Andre Braugher. (Sumber gambar: Andre Braugher Official Instagram)

Profil Aktor Amerika Serikat Andre Braugher, Sang Kapten Holt Berpulang

13 December 2023   |   15:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan dunia. Aktor Amerika Serikat Andre Braugher meninggal dunia. Pria yang dikenal berkat perannya sebagai Detektif Frank Pembleton di drama serial polisi Homicide: Life On the Street itu wafat setelah sempat menderita sakit. Sang aktor berpulang pada usia 61 tahun.
 
Di media sosial X, banyak warganet yang merasa kehilangan atas kepergian Andre Braugher. Tak sedikit dari mereka yang begitu terkesan dan terhibur dengan peran ikonik sang aktor sebagai Kapten Raymond Holt dalam serial komedi polisi Brooklyn Nine-Nine, yang tayang pada 2013-2021.

Baca juga: Aktor General Hospital, Tyler Christopher Meninggal Dunia Usia 50 Tahun
 
Sebagai aktor, Andre memang dikenal sering memerankan karakter sebagai petugas polisi, baik untuk proyek sinema komedi ataupun drama. Berkat totalitasnya di dunia seni peran, dia juga telah meraih sejumlah penghargaan sejak 1990-an.
 
Pria pemilik nama asli Andre Keith Braugher itu lahir di Chicago, AS, pada 1 Juli 1962.Usai lulus sekolah menengah di di St. Ignatius College Prep, dia mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Universitas Stanford dan lulus dengan gelar Bachelor of Arts (BA) di bidang teater pada tahun 1984.
 
Ketertarikannya pada dunia seni peran tak main-main. Usai menggondol gelar sarjana seni teater, dia kemudian melanjutkan studinya di Sekolah Juilliard, mengambil jurusan Drama dan lulus pada 1988.
 
Setahun berselang, Andre mendapatkan peran pertamanya dalam film Glory pada 1989 sebagai Thomas Searles, seorang pria kulit hitam bebas dan terpelajar dari Utara yang bergabung dengan resimen kulit hitam pertama di Union Army.
 
Dari film, sang aktor langsung menjajal dunia serial televisi, dengan membintangi Homicide: Life On the Street (1993-1999) sebagai Detektif Frank Pembleton, detektif polisi yang merasa benar sendiri, berapi-api, pantang menyerah, dan berpendidikan Jesuit.
 
Serial itulah yang membuat nama Braugher kian melambung. Berkat perannya itu, dia memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi, di antaranya Asosiasi Kritikus Televisi untuk pencapaian individu dalam drama pada 1997 dan 1998, serta penghargaan Aktor Utama Luar Biasa dalam Drama di NAACP Image Awards tahun 1997 dan 1998.
 
Tak hanya itu, sang aktor juga manyabet Penghargaan Primetime Emmy untuk Aktor Utama Luar Biasa dalam Serial Drama pada 1998, dan menjadi Aktor Terbaik Drama Serial Televisi di ajang Satellite Awards 1997. Braugher meninggalkan serial itu setelah musim keenamnya tetapi kembali untuk film televisi reuni.
 
Kecintaan Braugher pada dunia keaktoran membuatnya terus mengeksplorasi beragam proyek seni peran baik di depan kamera maupun di panggung teater. Dia pernah menjadi pemain utama dalam pertunjukan Henry V sebagai bagian dari serial Shakespeare in the Park di Teater Delacorte di Central Park Kota New York pada 1996. Berkat lakonnya itu, dia menerima Penghargaan Obie.
 
Pada 2002, Braugher menjajal dunia film dokumenter dengan menarasikan siaran PBS pemenang penghargaan Muhammad: Legacy of a Prophet, yang diproduksi oleh Unity Productions Foundation. Sementara pada 2006, dia berperan sebagai Nick Atwater dalam mini-seri Thief for FX Networks, yang membuatnya memenangkan penghargaan Emmy kedua.
 
Nama Braugher kembali mencuri perhatian publik ketika dia berperan sebagai Kapten Raymond Holt dalam serial komedi polisi Brooklyn Nine-Nine, yang tayang pada 2013-2021. Berkat penampilannya di Brooklyn Nine-Nine , dia dinominasikan di Primetime Emmy Awards keempat kaliny, untuk Aktor Pendukung Luar Biasa dalam Serial Komedi.
 
Sampai akhir hayatnya, sang aktor terus produktif dalam membintangi sejumlah film dan drama serial. Beberapa judul yang baru dibintanginya antara lain, She Said (2022), American Experience (2022), dan The Good Fight (2022). Adapun, proyek terakhir yang dilakoninya yakni serial The Residence.
 
Meski demikian, Brugher adalah sosok yang sangat mengutamakan keluarganya. Baginya, keluarganya lebih penting daripada sekadar mengejar peran utama yang besar.
 
"Ini merupakan karier yang menarik, tapi saya pikir ini bisa saja lebih besar. Saya pikir ini bisa mencakup lebih banyak disiplin ilmu, penyutradaraan, produksi, dan berbagai hal lainnya. Tapi itu akan mengorbankan nyawaku sendiri," katanya dikutip dari Variety.

Baca juga: Matthew Perry Bintang Serial Friends Meninggal Dunia, Simak Kronologinya

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Menikmati Sensasi Empuk Daging Sapi Australia di Salt & Sizzle Steakhouse

BERIKUTNYA

Kereta New Generation Hadir di KA Argo Dwipangga, Apa Saja Fitur Menariknya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: