Grup Musik Coldplay tampil saat Konser Coldplay bertajuk Coldplay Music of the Spheres World Tour Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio)

Kaleidoskop 2023: Deretan Festival dan Konser Musik Top di Indonesia

27 December 2023   |   06:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ratusan konser dan festival musik digelar di Indonesia sepanjang 2023. Industri konser musik di Tanah Air berjalan begitu semarak tahun ini. Hampir setiap bulannya selalu ada pertunjukan musik besar yang digelar dan menjadi ajang hiburan bagi masyarakat.

Melanjutkan tren yang terjadi tahun sebelumnya, sejumlah promotor juga makin rajin mengeluarkan IP festival baru yang turut mewarnai dinamika industri konser musik tahun ini. Ada yang berjalan lancar, tetapi ada pula yang tidak sesuai rencana, bahkan dibatalkan karena alasan-alasan tertentu. 

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Film Indonesia Paling Laris di Bioskop Sepanjang Tahun Ini

Kendati demikian, secara umum pesta musik di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat dibanding tahun sebelumnya. Tidak hanya diisi oleh konser atau festival lokal, sejumlah musisi global juga banyak yang mengadakan pertunjukan mereka di Indonesia tahun ini.

Hypeabis.id telah merangkum sejumlah festival dan konser musik besar yang digelar sepanjang 2023. Berikut adalah ulasannya.


Januari


Ne-Yo

Pada awal tahun, Indonesia kedatangan penyanyi asal Amerika Serikat, Ne-Yo. Penyanyi bernama asli Shaffer Chimere Smith ini menggelar konsernya di Indonesia pada 17 Januari 2023 di Hall D JIExpo Kemayoran. Konser bertajuk Self Explanatory ini menjadi penuntas rindu setelah terakhir kali manggung di Indonesia enam tahun lalu.


Sheila On 7

Sheila On 7 menggelar konser tunggal megah pada awal 2023. Mengambil tajuk Tunggu Aku di Jakarta, grup musik yang digawangi Duta ini sukses menggelar konsernya pada 28 Januari 2023. Membawakan 22 lagu andalannya, Sheila On 7 berhasil membuat penonton bernyanyi bersama dan bernostalgia di konsernya yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.


Februari 


Cigarettes After Sex

Cigarettes After Sex, grup musik asal Amerika Serikat, turut menyemarakkan konser di Indonesia pada kuartal pertama 2023. Trio Greg Gonzalez, Jacob Tomsky, dan Randall Miller, menggelar konsernya di Indonesia pada 3 Februari 2023. Konser dengan harga tiket mulai Rp850.000-an itu digelar di Ecovention Hall Ancol, Jakarta. 
 

Festival Pasar Musik

Festival Pasar Musik digelar selama tiga hari berturut-turut dari 10 Februari hingga 12 Februari 2023 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta. Delapan panggung dihadirkan untuk menampilkan total 117 penampil yang mayoritas berisi musisi-musisi top Indonesia, seperti Yovie & Nuno, Barasuara, HIVI!, Burgerkill, Opick, hingga Jamrud. 
 

Westlife

Mengambil tajuk Wild Dreams Tour Indonesia, Westlife kembali menggelar konser di Indonesia pada Februari 2023. Grup legendaris ini sukses mengguncang ICE BSD Tangerang pada 9 Februari dan Stadion Madya GBK, Jakarta, pada 11 Februari 2023. Sehari setelahnya, boy band asal Irlandia ini juga mampir ke Bandung dan tampil di Playlist Love Festival. 
 

Raisa

Setelah sempat mengalami penundaan sejak 2020 lalu, akhirnya konser tunggal Raisa digelar tahun ini. Pertunjukan solois perempuan Indonesia ini menjadi konser bertaraf internasional lantaran digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Mengambil tajuk Raisa Live In Concert SUGBK, penantian Raisa akhirnya terbayar tuntas pada 25 Februari 2023 lalu. Sebab, konsernya kala itu sukses besar.


Dewa 19

Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 digelar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada 4 Februari 2023. Secara garis besar, konser megah Ahmad Dhani ini sukses digelar. Namun, setelah konsernya selesai digelar, barulah beberapa sorotan terjadi, utamanya terkait akses pulang penonton yang mengalami beberapa permasalahan.


Maret


BLACKPINK 

BLAKCPINK tampil di Jakarta dua hari sekaligus dalam rangkaian tur dunia mereka di Indonesia. Mengambil tajuk BLACKPINK World Tour (Born Pink) Jakarta, Lisa dan kawan-kawan sukses menghibur para penggemarnya yang datang di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 11-12 Maret 2023. 
 

NCT Dream

NCT Dream tahun ini menggelar konser di Indonesia. Konser bertajuk NCT DREAM TOUR 'THE DREAM SHOW2: In A DREAM' in JAKARTA itu digelar pada 4-6 Maret 2023. Mengambil lokasi konser di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pertunjukan energik dari NCT Dream sukses menghibur para penggemarnya di Indonesia. 
 

Arctic Monkeys

Arctic Monkeys sukses menggelar konser di Indonesia pada 18 Maret 2023. Konser yang berlangsung di Beach City Internasional Stadium, Ancol, tersebut menjadi destinasi terakhir tur Asia dari band asal Sheffield tersebut. Dalam konser ini, mereka membawakan banyak lagu hit yang melambungkan nama Arctic Monkeys. 
 

Hammersonic Festival

Selama dua hari penuh, yakni pada 18-19 Maret 2023, Hammersonic 2023 mampu tampil sebagai festival musik cadas terbesar di kawasan Asia Tenggara. digelar di Carnaval, Ancol, festival musik ini menampilkan 53 musisi internasional, Asia, dan Indonesia. Tahun ini, salah satu penampil spesialnya adalah Slipknot. 

Baca juga: 8 Jadwal Konser Musik Seru pada Akhir Tahun 2023, Ada Rossa hingga Steve Aoki


Mei


Red Velvet

Red Velvet sukses menggelar konser di Indonesia pada 20 Mei 2023. Konser yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD itu mengambil tajuk Red Velvet 4th Concert: R to V in JAKARTA. Konser ini menjadi pelepas kangen dari para penggemar setelah grup yang dibentuk pada 2014 itu terakhir kali mampir ke Indonesia dalam konser bertajuk Korean Wave pada 2019. 
 

Baby Metal

Babymetal menggelar konser di Indonesia pada 26 Mei 2023. Kehadiran Babymetal ke Tanah Air merupakan rangkaian tur dunia mereka yang bertajuk The Other One. Konser ini berlangsung di Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten


Suga August

Salah satu member boy group BTS asal Korea Selatan, Suga, akhirnya tahun ini menyambangi Indonesia. Suga BTS atau lebih dikenal dengan nama panggung Agust D menyapa para penggemar selama tiga hari beruntun, mulai 26-28 Mei 2023 di Hall 5-6 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. 
 

Konser 20 Tahun Maliq & D’Essentials

Grup musik Maliq & D'Essentials menggelar konser tunggal bertajuk Konser 20 Tahun Maliq & D'Essentials. Konser spesial ini berlangsung pada 14 Mei 2023 di Jakarta International Expo (JiExpo), Kemayoran, Jakarta. Konser ini sekaligus menandai perjalanan musik band asal Jakarta yang dibentuk pada 2002 tersebut.


Juni

 

AESPA

AESPA menemui para penggemarnya di Indonesia pada 24 Juni 2023. Lewat konser bertajuk Aespa Live Tour SYNK: HYPER LINE in Jakarta, AESPA sukses menghibur para pencinta musiknya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.


Yura Yunita

Yura Yunita menggelar konser bertajuk Pertunjukan Tutur Batin di Tennis Indoor Senayan, Jakarta  pada 16 Juni 2023. Setelah Jakarta, solois perempuan ini juga akan mengisi panggung Jatim Expo, Surabaya pada 9 Juni 2023. 
 

Java Jazz Festival

Java Jazz Festival tahun ini digelar pada 2-4 Juni 2023. Berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, festival ini diramaikan oleh sekitar 140 musisi yang siap mengisi total 12 panggung Java Jazz 2023. Mereka antara lain Andien, Ardhito Pramono, Kaleb J, OKAAY, Teza Sumendra, Titi DJ dan lainnya.


Juli


Honne

Grup musik asal London, Inggris, HONNE kembali menyambangi Indonesia dalam gelaran tur Asia. Konser pada 7 Juli 2023 itu digelar di kawasan Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta. Setelah Jakarta, duo musik ini juga akan menyambangi Surabaya, tepatnya di Grand City Covention Hall pada 9 Juli 2023. 
 

Radwimps

Konser band rock asal Jepang, Radwimps mendapat sambutan luar biasa dari penggemarnya. Bahkan, lokasi konsernya mesti di pindah ke venue yang lebih besar yakni Tennis Indoor Senayan. Konser ini digelar pada 30 Juli 2023. 
 

We The Fest

Festival musik besutan Ismaya, We The Fest, tahun ini digelar pada 21-23 Juli 2023. Berlangsung di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Sports Complex Senayan, Jakarta, sejumlah musisi internasonal seperti The Strokes, The Kid Laroi, Daniel Caesar, hingga Ty Dolla $ign turut hadir memeriahkan suasana. Adapun, musisi lokal, seperti Gigi, Yura Yunita, hingga Kahitnya, juga ikut menghentak panggung megah We The Fest tahun ini. 
 

D’Masiv

Grup musik D’MASIV sukses menggelar konser bertajuk Dua Dekade di GBK Basket Hall Senayan, Jakarta pada 1 Juli 2023. Konser ini merupakan perayaan 20 tahun D'Masiv berkarya di belantika musik Indonesia


Agustus


The 90’s Festival

Sesuai dengan namanya, The 90's Festival merupakan pertunjukan musik yang dimeriahkan oleh musisi yang tenar pada era 1990-an. Lineup musisinya antara lain Mr. Big, The Cardigans, 911, Rick Price, Exists, Padi Reborn, Cokelat, Ahmad Band, hingga Krakatau feat Andre Dinuth x Barry Likumahuwa. Acara ini diselenggarakan di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta pada 12-13 Agustus 2023. 
 

The Sounds Project

The Sounds Project digelar pada 11-13 Agustus 2023 di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara. Tahun ini, lineup yang memeriahkan panggung besar The Sounds Project adalah Kahitna, Rizky Febian, Morfem Band, Raissa Anggiani, Last Child, Bilal Indrajaya, Yura Yunita, Pamungkas, Feel Koplo, Stars and Rabbit, hingga Grrrl Gang. 

Baca juga: 10 Konser K-Pop dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang 2023, Blackpink Peroleh US$148 Juta


September


SMTOWN

SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @JAKARTA with KB Bank (SMTOWN Jakarta 2023) sukses menghibur para pencinta musik K-Pop Indonesia tahun ini. Digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 23 September 2023, konser yang berlangsung empat jam ini menampilkan sejumlah line up ternama, dari TVXQ!, SUPER JUNIOR, Red Velvet, NCT 127, NCT DREAM, WayV, aespa, hingga RIIZE. Konser ini menjadi pelepas rindu karena akhirnya kembali diadakan di Jakarta setelah 11 tahun lalu. 
 

Synchronize Fest

Festival musik tahunan, Synchronize Fest, digelar pada 1-3 September 2023 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta. Tahun ini, Synchronize Fest mengusung tema Bhinneka Tunggal Musik yang mendorong semangat solidaritas di kalangan musisi dan penikmat musik di Indonesia. Lebih semarak dari tahun lalu, festival yang menjadi paling ditungg ini diramaikan oleh 167 musisi lokal lintas genre dan generasi. 
 

Soundrenaline

Soundrenaline tahun ini dihelat selama dua hari yakni pada 2-3 September 2023. Festival musik tahunan tersebut diramaikan oleh sederet artis internasional seperti Thirty Second to Mars, LAUV, dan Kodaline. Adapun, musisi lokal yang hadir di antaranya ialah Adhitia Sofyan, Base Jam, Endah N Rhesa, Maliq & D'Essentials, Rocket Rockers, St Loco, The Overtunes dan The Panturas. 
 

Neckdeep

Neckdeep menggelar konsernya di Indonesia di tiga kota besar berbeda. Konsernya kali ini merupakan bagian dari rangkaian tur Australia dan Asia pada 2023. Grup band pop punk ini mengawali konsernya di Indonesia di Grand City, Surabaya, pada 15 September 2023, di Mahaka Square, Jakarta, pada 16 September 2023, dan pada 17 September 2023 di Lapangan Lotte Mart, Medan. 
 

Pestapora

Menjadi gelaran yang kedua, Pestapora tahun ini digelar selama tiga hari pada 22-24 September 2023 di Gambir Expo dan Hall D2 JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Tahun ini, Pestapora akan diramaikan dengan 187 musisi lokal lintas genre dan generasi mulai dari musisi legendaris, populer, dan pendatang baru. Mulai dari Vina Panduwinata and Her Boys, Inul Daratista, Ayu Ting-Ting, The Changcuters, Yura Yunita, Ungu, The Panturas, hingga Vierratale. 
 

Niki

Nicole Zefanya alias Niki menggelar konser tunggal di Jakarta pada 26-27 September 2023 di Hall D2, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta. Konser ini menjadi bagian tur dunianya ke sejumlah negara di Amerika Serikat, Asia, dan Eropa. Mengambil tajuk Nicole World Tour 2023, konser ini menjadi pembuktian Niki sebagai musisi muda yang tengah merajut impiannya jadi artis global. 
 

One Ok Rock

Indonesia kembali menjadi bagian dari tur Asia One Ok Rock. Digelar di Beach City International Stadium, Jakarta, konser grup musik asal Jepang ini digelar dua hari pada 29-30 September 2023. Rangkaian Luxury Disease Tour telah dimulai di Taiwan pada 16-17 September 2023 sebelum akhirnya ke Indonesia dan melanjutkan konsernya di sejumlah negara lain


Oktober


Rex Orange County

Konser Rex Orange County digelar di Beach City International Stadium Ancol selama dua hari pada 14-15 Oktober 2023. Pertunjukan ini seolah menjadi pengobat rindu setelah jadwal konser sang musisi di Jakarta terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19 pada 2020. 
 

Mahalini

Penyanyi solo Indonesia Mahalini menggelar konser tunggal bertajuk Fabula 2.0 Live in Concert. Sebelumnya, diva muda ini sempat menggebrak panggung Malaysia dengan konser tunggalnya Januari 2023 lalu. Konser Mahalini Fabula 2.0 digelar di Basket Hall GBK, Sabtu 14 Oktober 2023 pukul 19.00 WIB dengan mengusung konsep orchestra.


November


The Legends 9 Adventure From Disney-Pixar

TRUST Orchestra sukses menggelar konser bertajuk The Legends 9: Adventures from Disney-Pixar pada 4 dan 5 November 2023. Konser ini akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Dalam konser ini, TRUST berhasil membawakan lagu-lagu dari soundtrack Disney-Pixar dan membuat para penonton bernostalgia. 
 

Konser Emas 50 Tahun God Bless

Mengambil tajuk Konser God Bless 50 Tahun Konser Emas with Tohpati Orchestra, pertunjukan musik ini digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 10 November 2023. Konser tersebut merupakan momen puncak dari rangkaian perayaan usia emas Grup musik rok Indonesia God Bless. Tak sendiri, sejumlah musisi juga hadir di konser ini, seperti Padu Reborn, Kaka Slank, Kotak Band, hingga Anggun. 
 

BMTH

Bring Me The Horizon (BMTH) rencananya menggelar konser dua hari, pada 10 dan 11 November 2023 di Indonesia. Namun, konser yang digelar di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara tersebut berjalan kurang mulus. Pada hari pertama, konser terpaksa dihentikan karena ada kendala teknis. Hal ini rupanya berbuntut panjang dan membuat konser hari kedua ditiadakan. 
 

Coldplay

Menjadi salah satu konser besar paling ditunggu tahun ini, Coldplay sukses menggelar konser bertajuk Music of the Spheres World Tour di Jakarta. Chris Martin dan kawan-kawan berhasil menghentak Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada 15 November 2023. 
 

Joyland

Joyland Festival digelar di Jakarta selama 3 hari, yakni pada 24-26 November 2023 di GBK Baseball Stadium, Senayan, Jakarta. Sebagai sebuah festival, Joyland menghadirkan musisi dengan ragam genre yang menarik. Selain itu, beberapa musisi mancanegara dari Eropa, Kanada, Australia, Jepang, dan Selandia Baru, dari legendaris hingga kontemporer, akan memeriahkan Joyland Festival Jakarta kali ini.


Desember


Djakarta Warehouse Project

Festival tahunan Djakarta Warehouse Project kembali digelar di Indonesia untuk kali ke-15. Tahun ini DWP XV berlangsung di GWK Cultural Park, Bali, selama 8 Desember-10 Desember 2023. DWP XV 2023 dimeriahkan oleh berbagai musisi internasional. Line up DWP XV di antaranya adalah David Guetta, DJ Snake, FISHER, Dimitri Vegas, Like Mike, Steve Angello B2B Sebastian Ingrosso, Alok, dan Heldens. 
 

Adhitia Sofyan Showcase

Adhitia Soyan merayakan perjalanan 16 tahun bermusiknya dengan menggelar konser bertajuk After All This Time. Pertunjukan musik tunggalnya ini digelar pada Jumat, 15 Desember 2023 di Livehouse M Bloc Space, Jakarta. Dalam konser ini, Adhitia mengajak pendengarnya untuk menapak jejak kisah perjalanan karya-karyanya yang telah dibuat sejak akhir 2007. 
 

Twice World Tour

Grup idola Twice bakal menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS) pada 23 Desember 2023. Mengambil tajuk Twice 5th World Tour Ready to BE, konser ini akan jadi tur dunia ketiga dari grup yang beranggotakan Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu.
 

JKT48

Grup idola JKT48 menggelar konser perayaan ulang tahunnya ke-12 di Surabaya. Konser bertajuk Flowerful ini digelar di Graha Unesa Surabaya pada Minggu, 17 Desember 2023. Untuk diketahui, JKT48 berdiri pada 2011. Sister grup AKB48 ini tampil pertama kali di televisi pada 17 Desember 2011.

Baca juga: Meneropong Geliat Konser Musik 2024 di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Java Jazz Festival Hadir Lagi Tahun Depan, Digelar 24-26 Mei 2024

BERIKUTNYA

Kasus Covid-19 varian JN.1 Terdeteksi di Indonesia, Ini Langkah Kementerian Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: