Woodz. (Sumber gambar: Woodz Official X)

WOODZ Umumkan Mulai Wajib Militer pada 22 Januari 2024

11 December 2023   |   17:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Solois Korea Selatan Woodz baru saja mengumumkan akan menjalani wajib militer (wamil). Melalui pernyataan pribadi yang disebarkan kepada para Moodz—sebutan penggemar Woodz—, penyanyi pemilik nama asli Cho Seung-youn itu menginformasikan bakal mulai menjalani wamil pada 22 Januari 2024.  

"Pendaftararan wajib militerku yang selalu terasa begitu jauh, kini telah tiba, dan rasanya aku sudah memikirkan tentang wajib militerku sejak tahun lalu. Saya telah dipanggil oleh negara saya dan akan menjalani wajib militer mulai 22 januari 2024," tulis Woodz.

Baca juga: RM, Jimin, V, dan Jungkook BTS Kompak Daftar Wajib Militer Bersama dan Comeback 2025

Mantan personel boy group X1 dan UNIQ itu juga menyampaikan bahwa dia akan merasa lebih jauh dengan para penggemarnya selama menjalani wamil. Meski demikian, sang musisi memastikan bahwa dia akan melakukan yang terbaik dalam menuntaskan kewajibannya itu, sebelum akhirnya dia kembali beraktivitas lagi.

Dalam pernyataannya itu pula, Woodz mengungkapkan kesannya selama hampir satu dekade berkarier di industri musik Korea Selatan dan bekerja sebagai penyanyi. Baginya, sepanjang tahun itu dipenuhi kenangan yang sangat berharga dan membahagiakan lantaran kehadiran Moodz.

Penyanyi berusia 27 tahun itu juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para Moodz yang senantiasa memberikan banyak kekuatan dan cinta kepadanya. "Jadi saya merasa sangat bersyukur. Saya akan kembali dengan lebih sehat, jadi tetaplah bahagia dan sehat tanpa sakit, dimanapun kalian berada," tulisnya.
 



Kabar rencana wamil Woodz muncul empat hari setelah dia mengumumkan akan merilis album single anyar bertajuk Amnesia pada 18 Desember 2023. Album single itu akan berisi dua lagu yakni Amnesia dan Behind. Sebelumnya, album single tersebut dipromosikan oleh sang penyanyi selama tur konser dunianya, 2023 Woodz World Tour OO-LI and.

Ya, Woodz diketahui memang baru saja merampungkan rangkaian tur konser dunianya. Tercatat ada 11 kota dari berbagai negara yang disambanginya seperti Malaysia, Filipina, Jepang, Thailand, Meksiko, Chili, Peru, Brasil, termasuk Indonesia. Konser tersebut dibuka di Seoul, Korea Selatan pada 20-21 Mei 2023 dan berakhir di Sao Paulo, Brasil pada 18 Juli 2023.

Seperti tajuknya, tur itu merupakan rangkaian promosi album mini kelima Woodz, Oo-Li, yang dirilis pada 26 April 2023. Album itu terdiri dari 7 single, dimana nomor Journey didapuk sebagai lagu utamanya. Sementara enam trek lainnya yakni Deep Deep Sleep, Drowning, Busted, Who Knows, Ready to Fight, dan Abyss. Di Korea, album itu terjual sebanyak 82.078 kopi.
 

Profil Woodz

Woodz dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, rapper, sekaligus produser rekaman asal Korea Selatan. Pria kelahiran 5 Agustus 1996 itu dikenal sebagai rapper dan vokalis di boygroup Korea-China Uniq, yang dibentuk oleh Yuehua Entertainment pada 2014. Dia menjadi personel grup itu setelah mengikuti audisi lebih dari 50 kali di berbagai perusahaan hiburan, termasuk SM Entertainment dan JYP Entertainment.

Woodz debut dengan Uniq pertama kali pada 16 Oktober 2014 dengan single Falling in Love, dan tampil di program musik M Countdown. Setahun kemudian, mereka merilis album debut EOEO yang direkam dalam bahasa Mandarin dan Korea. Sebagai rapper utama dan sub-vokalis grup, Woodz juga terlibat dalam menggarap musik dan lirik lagu-lagu grup itu. 

Namun, pada 2016, Woodz mulai berkarier solo yang diawali dengan keikutsertaannya di acara kompetisi rap Show Me the Money 5. Selesai dari ajang itu, dia mulai banyak berkolaborasi memproduseri lagu dengan sejumlah musisi seperti rapper Flowsik, penyanyi Im Hyun-sik BtoB, dan Sophia Pae. Tapi, dia baru benar-benar resmi berkarier solo dengan nama panggung Woodz pada Mei 2018 dengan merilis single Pool diikuti oleh Different

Meski telah berkarier solo, pada 2019, Woodz memulai debutnya dengan boygroup X1 setelah mengikuti audisi di program Produce X 101. Sayang, usia grup ini tidak berlangsung lama. Karena kontroversi manipulasi suara yang melibatkan beberapa franchise Mnet termasuk Produce X 101, grup ini dibubarkan pada 6 Januari 2020.

Akhirnya, Woodz kini lebih fokus untuk berkarier solo. Pada 19 Oktober 2022, dia mengakhiri kontraknya dengan Yuehua Entertainment dan resmi bergabung dengan EDAM Entertainment. Single Abyss yang dirilis pada Februari 2023 menandai babak baru perjalanan bermusiknya dengan agensi yang baru.

Sebagai solois, Woodz dikenal berbakat dalam menulis dan memproduseri sebagian besar karya-karya musiknya. Dia juga dikenal kerap bereksplorasi dalam menciptakan musik dengan ragam genre, mulai dari hip hop, pop, elektronik, hingga R&B alternatif. Sepanjang karier solonya, Woodz telah merilis beberapa album antara lain Equal (2020), Woops! (2020), Colorful Trauma (2022), dan yang terbaru, Oo-Li (2023).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Bumilangit Cinematic Universe Rilis Trailer Serial Tira, Tayang 16 Desember 2023

BERIKUTNYA

Potensi Bisnis Peternakan Kian Menjanjikan, Bisa Jadi Pilihan Usaha Anak Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: