Rangkaian kegiatan pada malam tahun baru (Foto: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta, Banyak Jalan Ditutup

29 December 2023   |   12:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Malam tahun baru di Jakarta bakal ramai dan meriah karena sejumlah acara siap diadakan, khususnya di kawasan Jl. Jenderal Soedirman-Jl. M.H. Thamrin. Nah, bagi Genhype yang hendak melakukan aktivitas saat itu, pastikan untuk mengetahui informasi rute lantaran rekayasa lalu lintas akan dilakukan di sekitar jalan tersebut.

Rekayasa lalu lintas merupakan bentuk atau cara petugas pengatur jalan untuk mengurai kemacetan atau mengatur dan mengelola aliran sistem transportasi atau lalu lintas di jalan raya. Selain mengurai kemacetan, rekayasa juga dilakukan guna memberikan kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan.

Ada beberapa penyebab petugas melakukan rekayasa lalu lintas. Pada malam pergantian tahun dari 2023 ke 2024, rekayasa tersebut dilakukan lantaran terdapat sejumlah aktivitas yang berlangsung di Jl. Jenderal Soedirman dan Jl. M.H. Thamrin. 

Baca juga: Jadwal Perayaan Puncak Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta

Dikutip dari laman Instagram resminya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memberlakukan rekayasa lalu lintas dan pola operasi angkutan umum di sepanjang Jl. Jenderal Soedirman dan Jl. M.H. Thamrin dari 31 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024.

Dalam rekayasa lalu lintas tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan penutupan jalan 2 arah mulai pukul 19.00 WIB pada 31 Desember 2023 sampai 01.00 WIB pada 1 Januari 2024. Jalan yang akan ditutup adalah Jl. Jenderal Sudirman, yakni mulai dari Bundaran Senayan sampai Bundaran Hotel Indonesia.

Penutupan juga terjadi di Jl. M.H. Thamrin, yang mencakup Bundaran Hotel Indonesia sampai Bundaran Patung Kuda Selain itu, penutupan jalan juga akan berlaku di jalan pintu 1 Senayan, jalur lambat kupingan Semanggi sisi barat, jalan Bendungan Hilir, Jalan K.H. Mas Mansyur.

Jalan lainnya yang juga mengalami penutupan adalah jalan Karet Pasar Baru Timur S, kupingan BNI 46, Kota Bumi dan Baturaja, Teluk Betung, Kebon Kacang, Sunda, Imam Bonjol, Suemenp Tosari, Landmark (INdocement), Setiabudi, Prof. Dr. Satrio, Masjid (Sampoerna), Garnisun dan Kolong Semanggi.

Lalu, jalan lambat kupingan Semanggi sisi timur, SCBD, Tulodong Atas 2 atau samping CIMB, simpang jalan Budi Kemuliaan dan Medan Merdeka Selatan, Kebon Sirih dari arah barat, dan untuk arah timur tutup di simpang Agus Salim, K.H Wahid Hasyim, dan Majapahit.

Dengan begitu, maka Dinas Perhubungan juga akan melakukan sejumlah pengalihan lalu lintas. Berikut rekayasa lalu lintas yang akan ada di Jakarta pada malam tahun baru. :


Lalu lintas selatan ke utara

Lalu lintas dari selatan ke utara akan dialihkan melalui jalan Hang Lekir 1 - Huang Tuah - Hang Lekir IV – Hang Lekir II -  Hang Lekir 1 – Asia Afrika – Gerbang Pemuda  - Gatot Subroto – KS Tubun – KH Mas Mansyur – Cideng, dan seterusnya. Pengguna kendaraan juga dapat melalui jalan HR Rasuna Said – Prof. Dr. Satrio – KH Mas Mansyur, dan seterusnya. 
 

Lalu lintas dari utara ke selatan

Pengalihan lalu lintas dari utara ke selatan adalah melalui jalan Ir. H. Juanda – Pos – Gedung Kesenian – Lapangan Utara – Lapangan Banteng Barat – Pejambon 0 MI Ridwan Rais ke arah HR Rasuna Said, dan seterusnya. Pengguna kendaraan juga dapat melalui jalan Gunung Sahari – Kramat Raya – Salemba – Proklamasi – Tambah – Prof. Dr. Satrio, dan seterusnya. 
 

Lalu lintas dari timur ke barat

Pengguna kendaraan yang hendak menuju barat dari timur dapat melalui jalan MI Ridwan Rais – Medan Merdeka Timur – Medan Merdeka Utara – Abdul Muis – dan seterusnya.


Lalu lintas dari barat ke timur

Sementara itu, pengguna kendaraan sepeda motor atau mobil yang ingin melintas dari timur ke barat dapat melewati jalan Abdul Muis – Majapahit sisi barat – Ir. H. Juanda – Pos – dan seterusnya. Kemudian, pemilik kendaraan juga dapat melalui jalan Galunggung – RM Margono Djojohadikoesoemo – Penjernihan 1 – dan seterusnya.

Baca juga: 5 Provinsi yang Jadi Tujuan Utama Wisata saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar 10 Wanita Tercantik & Pria Tertampan 2023 Versi TC Candler

BERIKUTNYA

Cek Daftar 10 Lineup Fase 1 Synchronize Fest 2024, Dewi Perssik & Aldi Taher Bakal Sepanggung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: