Ilustrasi tanaman lavender- Baraa Jalahej (Dok. Unsplash)

Wah, Ternyata Ini Manfaat Tanaman Lavender untuk Kesehatan

13 August 2021   |   12:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

GenHype mungkin sering mendengar kata lavender menjadi salah satu varian aroma pada suatu produk. Tak hanya warnanya yang ungu nan cantik serta aromanya yang khas, tanaman satu ini juga, terutama minyaknya, sejak lama sudah memiliki manfaat dalam pengobatan herbal.

Melansir dari Healthline, tanaman lavender berasal dari bahasa Latin “lavare”, yang berarti mencuci. Penggunaan lavender sendiri tercatat paling awal berasal dari Mesir Kuno yang berperan dalam proses mumifikasi.

Seiring berjalannya waktu, lavender kemudian menjadi aditif mandi di beberapa daerah termasuk Persia, Yunani kuno, dan Roma yang dipercaya membantu memurnikan tubuh dan pikiran.

Baca juga: Identik Sebagai Tanaman Liar, Ini 5 Manfaat Tanaman Putri Malu Untuk Kesehatan Tubuh

Tak hanya itu, sejak zaman kuno, lavender juga telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti: masalah kesehatan mental, kecemasan, insomnia, depresi, sakit kepala, rambut rontok, mual, jerawat, sakit gigi, iritasi kulit, bahkan kanker.

Dianggap sebagai tanaman yang multiguna, lavender digunakan banyak orang untuk meningkatkan kesehatan dan kenyamanan dengan beberapa manfaat seperti berikut ini.
 

1. Aromaterapi

Tanaman lavender sering digunakan dalam aromaterapi. Aroma dari minyak tanaman lavender dipercaya dapat membantu meningkatkan ketenangan dan kesehatan, termasuk mengurangi stres, kecemasan, bahkan rasa sakit ringan. Sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa mengoleskan lavender, ditambah sage dan mawar, dapat mengurangi keparahan kram menstruasi.
 

Ilustrasi tanaman lavender- Claire Gray (Dok. Unsplash)

Ilustrasi tanaman lavender- Claire Gray (Dok. Unsplash)

2. Mengurangi potensi kanker dan demensia

Menurut studi di National Cancer Institute, aromaterapi yang dihasilkan dari lavender juga dapat membantu pasien mengelola efek samping pengobatan kanker. Reseptor baru mengirim pesan ke otak yang dapat mempengaruhi suasana hati. Selain itu, aromaterapi juga dapat membantu orang dewasa yang menderita demensia.
 

3. Membantu kualitas tidur

Dahulu kala, lavender direkomendasikan untuk orang-orang yang menderita insomnia atau gangguan tidur lainnya. Caranya, mereka mengisi bantal mereka dengan bunga lavender untuk membantu mereka tertidur dan mendapatkan istirahat malam yang lebih baik.

Tak jauh berbeda, saat ini, aromaterapi juga masih menggunakan lavender untuk mengobati sakit kepala atau kegelisahan. Biasanya para terapis akan mengoleskan minyak lavender ke kulit sebagai penenang dan membantu tidur. Bahkan, di Jerman, teh lavender telah disetujui sebagai suplemen untuk mengatasi gangguan tidur, kegelisahan, dan iritasi lambung.
 

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Penggunaan minyak lavender juga secara topikal dapat membantu mengobati penyakit yang disebut alopecia aerate, yang menyebabkan rambut rontok. Dalam satu studi yang diterbitkan dalam Arsip Dermatologi, orang-orang menggosok minyak esensial lavender, thyme, rosemary, dan kayu cedar di area rambut rontok. Hasilnya,  mereka mengalami pertumbuhan rambut kembali selama tujuh bulan. 

Selain itu, ketika dioleskan ke kulit, minyak lavender juga telah menunjukkan hasil positif dalam membantu mengatasi eksim, jerawat, kulit terbakar, dan ruam akibat popok. 

Baca juga: 3 Tanaman Herbal Asal Kalimantan Ini Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Yuk Intip Tiga Fitur Kamera iPhone Terbaru yang Bakal Meluncur Tahun Ini

BERIKUTNYA

Paundrakarna, Calon Penerus KGPAA Mangkunegara IX yang Aktif di Dunia Seni Peran dan Tarik Suara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: