Ilustrasi jaringan seluler. (Sumber gambar : Freepik)

Jaringan Operator Selular Paling Ngebut Versi Opensignal

20 December 2023   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kecepatan jaringan seluler sangat penting bagi pengguna internet. Kebutuhan akses internet yang cepat pada perangkat mobile terbilang cukup tinggi di Indonesia, mengingat pengguna layanan ini mencapai 213 juta orang hingga awal 2023 menurut laporan We Are Social.   

Internet memang tidak bisa dilepaskan dari gaya hidup masyarakat dunia, termasuk Indonesia saat ini. Oleh karena itu, penggunanya membutuhkan akses yang cepat agar tidak ketinggalan informasi yang terus berkembang setiap detiknya. 

Baca juga: Ancaman Malware Perangkat Seluler Indonesia Turun, Tapi Masih Top Global 

Di Indonesia, Telkomsel tercatat tetap unggul dalam hal kecepatan unduh dan unggah dalam analisis terbaru Opensignal berjudul Laporan Pengalaman Jaringan Seluler, Desember 2023. Pengguna jaringan Telkomsel merasakan kecepatan unduh rata-rata 26,1Mbps – 3,3Mbps lebih cepat dari pengguna XL yang berada di posisi kedua. 

Demikian juga dengan pengguna Telkomsel yang merasakan kecepatan unggah rata-rata tercepat 11,1Mbps, diikuti oleh pengguna 3 dengan 9,7Mbps. “Kecepatan seluler di Indonesia telah meningkat signifikan secara keseluruhan, di mana pengguna mencatat kecepatan unduh 7,5-21,4 persen lebih cepat dan kecepatan unggah 11,2-23 persen lebih cepat, tergantung pada operator pilihan mereka,” tulis laporan Opensignal.

Telkomsel juga menawarkan pengalaman video on-demand dan live terbaik. Telkomsel menjadi pemenang langsung untuk penghargaan pengalaman video dan video live dengan skor 61,4 dan 57,7 poin dari skala 100 poin. Di kedua kategori tersebut, 3 hampir menantang posisi teratas Telkomsel, menempati posisi kedua dengan skor 61 poin untuk pengalaman video dan 56,1 untuk pengalaman video live.

Opensignal juga mencatat Telkomsel menjadi operator pertama di Indonesia yang meraih penghargaan pengalaman cakupan. Operator ini meraih skor 8,54 pada skala 10 poin, unggul jauh dari Indosat yang meraih 3,78 poin dan 3 dengan skor 4,76 poin. XL menyusul dengan 4,48 poin, sementara Smartfren berada di posisi terakhir dengan 2,18 poin.

Adapun Opensignal menganalisis lima operator di antaranya 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL. Analisis ini dilaukan selama periode 90 hari mulai 1 Agustus 2023. 

Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa Indosat memenangkan kualitas konsisten untuk kedua kali berturut-turut. Kali ini skornya 64,8 persen, mengungguli Telkomsel (61,7 persen) dan 3 (61,3 persen). 

XL terpaut di belakang dengan skor 58,7 persen, sementara Smartfren berada di posisi terakhir dengan skor 38,4 persen. Hal ini katanya menunjukkan bahwa pengguna Indosat terus mandapat proporsi pengujian terbanyak yang memenuhi ambang batas minimum untuk mendukung aplikasi seluler yang lebih umum digunakan, seperti panggilan video atau mengunggah gambar ke media 

Meskipun kalah kualitas konsisten, XL berhasil mempertahankan penghargaan pengalaman game dengan skor 79 poin. Kualitas pengalaman bermain game multiplayer seluler telah meningkat di kelima jaringan Indonesia sejak laporan terakhir. 

Pengguna Indosat dan 3 mengalami peningkatan terbesar, masing-masing 8,8 dan 8,2 poin (pada skala 0-100), diikuti oleh Telkomsel 7,1 poin dan Smartfren 6,2 poin. Selain itu, Pengalaman game di Indosat, 3, Telkomsel, dan XL mendapat peringkat baik (75-85), naik dari peringkat Cukup (65-75) yang didapatkan sebelumnya – sementara Smartfren kurang 1,2 poin dari peringkat tersebut dengan skor 73,8 poin.

Laporan Opensignal selanjutnya mencatat 3 berada di posisi teratas untuk pengalaman app suara over-the-top seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger. Faktanya, 3 menjadi satu-satunya operator di Indonesia yang berhasil meraih peringkat baik (80-87) untuk pengalaman app suara kali ini, dengan skor 80,2 poin (dari skala 0-100).

Baca juga: Wah! Jaringan Seluler Kalimantan Timur Ternyata Tak Kalah dari Wilayah Jawa 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Godzilla Minus One Versi Hitam Putih Rilis Januari 2024

BERIKUTNYA

Daftar Serial Drakor yang Berlanjut di Netflix 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: