Barack Obama (Sumber gambar: Instagram.com/barackobama)

Film Favorit Barack Obama Sepanjang 2023, Dari Oppenheimer hingga Past Lives

28 December 2023   |   11:41 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Barack Obama membagikan daftar film favoritnya sepanjang 2023 melalui akun resmi media sosial X dan Instagram-nya. Dalam beberapa tahun terakhir, mantan presiden Amerika Serikat ini memang kerap memberikan rekomendasi beberapa film menarik yang telah ditontonnya sebagai kaleidoskop pribadi.

Bagi Obama, industri film tahun ini memiliki tantangan yang tidak mudah. Sejak awal tahun, para penulis dan aktor melakukan aksi mogok untuk mengadvokasi sistem kerja di dunia sinema yang lebih baik. Kondisi tersebut dirasa Obama telah membawa perubahan signifikan. Sebuah era peralihan yang dianggapnya akan mengubah industri ini menjadi jauh lebih baik.

Di antara berbagai masalah dan tantangan yang ada, sejumlah film-film penting tetap berhasil dimunculkan tahun ini. Dia pun telah memilih beberapa yang terbaik di antaranya. Setidaknya ada 13 film yang memikat hatinya.

Baca juga:   Barack Obama Bicara soal Lingkungan dalam Serial Netflix

Tiga di antaranya berasal dari rumah produksi perusahaannya, Higher Ground. Oleh karena itu, Obama pun memberikan disclamer ada semacam bias yang terjadi pada pilihannya tahun ini. “Saya bias karena film-film ini diproduksi oleh Higher Ground. Namun, sebenarnya ini adalah tiga film terbaik yang saya tonton tahun ini,” ungkap Obama dikutip Hypeabis.id dari akun X resminya, Kamis (28/12).

Berikut adalah daftar lengkap film favorit Barack Obama Sepanjang 2023

1. Rustin

Rustin adalah film biografi yang tayang di Netflix pada November 2023. Film yang dibintangi Chris Rock, Glynn Turman, Aml Ameen, hingga Colman Domingo ini mengangkat salah satu tokoh aktivis yang memperjuangkan hak-hak sipil di Amerika Serikat. Film ini disutradarai oleh George C Wolfe dan penulisan skenarionya dibantu oleh Julian Breece dan Dustin Lance Black.

2. Leave The World Behind

Leave The World Behind merupakan film thriller psikologis apokaliptik Amerika. Disutradarai oleh Sam Email, film ini diangkat dari novel karya Rumaan Alam dengan judul yang sama. Film berdurasi 2 jam 19 menit ini berkisah tentang dua keluarga yang berjuang di tengah fenomena misterius. Sebuah liburan yang seru kemudian berubah menjadi serangan cyber yang aneh.

3. American Symphony

American Symphony merupakan film dokumenter yang menceritakan tahun-tahun penting dari kehidupan musisi Jon Batiste. Ketika dia mencapai puncak karier dengan 11 nominasi Grammy, sebuah petaka terjadi. Batiste mesti kembali mengalami sakit kanker

4. The Holdovers

The Holdovers merupakan film komedi drama yang disutradarai Alexander Payne. Film ini ditulis oleh David Hemingson. Film ini telah meraih tiga nominasi pada Golden Globe ke-81 dan berhasil menjadi film yang dinobatkan sebagai 10 besar terbaik sepanjang 2023 oleh National Board of Review dan the American Film Institute.

5. Blackberry

Blackberry adalah film drama komedi biografi yang disutradarai Matt Johnson dengan naskah yang ditulis oleh Johnson. Film ini mengangkat cerita soal kejayaan teknologi HP canggih yang sempat mendunia. Sebuah gambaran kesuksesan sekaligus kehancuran yang digambarkan melalui komedi satir yang cerdas.

6. Oppenheimer

Oppenheimer merupakan film biografi bapak bom atom dunia. Film ini tembus dalam deretan film paling laris dalam Box Office 2023. Karya sinema arahan sutradara Christopher Nolan itu juga menjadi film Perang Dunia II terlaris sepanjang sejarah. Tak mengherankan memang, karena sejak awal kemunculannya film ini telah mendapat atensi besar dari publik.

7. American Fiction

American Fiction merupakan film drama komedi satir yang disutradarai Cord Jefferson. Film ini didasarkan pada novel yang terbit pada 2001 karya Percival Everett. Cerita film ini mengikuti perjalanan Monk Ellison (diperankan oleh Jeffrey Wright), seorang novelis kulit hitam yang berbakat tapi terhambat oleh stereotip industri.

8. Anatomy of a Fall

Anatomy of a Fall merupakan film yang disutradarai Justine Triet dengan penulisan naskahnya dibantu oleh Arthur Harari. Cerita film ini mengikuti kisah seorang penulis asal jerman bernama Sandra. Dia dituduh membunuh suaminya sendiri. Sang istri pun mesti mengumpulkan bukti agar tuduhan tersebut salah di pengadilan.

9. Monster

Monster adalah film drama Jepang yang disutradarai Hirokazu Kore-eda. Penulisan naskahnya dilakukan oleh Yuji Sakamoto. Film ini menceritakan anak laki-laki bernama Minato yang bertindak aneh hingga membuat ibunya mencari tahu penyebabnya tentang apa yang sedang terjadi pada putra satu-satunya itu.

10. Past Lives

Past Lives merupakan drama romantis yang disutradarai Celine Song. Ini adalah debut penyutradaraan pertamanya. Film ini menceritakan Nora, seseorang yang pindah dari Korea ke Amerika Serikat. Suatu ketika, dia bertemu kembali dengan cinta masa lalunya ketika sudah berusia dewasa.

11. Air

Film Air yang ditradarai Ben Affleck bercerita tentang brand Nike yang bekerja sama dengan pebasket Michael Jordan. Premis yang dihadirkan begitu sederhana. Namun, Ben Affleck berhasil menyuguhkan cerita lain dan kompleks di balik peristiwa tersebut. Sebuah kerja sama yang melahirkan sejarah.

12. Polite Society

Polite Society merupakan film yang disutradarai Nida Manzoor. Film ini bergenre komedi aksi yang cukup menyuguhkan adegan ciamik. Film ini bercerita tentang wanita muda yang tumbuh di keluarga kaya raya. Ini adalah kisah tentang kasih sayang antar saudara perempuan yang penuh makna.

13. A Thousand and One

A Thousand and One adalah film drama yang disutradarai A.V Rockwell. Film ini bercerita tentang kisah hidup seorang ibu yang harus merawat dan membesarkan anaknya sendirian di kota besar. Film ini sempat mendapatkan pemutaran perdana di Festival Film Sundance pada Januari 2023 lalu.

Baca juga:  Kaleidoskop 2023: Film Indonesia Paling Laris di Bioskop Tahun Ini

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Daftar Pemain Drama Korea My Happy Ending, Dari Jang Nara hingga Son Ho Jun

BERIKUTNYA

6 Hewan Indonesia yang Telah Dinyatakan Punah, Terbaru Ikan Pari Jawa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: