Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) KM 150 di kawasan Gedebage, Bandung, Jawa Barat. (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Rachman)

Antisipasi Lonjakan Arus Balik, Simak Rekayasa Lalin Menuju Jabotabek 1 Januari 2024

01 January 2024   |   11:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) diperkirakan terjadi hari ini Senin (1/1/2024). Korlantas Polri telah menyiapkan antisipasi lonjakan arus balik lalu lintas dengan menerapkan rekayasa lalu lintas yang berlangsung hari ini pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB.

"Rencana Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Tahun Baru Tanggal 1 Januari 2024 Pukul 14.00 - 24.00 WIB. Pelaksanaan Contraflow/Oneway bersifat situasional sesuai dengan diskresi kepolisian," mengutip keterangan Instagram resmi @TMCPoldaMetro.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta, Banyak Jalan Ditutup

Berdasarkan keterangan dari unggahan di media sosial TMC (Traffic Management Centre) Polda Metro Jaya, berikut rekayasa lalu lintas one way dan contraflow menuju Jabotabek pada 1 Januari 2024.
  1. Kendaraan dari GT Kalikangkung yang akan menuju Jakarta dilakukan rekayasa lalu lintas One Way dari KM 188 GT Palimanan Utama hingga KM 72 Cikampek Utama
  2. Dilanjutkan Contraflow 2 lajur dari KM 72 hingga KM 47
  3. Dari KM 47 hingga KM 36 dilakukan Contraflow 1 lajur
  4. Kendaraan dari Bandung ke arah Cirebon dan Jateng melewati Tol Cisumdawu akan dikeluarkan di Exit ujung Jaya-Majalengka - Cirebon Palimanan 3
  5. Kendaraan dari Jakarta yang akan menuju ke Cirebon dan Jateng melewati Tol Jakarta Cikampek (Japek) akan keluar di Gate Cikopo KM 72 melewati Purwakarta jalan arteri dan bisa masuk kembali ke Jalur Tol melalui Gate Palimanan 3 atau Plumbon.

Melalui keterangan resminya, perusahaan operator jalan tol BUMN, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) memperkirakan kendaraan yang kembali ke Jabotabek mayoritas akan berasal dari arah timur (arah tol Trans Jawa) yang diprediksi akan mencapai 140 ribu kendaraan. Jumlahnya naik 28 persen dari puncak arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebanyak 110 ribu kendaraan.

Kendaraan yang berasal dari arah timur tersebut merupakan 58 persen dari jumlah kendaraan yang akan kembali ke JABOTABEK. Diprediksi totalnya mencapai 240 ribu kendaraan atau naik 19 persen dibandingkan Natal-Tahun Baru 2022/2023 dan naik 75 persen terhadap lalu lintas (lalin) normal.

Total kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek merupakan kumulatif arus lalin dari empat gerbang tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat sebanyak 1,9 juta kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada Libur Natal, mulai dari 18 sd 28 Desember 2023. Jumlah ini meningkat 25 persen dibandingkan lalu lintas normal sebanyak 1,5 juta kendaraan pada periode yang sama.

Apabila dibandingkan dengan periode Natal 2022 lali, total volume lalu lintas tahun ini meningkat 7 persen yakni sebanyak 1,79 juta kendaraan. Melihat tingginya lonjakan tersebut, sejumlah lokasi berikut ini perlu diantisipasi saat arus balik.
  1. KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau pertemuan kendaraan dari Bandung dan Cikampek menuju Jakarta.
  2. Ruas Tol Trans Jawa dari arah Semarang menuju Jakarta, terutama pada titik pertemuan simpul lalu lintas, akses keluar jalan arteri dan beberapa lokasi rest area.

Terakhir pihak Jasa Marga mengimbau supaya masyarakat dapat mengatur kembali waktu perjalanannya ke Jabotabek supaya lebih nyaman dan tidak menumpuk di tanggal-tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus balik. 

Masyarakat disarankan untuk menghindari pulang bersamaan pada 1-2 Januari 2024. Apabila memungkinkan sebaiknya menggeser perjalanan dengan memilih Rabu, 3 Januari 2024.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Chanyeol EXO Siap Gelar Fancon The Eternity Maret 2024, Cek Harga Tiketnya

BERIKUTNYA

Siap-siap, Arus Wisata Sepanjang 2024 Bakal Makin Ramai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: