Aespa, Riize, IVE, dan ZeroBaseOne. (Sumber foto: SM Entertainment, Starship Entertainment, WakeOne)

Diramaikan 41 Penampil, Cek Daftar Lengkap Lineup MBC Music Festival 2023

19 December 2023   |   18:52 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

MBC Music Festival akan kembali digelar untuk menutup tahun 2023. Acara musik tahunan Korea Selatan itu bakal disiarkan langsung pada malam pergantian tahun tepatnya 31 Desember 2023 pukul 18.30 WIB, melalui jaringan televisi Munhwa Broadcasting Corporation (MBC).

Jajaran lineup yang akan memeriahkan MBC Music Festival pun telah dirilis. Sebanyak 41 penampil dipastikan akan hadir dalam malam pergantian tahun yang meriah. Mulai dari Day6, yang keempat anggotanya baru saja menyelesaikan wajib militer. Ada pula ZeroBaseOne dan Riize yang debut pada tahun ini hingga senior dari generasi kedua seperti SHINee dan 2AM.

Baca juga: Cek Lineup Presenter Golden Disc Awards di Jakarta, Ada Lee Jun-ho & Tiffany Young

MBC Music Festival menjadi acara musik yang dinantikan penggemar musik Korea di setiap pengujung tahun, terutama bagi para penggemar K-Pop. Pasalnya, tiap tahunnya, acara ini menampilkan bintang-bintang tenama dari Negeri Gingseng.

Sebelum dikenal sebagai acara penghargaan musik, MBC Music Festival awalnya adalah kompetisi antara sepuluh penyanyi dimana pemenangnya bakal dijuluki sebagai King of Ten Singers atau Raja dari Sepuluh Penyanyi. Acara tersebut pertama kali diadakan pada 1966 dan disiarkan langsung di radio MBC dari Seoul Citizens Hall.

Lalu pada 1970-an, acara tersebut mulai disiarkan langsung di televisi. Kompetisi menyanyi itu rutin digelar oleh MBC hingga awal 2000-an, termasuk memberikan penghargaan. Setiap tahunnya, MBC Music Festival konsisten memberikan penghargaan kepada para pelaku industri musik Korea. Beberapa kategori penghargaan yang diberikan antara lain Penyanyi Populer Terbaik, Lagu Populer Terbaik, Penyanyi Teratas, dan Penyanyi Terbaru. 

Namun, di sepanjang penyelenggaraannya, terjadi perubahan nama acara beberapa kali, mulai dari Festival Musik Korea 87, BB MBC Gayo Daejejeon, hingga Grand Prix Musik Korea MBC. Barulah, sejak 2005, nama acara festival musik itu diganti menjadi MBC Gayo Daejejeon atau MBC Music Festival yang dikenal hingga sekarang. 

Sejak 2005 juga, pemberian penghargaan di ajang MBC Music Festival ditiadakan. Selama hampir dua dekade, acara MBC Music Festival hanya berupa festival musik yang menghadirkan jajaran bintang K-Pop papan atas Korea.

 

Lineup MBC Music Festival 2023 (Sumber gambar: MBC)

Lineup MBC Music Festival 2023 (Sumber gambar: MBC)

 

Pada penyelenggaraannya tahun ini, MBC Music Festival mengusung tema Dream Record, yang akan merayakan akhir tahun 2023 dengan sebuah pesta musik spektakuler. Gelaran MBC Music Festival 2023 akan dipandu oleh tiga pembawa acara yakni Hwang Min-hyun, YoonA Girls' Generation, dan Minho SHINee.

Nama YoonA sebagai pembawa acara MBC Music Festival mungkin sudah tidak mengejutkan lagi. Sebab, penyanyi bernama asli Im Yoon-ah itu telah dipercaya sebagai presenter acara tersebut sejak tahun 2015. Kali ini, dia akan dipasangkan kembali dengan rekan satu lebelnya, Minho SHINee, yang sebelumnya menjadi pembawa acara bersamanya pada 2018.

Tahun ini, mereka akan ditemani oleh Hwang Min-hyun yang pertama kali akan memandu MBC Music Festival. Meski demikian, penyanyi sekaligus aktor berusia 28 tahun itu telah tampil dalam festival musik itu beberapa tahun terakhir sebagai anggota NU'EST dan Wanna One.

Pada gelaran tahun ini, terdapat setidak 41 musisi yang terdiri dari solois, boygroup, dan girlgroup yang akan meramaikan MBC Music Festival. Lantas, siapa sajakah musisi yang akan memeriahkan gelaran MBC Music Festival 2023? Berikut adalah daftar lineup lengkapnya.

Daftar Lineup MBC Music Festival 2023
  1. &TEAM
  2. (G)I-DLE
  3. 2am
  4. aespa
  5. ATBO
  6. ATEEZ
  7. Baekho
  8. BEBE
  9. BOYNEXTDOOR
  10. CRAVITY
  11. DAY6
  12. ENHYPEN
  13. FANTASY BOYS
  14. fromis_9
  15. Hyoyeon
  16. ITZY
  17. IVE
  18. LUCY
  19. NCT 127
  20. NCT DREAM
  21. NCT U
  22. NiziU
  23. NMIXX
  24. RIIZE
  25. SHINee
  26. STAYC
  27. Stray Kids
  28. V1LLION by 1MILLION
  29. ZEROBASEONE
  30. Kwon Eun Bi
  31. Dynamic Duo
  32. THE BOYZ
  33. Young Tak
  34. ONE TOP
  35. Yoon Sang
  36. Lee Young-ji
  37. Lee Juck
  38. Jang Min-ho
  39. JUJU SECRET
  40. Kep1er
  41. Paul Kim

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Melihat Lebih Dekat Proses dan Hasil Restorasi Film Dr Samsi karya Ratna Asmara

BERIKUTNYA

5 Resep Clear Soup untuk Redakan Batuk & Flu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: