Ilustrasi gaya hidup sustainable. (Dok. The Creative Exchange dari Unsplash)

7 Tips Parenting dengan Gaya Hidup Sustainable, Ternyata Mudah Lho!

14 August 2021   |   08:01 WIB

4. Buat makanan bayi sendiri
Sebagian orang tua muda memilih untuk membeli makanan bayi instan yang dijual di pasaran demi menghemat waktu, tapi di saat yang sama membeli produk instan bisa jadi merupakan bentuk pemborosan uang dan penumpukan sampah. 

Cara yang lebih efektif untuk menjaga lingkungan adalah membuat makanan bayi sendiri dengan resep yang bisa Genhype cari melalui pencarian di situs resep makanan atau menanyakan referensi resep ke rekan atau keluarga.

5. Pakai produk perawatan anak yang ramah lingkungan
 

Ilustrasi produk ramah lingkungan. (Dok. Kristina Bali dari Unsplash)

Ilustrasi produk ramah lingkungan. (Dok. Kristina Bali dari Unsplash)



Untuk produk seperti sabun mandi dan shampoo yang biasa digunakan untuk buah hati, kadang ada produk yang mengandung zat kimia yang kurang baik untuk kulitnya sehingga Genhype bisa mencari produk alternatif yang menggunakan bahan alami dan aman bagi kulit.

Selain itu, produk alami ini biasa dijual dengan kemasan ramah lingkungan atau yang bisa didaur ulang sehingga mengurangi sampah rumah tangga.

6. Manfaatkan waktu bermain dan bekreasi dengan mendaur ulang sampah
Meski umumnya mainan adalah salah satu hiburan yang paling mudah diakses oleh si kecil, tapi enggak ada salahnya untuk meluangkan waktu demi menemaninya berkreasi atau membuat prakarya. Gunakan bahan-bahan yang bisa didaur ulang sebagai material utama dalam prakarya sehingga Genhype bisa mengajarkan si kecil tentang pentingnya mendaur ulang sampah yang masih bisa dialihfungsikan.

7. Beri contoh kepada buah hati
 

Ilustrasi gaya hidup sustainable. (Dok. Eyoel Kahssay dari Unsplash)

Ilustrasi gaya hidup sustainable. (Dok. Eyoel Kahssay dari Unsplash)



Hal terakhir yang bisa Genhype lakukan adalah dengan memberi contoh kepada anak agar kebiasaan dan gaya hidup berkelanjutan bisa diterapkan dalam jangka panjang. Inilah yang juga disampaikan oleh musisi Agustinus Gusti Nugroho atau Nugie dalam sebuah konferensi pers virtual pada April 2021.

"Harus dikasih contoh-contoh langsung," tuturnya. Contoh langsung ini adalah menjadikan diri sebagai panutan bagi anak agar dia bisa menirukan dan memahami gaya hidup berkelanjutan di kehidupan sehari-hari.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Masalah Kesehatan Mental di Masa Pandemi Cukup Mengkhawatirkan

BERIKUTNYA

Rekomendasi Film Indonesia yang Menarik Ditonton saat Hari Kemerdekaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: