Ilustrasi obrolan WhatsApp (dok: Unsplash/Christian Wiediger)

Fitur Transfer Obrolan WhatsApp dari iOS ke Android Diperkenalkan, Baru Terbatas untuk Ponsel Samsung

12 August 2021   |   10:36 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kehadiran fitur transfer riwayat obrolan WhatsApp dari platform iOS ke Android atau sebaliknya akhirnya menjadi kenyataan. Setelah ditunggu berbulan-bulan sejak kabar ujicoba fitur tersebut muncul untuk pertama kalinya di situs dan akun media sosial WABetaInfo.

Fitur ini boleh dikatakan menjadi fitur yang dinanti-nanti kehadirannya oleh banyak pengguna WhatsApp. Karena tak sedikit pengguna platform pesan instan itu yang memutuskan untuk menggunakan ponsel baru bersama dengan ponsel lamanya agar tak kehilangan riwayat obrolan mereka.

Dalam acara peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 yang berlangsung pada Rabu (11/8/2021) waktu Amerika Serikat, fitur tersebut dalam beberapa pekan ke depan akan hadir untuk pengguna dua ponsel flagship teranyar itu, serta ponsel lainnya yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi. Riwayat obrolan yang dapat ditransfer termasuk semua catatan suara, foto, dan percakapan.

 

Samsung Galaxy Flip3 5G (Dok Samsung)

Samsung Galaxy Flip3 5G (Dok Samsung)


Walaupun demikian, kalian yang menggunakan ponsel selain Samsung tak usah bersedih. Kalian hanya perlu bersabar sedikit karena fitur ini akan hadir di seluruh perangkat Android meskipun tidak jelas peluncurannya akan dilakukan.

Sama seperti informasi yang disampaikan di situs maupun media sosial WABetaInfo beberapa pekan lalu, transfer riwayat obrolan antar perangkat berbeda platform itu dilakukan menggunakan kabel fisik dengan konektor lightning dan USB-C, alih-alih melalui sambungan internet.

Namun, fitur ini juga masih belum sempurna atau belum sepenuhnya mampu memenuhi keinginan para pengguna di dua platform berbeda itu. Apabila pengguna pernah mentransfer antara iOS dan Android pada masa lalu dan memiliki dua cadangan cloud terpisah, maka fitur transfer baru tidak akan menggabungkannya menjadi satu riwayat obrolan.

Sebaliknya, WhatsApp menginformasikan bahwa jika penggguna menggunakannya untuk memigrasikan riwayat obrolan dan kemudian mencadangkannya, itu akan menimpa cadangan yang ada.

Riwayat percakapan WhatsApp pada ponsel Android dan iPhone selama ini tidak bisa dipindahkan satu sama lain karena perbedaan peladen (server) penyimpanan. iPhone menyimpan riwayat percakapan di iCloud sedangkan Android di Google Drive.

Selama ini, pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti dr.Fone dan Mobile-Trans untuk memindahkan riwayat percakapan dari ponsel dengan sistem operasi berbeda. Selain berbayar, cara tersebut juga boleh dikatakan tidak mudah dan punya potensi kegagalan besar.

Cara tersebut juga sebenarnya menyalahi aturan penggunaan WhatsApp yang melarang penggunanya memindahkan riwayat percakapan menggunakan aplikasi pihak ketiga.



Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Usai Ganti Logo, Pebisnis Kuliner Ini Alami Kenaikan Omzet Hingga 50%

BERIKUTNYA

Optimalkan Platform Digital, Kunci Sukses Pelaku Usaha Bertahan di Tengah Perubahan Zaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: