Ilustrasi- Jack Sparrow (Dok. Pexels)

Agar Tak Salah Pilih, Simak 4 Tips Sederhana Memilih Buah yang Segar

13 August 2021   |   09:29 WIB

Ketika membeli buah, apakah GenHype sering merasa bingung menentukan mana buah yang segar dan matang? Jika iya, GenHype tidak perlu khawatir, karena memilih persoalan ini memang cukup tricky. Tidak semua orang mengenali ciri-ciri buah yang sudah matang, karena kadang beberapa buah akan terlihat sama saja.

Namun, tentu ini tidak bisa menjadi alasan untuk kamu mendapatkan buah yang masih mentah atau justru sudah busuk. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali cara yang tepat untuk memilih buah dengan kualitas terbaik. Mengolah dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih buah yang segar dan matang.

1. Pilih buah segar yang berwarna cerah
Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah warna buah. Untuk beberapa buah, warna cerah biasanya memiliki arti kualitas yang baik. Sebaliknya, hindari buah yang warnanya terlalu pucat atau tua, karena itu menandakan bahwa buah belum cukup matang. Adapun, buah yang warnanya terlalu tua menandakan buah sudah mulai busuk.
 

Ilustrasi- Alexander Schimmeck (Dok. Unsplash)

Ilustrasi- Alexander Schimmeck (Dok. Unsplash)

2. Cium aromanya untuk tahu kualitasnya
Buah yang matang dan berkualitas baik biasanya memiliki aroma yang segar dan cenderung manis, sedangkan buah yang belum matang cenderung beraroma sepat atau bahkan tidak memiliki aroma sama sekali. Selain itu, hindari juga buah yang berbau asam dan menyengat karena kemungkinan buah tersebut telah busuk.

3. Cek kulit buah
Untuk mengetahui apakah buah yang kamu beli sudah matang atau belum, kamu juga mengecek dari kulitnya. Buah yang masih segar biasanya memiliki kulit yang bagus atau tidak rusak, sedangkan buah yang tidak segar biasanya ditandai dengan kulit yang mulai keriput, lembek, bahkan rusak.

4. Perhatikan teksturnya
Hal yang tak kalah penting juga adalah dengan melihat dan memperhatikan tekstur buah. Kamu juga bisa mencoba menekan bagian badan buah. Jika buah sudah matang biasanya memiliki tekstur yang empuk tetapi tidak lembek. Selain itu, sebaiknya hindari buah yang tekstur dagingnya masih keras karena biasanya belum bisa langsung dimakan alias masih mentah.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Ini Lho Bocoran Inovasi Terbaru Controller, DualSense dari Sony

BERIKUTNYA

Produser Interstellar dan Parasite Garap Film tentang Dunia K-pop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: