Mi aceh menjadi salah satu kuliner yang wajib dinikmati ketika ke Aceh (Sumber gambar: Kemenparekraf)

8 Hidangan Mi Khas Indonesia yang Wajib Genhype Coba

10 December 2023   |   14:48 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mi adalah salah satu makanan yang begitu akrab dengan lidah orang Indonesia. Meskipun bukan asli dari dalam negeri, hidangan yang satu ini sudah begitu melekat dengan masyarakat nusantara. Berbagai olahan pun tersaji dengan rasa yang dapat menggugah selera.

Mi menjadi salah satu makanan yang kerap menjadi santapan masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi. Bentuknya yang panjang dengan bulat atau pipih membuatnya begitu khas ketika meluncur masuk ke dalam mulut.

Baca juga: Jakarta Jadi Surga Sekaligus Dapur Penciptaan Ragam Kuliner Baru

Penggemar kuliner khas Nusantara dapat menemukan berbagai macam olahan mi di berbagai daerah di Indonesia. Setiap sajian memiliki keunikan dan rasa yang begitu menggoda saat disantap.

Rasa yang nikmat itu tercipta dari bumbu-bumbu rempah khas yang selalu hadir dalam banyak menu masakan Indonesia. Keberadaan makanan mi yang telah menjadi hidangan khas daerah di dalam negeri juga kerap menjadi destinasi wisata kuliner bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut hidangan mi khas Indonesia yang jadi menu andalan:


1. Mi Aceh

 

Mi Aceh (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Mi Aceh (Sumber gambar: Kemenparekraf)


Hidangan mi pertama yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype  adalah Mi Aceh. Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal dengan rasanya yang nikmat dan kaya rempah. Mi Aceh tersaji dalam beberapa varian yang bisa menjadi pilihan pencinta kuliner, yakni Mi Aceh goreng, tumis, dan nyemek.

Selain memiliki rasa yang kerap pedas, bahan campurannya seperti cumi, udang, daging sapi, dan kepiting yang berpadu dengan rempah-rempah juga membuatnya begitu nikmat. Saat menyantap Mi Aceh, bawang goreng, emping, jeruk nipis, acar, dan kacang goreng yang juga menjadi bagian dari mi ini memberikan sensasi yang berbeda.


2. Mi Cakalang

Saat berkunjung ke Manado, berbagai macam olahan dari ikan cakalang dapat ditemui oleh para wisatawan dari dalam dan luar negeri yang akan menggoda selera – termasuk mi cakalang. Hidangan yang satu ini berasal dari mi kuning dengan topping cakalang asap atau cakalang fufu yang menjadi khas Manado. Rasa mi cakalang kian nikmat ketika mendapatkan tambahan sambal roa, bakasang, atau merah yang berpadu dengan kuahnya berbahan dasar merica dan bawang putih.


3. Mi Celor

 

Mi Celor (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Mi Celor (Sumber gambar: Kemenparekraf)


Mi celor menjadi salah satu hidangan yang juga tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Palembang, Sumatra Selatan. Kekuatan dan kenikmatan mi yang satu ini berada di kuahnya yang memiliki rasa khas kaldu seafood.

Kuah mi celor terbuat dari campuran kaldu udang, santan, telur, dan tepung terigu, sehingga teksturnya kental dan memunyai rasa yang gurih. Saat menyantap, potongan telur rebus, udang, dan bawang goreng menjadikannya begitu sempurna untuk dinikmati.


4. Mi Kocok

 

Mi Kocok (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Mi Kocok (Sumber gambar: Kemenparekraf)


Makanan mi lainnya yang harus masuk dalam daftar berasal dari Paris Van Java alias Bandung. Di kota yang terkenal dengan beragam kulinernya itu memiliki hidangan mi kocok yang tidak boleh dilewatkan oleh para pencinta makanan.

Mi kocok dengan rasa gurih dan sedap dibuat dengan cara dikocok ketika direbus. Potongan kikil sapi, bakso, tauge, bawang goreng, dan seledri yang disiram dengan kuah bening dari saldu sapi membuat makanan ini begitu hangat dan nikmat.


5. Mi Lethek

Berbicara tentang Srandakan, Bantul, Daeah Istimewa Yogyakarta, nama olahan mi lethek akan langsung teringat. Bukan tanpa alasan, makanan yang satu sudah begitu terkenal dan wajib menjadi santapan para wisatawan.

Mi lethek terbuat dari bahan dasar tepung gaplek atau singkong kering yang dihaluskan. Tidak hanya itu, pembuatannya juga masih sangat tradisional. Penamaan hidangan yang satu ini berdasarkan warna mi yang terlihat kusam lantaran tidak menggunakan pengawet atau pewarna.

Saat meluncur ke dalam mulut, mi ini memiliki tekstur yang cenderung mirip dengan bihun. Para pencinta kuliner dapat menikmati mi lethek goreng atau kuah. Kuah kaldu ayam, telur, suwiran ayam, potongan kol, dan tomat yang segar menjadikan rasanya begitu lezat.


6. Mi Ongklok

Dieng, Wonosobo, menjadi salah satu destinasi liburan para wisatawan asing dan dalam negeri. Selain memiliki pemandangan alam yang indah dan suasananya yang begitu asri, hidangan yang terdapat di daerah ini juga menjadi salah satu alasannya.

Di antara kuliner di Dieng, mi ongklok adalah salah satu di antaranya. Kuliner yang satu ini memiliki beragam keunikan selain rasanya yang lezat. Dari nama, penamaan ongklok ternyata diambil dari alat penyaring yang terbuat dari keranjang anyaman bambu.

Selain itu, kuahnya kaldu yang berwarna cokeklat kental juga dapat menjadi salah satu keunikannya lantaran berasal dari campuran tepug kanji, ketumbar, lengkuas, ebi, garam, dan gula jawa. Rasa manis dan gurih yang berpadu membuat mi dengan sate daging sapi itu wajib masuk dalam daftar.


7. Mi Titi

Mi titi menjadi olahan mi lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan ketika hendak berwisata kuliner di Makassar. Mi yang satu ini berbentuk seperti sarang burung lantaran mi kuning digoreng terlebih dahulu sebelum disiram kuah kaldu yang kental dan gurih.

Saat disajikan di atas meja, mi mendapatkan tambahan topping potongan ayam, sayuran hijau, dan bakso goreng. Kuah kental dan gurih, mi yang digoreng, dan berbagai macam topping akan membuatnya menjadi begitu lezat.


8. Mi Tarempa

Di Kepulauan Riau, olahan mi yang terkenal dan wajib masuk dalam daftar para pencinta kuliner adalah mi tarempa. Mi yang kerap menajdi buruan para wisatawan ini memiliki sajian yang mirip dengan Mi Aceh. Perbedaan keduanya adalah jenis mi yang digunakan. Mi tarempa berbahan dasar kwetiau yang digoreng dengan bumbu rempah. Suwiran ikan tongkol, tauge, dan telur merupakan taburan yang dapat dijumpai wisatawan ketika mi sudah matang dimasak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hypereport: Tren Musik 2024 Bakal Diramaikan Pendatang Baru Hingga Crossover Genre

BERIKUTNYA

10 Kota Tua Destinasi Wisata di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: