Kereta eksekutif dan luxury New Generation (Sumber gambar: KAI)

Kereta New Generation Hadir di KA Argo Dwipangga, Apa Saja Fitur Menariknya?

13 December 2023   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, pengguna KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo Balapan sekarang dapat menikmati kereta eksekutif dan luxury New Generation mulai, Rabu, 13 Desember 2023. PT Kereta Api Indonesia sebagai operator akan mengggunakan kedua jenis kereta itu dirangkaian KA Argo Dwipangga.

Kereta New Generation yang terdapat di rangkaian kereta api tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation pada periode 2023 - 2026 yang didatangkan KAI dari PT INKA (Persero).

Baca juga: Cek Ragam Fasilitas Penyandang Disabilitas di Kereta & Stasiun Kereta Cepat Whoosh


Pintu Otomatis

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa kereta eksekutif dan luxury New Generation memiliki sejumlah keunggulan, yang tidak ada di kereta pada umumnya pada saat ini, seperti pintu masuk kereta dan penghubung antarkereta yang menggunakan pintu elektrik otomatis.

“Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap,” ujarnya.


Fitur PIDS

Selain itu, kereta New Generation ini juga memiliki fitur passenger information display system (PIDS) yang tersedia di setiap kereta, dan dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, serta suhu ruangan. Menurutnya, PIDS yang terpasang dapat membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.


Tingkat Keamanan Tinggi

Jendela kereta eksekutif dan luxury New Generation juga telah mengalami peningkatan dari tempered glass menjadi tempered double glass, sehingga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Selain itu, jenis kaca yang terpasang juga dapat membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar ultraviolet (UV) ke dalam ruangan dan mereduksi kebisingan lebih baik.


Port USB Charger

Kereta itu juga memiliki port USB charger yang lebih banyak di setiap kursi dan samping stop kontak yang tersedia di dinding kereta, guna memenuhi kebutuhan mengisi daya gawai pintar para traveller yang menggunakan kereta api dalam perjalanannya. “Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch mereka tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern,” katanya.


Fasilitas Toilet

Kemudian, khusus pada kereta luxury New Generation, fasilitas toilet juga mengalami penambahan dari 1 menjadi 2. Tidak hanya itu, kereta itu juga memiliki wc yang terpisah untuk wanita dan pria.


Kereta Makan

Kereta makan yang terdapat di rangkaian New Generation juga mendapatkan pembaruan sehingga menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium. Elemen kayu di dalam kereta ini akan terasa mendominasi ketika traveller masuk ke dalamnya. 

Joni menambahkan, pengoperasian kereta eksekutif dan luxury New Generation merupakan bentuk peningkatan layanan kepada para traveller dalam rangka menyambut liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

“Khususnya pelanggan KA Argo Dwipangga. Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap,” ujarnya.

Dia berharap penggunaan kereta New Generation ini dapat membuat transportasi berbasis rel itu lebih menarik bagi para traveller di dalam negeri untuk melakukan perjalanan.

Baca juga: Cek Ketersediaan Kereta Api Buat Libur Natal dan Tahun Baru

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Profil Aktor Amerika Serikat Andre Braugher, Sang Kapten Holt Berpulang

BERIKUTNYA

ITZY Perkenalkan Karakter Boneka Persona Bernama TWINZY

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: