembunyi yang disisipkan oleh sang musisi. Iwan Fals dalam lagu Galang Rambu Anarki juga turut menggambarkan situasi politik yang sedang terjadi saat itu.

Baca juga: Profil Musisi Iwan Fals, Olah Rasa dalam Nyanyian Protes
 

“Galang Rambu Anarki anakku, lahir awal Januari menjelang pemilu. Galang Rambu Anarki dengarlah, terompet tahun baru menyambutmu."


Dikutip dari kanal Youtube Iwan Fals dalam sesi Ngalor Ngidulnya Iwan Fals, musisi 62 tahun tersebut juga turut menggambarkan situasi perekonomian Indonesia yang terjadi pada tahun itu.

“Pada saat itu, tahun baru, bersamaan dengan keputusan Pemerintah untuk menaikan harga BBM. Saya pun gelisah, saya membayangkan abis ini harga yang lain pasti naik,” ucap Iwan dalam Youtube Iwan Fals Musica.

Seperti yang kita ketahui, pada tahun 1982 Indonesia memang sedang merasakan dampak dari resensi ekonomi dunia. Hal tersebut menyebabkan laju ekonomi Indonesia yang menurun hingga beberapa tahun setelahnya. Salah satu dampaknya adalah harga BBM yang melambung tinggi di ikuti dengan naiknya harga bahan pokok lainnya.
 

“Maafkan kedua orang tuamu kalau tak mampu beli susu, BBM naik tinggi susu tak terbeli."


Galang Rambu Anarki merupakan putra sulung dari Iwan Fals yang lahir pada 1 Januari 1982. Galang sendiri merupakan anak pertama dari tiga bersaudara yaitu, Annisa Cikal Rambu Basae dan Raya Rambu Rabbani. Galang yang mengidap penyakit pada pernafasannya itu wafat pada usia yang terbilang masih belia yaitu 15 tahun.

Sebelumnya, Galang mengikuti jejak ayahnya dengan terjun di bidang musik. Walaupun demikian, musik yang dia bawakan berbeda dengan ciri khas ayahnya. Galang kemudian menjadi gitaris grup musik Bunga dan sempat merilis satu album perdana menjelang kematiannya pada 1997.

Iwan Fals sendiri memang kerap menciptakan karya lagu yang dipersembahkan untuk anak-anaknya. Ketiga anaknya tersebut, masing-masing dibuatkan lagu oleh sang musisi. Seperti lagu Galang Rambu Anarki (1982), Annisa (1986), Cikal (1991) dan Raya (2013). Lagu Galang Rambu Anarki bisa menjadi salah satu rekomendasi lagu yang bisa Genhype dengarkan pada awal tahun ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Siap-siap, Arus Wisata Sepanjang 2024 Bakal Makin Ramai

BERIKUTNYA

Cek Jalur Alternatif ke Stasiun Tegalluar untuk Naik Kereta Cepat Whoosh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: