Film Past Lives (Sumber foto: A24)

6 Fakta Film Past Lives yang Borong 5 Nominasi di Golden Globe 2024

13 December 2023   |   10:38 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Film Past Lives mencuri perhatian karena berhasil memborong lima nominasi sekaligus di ajang Golden Globe Awards ke-81. Tayangan bergenre romantis tersebut pertama kali rilis komersial 12 Juni 2023 di Amerika Serikat, dan tayang pada 15 November 2023 di bioskop Indonesia. 

Disutradarai oleh Celine Song, Past Lives menjadi karya debut film layar lebar wanita berkewarganegaraan Korea Selatan-Kanada tersebut. Film ini didistribusikan oleh Rumah produksi A24 yang dikenal lewat film-film uniknya seperti Hereditary.

Film tersebut diperankan oleh aktor Korea-Amerika Serikat seperti Yoo Teo, Greta Lee, John Marago, Choi Won-young, Yoon Ji-hye, Isaac Cole Powell dan lainnya. 

Baca juga: Sinopsis Film Past Lives, Kisah Cinta Lama Bersemi Kembali yang Menghanyutkan

Cerita di film Past Lives mengisahkan tentang Nora yang harus pindah dari Korea Selatan ke Kanada saat masih muda. Nora yang sudah dewasa menjadi penulis dan menikah dengan suaminya, Arthur, mereka berdua menetap di New York City, Amerika Serikat.

Suatu hari Nora dipertemukan kembali dengan Hae Sung, cinta pertamanya di Korea Selatan. Pertemuan tersebut membuatnya merenung, kira-kira apa yang akan terjadi dengannya dan Hee Sung apabila dulu dia tidak ikut pindah ke Kanada bersama keluarganya. Nah Genhype, yuk simak fakta menarik film Past Lives berikut ini.
 

1. Berdasarkan pengalaman pribadi sutradara

Celine Song lahir di Korea Selatan lalu pindah ke Kanada bersama keluarganya saat masih kecil. Dia menetap di Amerika Serikat untuk menjadi seorang penulis dan sutradara. Bisa dibilang Past Lives merupakan karya autobiografi, dengan filmnya yang memperlihatkan Celine saat menghadapi tantangan dan dilema dalam hidupnya.

Mengutip dari Vanity Fair, disebutkan bahwa Celine Song pindah ke New York dari Ontario untuk kuliah di Universitas Columbia. Di sana dia memperoleh gelar MFA dalam penulisan drama pada 2014. Ibunya adalah seorang ilustrator dan desainer grafis, sementara ayahnya merupakan seorang pembuat film. 
 

2. Menggandeng aktor Korea Selatan-Amerika Serikat

Celine Song menggandeng aktor dan aktris berbakat Korea Selatan dan Amerika Serikat. Tokoh utamanya, Nora diperankan oleh Greta Jiehan Lee yang lahir dan tumbuh besar di Amerika Serikat. Cinta pertama Nora, yakni Hae Sung diperankan oleh Teo Yoo, aktor Korea Selatan yang lahir di Jerman.

Sementara suami Nora, Arthur diperankan oleh John Magaro, aktor asal Negeri Paman Sam. Sedangkan, pemeran ayah Nora adalah Choi Won-young, aktor asal Negeri Ginseng.
 

3. Disajikan dalam dua bahasa

Past Lives menyajikan dialog para karakternya dalam dua bahasa, yakni Inggris dan Korsel. Ini menunjukkan fungsi lain bahasa yang selain sebagai sarana komunikasi, juga merupakan simbol identitas yang bisa menciptakan pembatas besar. 

Na Young mengubah namanya menjadi Nora Moon saat pindah ke Kanada. Interaksi sosialnya dengan sebagian besar orang menggunakan bahasa Inggris. Namun, saat mengobrol dengan keluarganya dan Hae Sung dia menggunakan bahasa Korea. 

Film ini juga menampilkan adegan ketika Nora harus menerjemahkan percakapan antara Hae Sung dan suaminya yang berbicara dalam bahasa Inggris. Ada suatu adegan ketika suaminya, Arthur hanya diam memperhatikan Nora dan Hae Sung yang asyik mengobrol.
 

4. Anggaran produksi yang rendah

Siapa sangka ternyata Past Lives dibuat dengan anggaran yang relatif rendah, yaitu sekitar US$12 juta. Film ini mengambil lokasi syuting di Seoul, New York, Toronto, dan Montauk untuk memberikan nuansa yang realistis dan otentik. 

Past Lives menghindari penggunaan musik latar yang berlebihan, sebaliknya tim produksi justru lebih menonjolkan suara di keseharian orang-orang seperti suara kereta, mobil, atau ombak.

Film ini juga lebih banyak menangkap suasana hati dan emosi karakter dengan cara yang sederhana tapi mendalam. Selain itu, penggunaan teknik sinematografi yang minimalis dan natural, seperti penggunaan cahaya alami, kamera bergerak, dan shot yang panjang mampu menciptakan visual yang cantik.


5. Tayang di festival film internasional

Sebelum perilisan komersialnya, Past Lives secara perdana ditayangkan di Festival Film Sundance pada Januari 2023. Film ini langsung mendapat sambutan positif dari para kritikus film.

Film Past Lives juga pernah diputar di beberapa festival film internasional lainnya seperti Festival Film Berlin, Festival Film Tribeca, dan Festival Film Cannes. Sejumlah penghargaan dan nominasi yang diterima film ini antara lain Grand Jury Prize di Sundance, Golden Bear di Berlin, dan Palme d’Or di Cannes.


6. Dinominasikan di Golden Globe Awards 2024

Past Lives meraih lima nominasi di Golden Globe Awards 2024, ajang penghargaan bergengsi untuk film dan program televisi Amerika Serikat yang diselenggarakan setiap tahun. Film tersebut dinominasikan untuk Best Motion Picture - Drama, Best Director, Best Foreign Language Film, Best Actress in Motion Picture - Drama (Greta Lee), dan Best Screenplay.

Karya Celine Song tersebut akan bersaing dengan sejumlah film populer Hollywood seperti Barbie (9 nominasi), Oppenheimer (8 nominasi), Killers of the Flower Moon (7 nominasi), dan Poor Things (5 nominasi). 

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Golden Globe Awards 2024, Film Barbie & Oppenheimer Mendominasi
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daesung BigBang Comeback Solo dengan Lagu Flow 18 Desember 2023

BERIKUTNYA

Menyimpan Ribuan Tahun Sejarah Nusantara, Simak Khazanah Jamu Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: