Varuna (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Taman Safari Bali Hadirkan Pertunjukan Teatrikal Bawah Air Pertama di Indonesia

20 December 2023   |   20:45 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Taman Safari Bali resmi menghadirkan Varuna, pertunjukan teatrikal bawah air pertama di Indonesia yang menawarkan pengalaman bersantap sambil menyaksikan pertunjukan seni peran memukau. Destinasi wisata ini secara resmi dibuka untuk umum mulai Kamis, 21 Desember 2023.

Varuna merupakan bagian dari Taman Safari Bali, yang berlokasi di Kabupaten Gianyar. Selama ini, Taman Safari Bali telah menjadi rumah bagi satwa liar dan pusat konservasi terkenal di dunia. Areanya memiliki luas sekitar 50 hektare dan menampung lebih dari 2.500 hewan dari berbagai belahan dunia. 

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia Ini Wajib Masuk Daftar Liburan Akhir Tahun

Alexander Zulkarnain, Vice President Media Event & Digital Taman Safari Indonesia mengatakan bahwa Bali merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia karena keindahan lautnya. Sepanjang 2023 ini sudah lebih dari 4,5 juta wisatawan yang datang ke Bali

"Maka dari itu, Taman Safari Bali ingin mengemas keindahan bawah laut Bali lewat Varuna yang menawarkan pengalaman bersantap sambil menyaksikan pertunjukan teatrikal bawah air pertama di Indonesia bagi wisatawan domestik dan mancanegara,” katanya di Taman Safari Bali, Rabu (20/12/2023)

Panggung teatrikal tersebut akan menampilkan pertunjukan bertajuk A Voyage of Flavours and Fantasy yang memiliki durasi sekitar 36 menit. Aksi panggungnya dikemas dengan narasi apik yang memadukan animasi potongan kertas, pedalangan, dan aksi panggung yang memikat dari Penasihat Teknikal kenamaan dunia Peter Wilson.

Saat menyaksikannya, pengunjung seolah dibawa masuk ke dunia fantasi bawah laut. Menariknya Varuna juga mengintegrasikan upaya keberlanjutan dan konservasi kehidupan laut dalam seluruh pertunjukannya. Teknologi dan seluruh aspek yang ditampilkan di panggung sangat mengutamakan keadaan dan kelestarian satwa di sekitarnya.
 

Pertunjukan teatrikal bawah air (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Pertunjukan teatrikal bawah air (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)


“Melalui Varuna kami menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan atraksi berkelas internasional yang memadukan pertunjukan bawah air mermaid teatrikal berpadu dengan kearifan lokal yang akan menarik wisatawan dalam dan luar negeri," ujar Alex.

Pertunjukan inu juga menggabungkan kesenian lokal Bali dengan kolaborasi bersama seniman internasional dan seniman lokal. Kolaborasi tersebut membawa elemen budaya autentik ke dalam pertunjukan, menciptakan perpaduan yang dinamis antara bentuk seni tradisional Bali dengan pengalaman teater modern, yang semakin memperkaya perjalanan bawah laut yang imersif secara keseluruhan.

“Kami telah bekerja sama dengan beberapa seniman ternama di Bali untuk membawa nuansa Bali yang telah terkenal di dunia, sehingga harapan kami Varuna dapat menjadi tolak ukur pertunjukan kelas dunia di Indonesia,” tambah Hans Manansang Direktur Marketing Taman Safari Indonesia Group.

Adapun pembukaan Varuna sendiri merupakan bagian dari rencana Taman Safari Bali untuk mengembangkan The Exciting Marine Safari Bali yang akan diluncurkan pada 2024. The Exciting Marine Bali akan menjadi kompleks wisata bawah air kelas internasional sehingga bisa menarik wisatawan mancanegara dan menjadi atraksi wisata yang ditunggu sekaligus tempat edukasi marine life

“Kehadiran Varuna diharapkan dapat menjadi kick-off yang baik sebelum pembukaan The Exciting Marine Safari Bali pada 2024 nanti dan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Taman Safari Bali," kata Alex lagi.

Lebih lanjut dia berharap, tahun depan bisa menarik lebih banyak pengunjung ke Taman Safari Bali dengan adanya Varuna dan Marine Safari Bali. Adapun Taman Safari Bali sendiri merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia yang merupakan tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. 

Baca juga: 10 Kota Tua Destinasi Wisata di Indonesia

Unit bisnis Taman Safari Indonesia tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen, Solo Safari, Bali Safari & Marine Park, serta Jakarta Aquarium & Safari. Taman Safari telah mendapatkan beberapa penghargaan seperti Lembaga Konservasi Terbaik, Indonesia Green Award, Sapta Pesona Award, Best Indonesia Travel And Tourism Award, Satyalancana Pembangunan Award, dan penghargaan lainnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

D’Cinnamons Rilis Single Spesial Hari Ibu

BERIKUTNYA

Aneka Hidangan Futuristik Representasi Masa Depan Otomotif di Lexus Feast

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: