Sunscreen tetap diperlukan saat musim hujan (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Tara Winstead)

5 Alasan Penting Tetap Menggunakan Tabir Surya Walau Musim Hujan

15 December 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia tengah memasuki musim hujan setelah mengalami musim panas yang cukup panjang. Kondisi ini membuat cuaca menjadi lebih lembap, sehingga individu tetap memerlukan sunscreen. Penggunaan tabir surya memiliki banyak manfaat, seperti mencegah kerutan. 

Kondisi yang udara dengan tingkat kelembapan yang tinggi berpotensi memberikan dampak tidak baik terhadap kondisi kulit. Salah satu dampak tersebut adalah kondisi yang kering, sehingga kerutan terhadap kulit menjadi lebih terlihat.

Baca juga: 3 Kandungan yang Wajib Dimiliki Tabir Surya, Biar Hasilnya Maksimal

Tidak hanya itu, sinar matahari juga tercatat dapat tetap menembus awan meskipun kondisinya dalam keadaan mendung, sehingga sinar ultraviolet yang ada di dalamnya dapat tetap menyentuh kulit.

Dengan begitu, kalian sebaiknya terus menggunakan sunscreen atau tabir surya meskipun sedang dalam musim hujan. Berikut sejumlah alasan penggunaan tabir surya menjadi penting saat musim hujan tiba:


1. Mencegah kerutan di wajah

Salah satu manfaat menggunakan tabir surya ketika musim hujan adalah mencegah penuaan dini. Bukan tanpa alasan, musim panas atau hujan tidak dapat menghindari seseorng mengalaminya. Penggunaan sunscreen dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah kemunculan tanda penuaan dini yang bisa muncul lebih cepat akibat paparan sinar ultraviolet.

Alasan lain penggunaan tabir surya saat musim jujan adalah mencegah kulit lebih cepat kering dan keriput. Cuaca lembab berpotensi membuat kuling menjadi lebih cepat dan keriput, terlebih memiliki jenis kulit kering.


2. Penangkal sinar ultraviolet

Penggunaan tabir surya pada musim hujan juga memiliki manfaat untuk menangkal sinar ultraviolet lantaran musim hujan tidak mencegah sinar tersebut. Dampak buruk sinar ultraviolet yang datang bersama dengan sinar matahari masih ada, meskipun cuaca sedang berawan atau hujan.

Saat ini, sinar ultraviolet terbagi ke dalam tiga jenis. Satu di antaranya, yakni sinar UVA, mampu menembus lapisan ozon, awan, dan sela pintu serta jendela lantaran memiliki panjang gelombang sekitar 315-400 nm.


3. Pencegah kanker

Penggunaan tabir surya saat musim hujan memiliki tujuan untuk mencegah Genhype dari potensi kanker kulit. Penyakit ini dapat timbul akibat sinar ultraviolet yang masih dapat menembus awan, sehingga meningkatkan risikonya.

Saat ini, sekitar 90 persen kanker kulit non-melanoma telah dikaitkan dengan paparan sinar UV dari sinar matahari. Dengan begitu, Genhype harus menggunakan sunscreen setiap hari. Kandungan sun protection factor (SPF) yang ada dalam tabir surya dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet.


4. Penangkal radikal bebas

Alasan lain Genhype perlu tetap menggunakan tabir surya saat musim hujan adalah untuk menangkal radikal bebas. Saat ini, sejumlah sunscreen telah memiliki berbagai macam kandungan guna melindungi kulit.

Kandungan itu – salah satunya – adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas terhadap kulit. Radikal bebas adalah  molekul yang mengandung satu atau lebih elektron bersifat sangat reaktif dan dapat menyebabkan kerusakan atau kematian sel. 


5. Agar kulit tetap elastis

Alasan lain individu perlu tetap menggunakan tabir surya meskipun masuk musim hujan adalah agar kulit tetap elastis. Penggunaan sunscreen dapat melindungi kolagen agar tidak pecah dan menjaga elastin tidak rusak. Kolagen dan elastin yang terjaga membuat kulit tetap elastis, sehingga penampilan juga tampak lebih segar dan muda.

Baca juga: Ini Pengertian & Cara Tepat Memilih Angka SPF pada Sunscreen

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Book 4 Series yang Akan Rilis Awal 2024

BERIKUTNYA

Alumni Seni Rupa ITB Gelar Pameran Pop Up Martket, Ada Ragam Patung & Lukisan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: