Ilustrasi sneakers putih. (Sumber foto: Pexels/Pixabay)

6 Tips Merawat dan Membersihkan Sepatu Putih saat Musim Hujan

10 December 2023   |   11:04 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sepatu putih selalu menjadi item fesyen yang tak pernah ketinggalan zaman. Baik pria, wanita, anak-anak sampai orang dewasa suka memakainya. Alasannya karena sepatu putih mudah dipadu-padankan dengan berbagai model dan warna pakaian. Baik kemeja dan jeans casual maupun setelan jas formal untuk ke kantor. 

Namun, saat musim hujan tiba kamu pasti ragu untuk mengenakan sepatu putih ke luar rumah. Percikan air hujan, genangan air di jalan, lumpur, dan kotoran lainnya bisa membuatnya kotor dan sulit dibersihkan. 

Baca juga: Cara Merawat Sepatu Boots Agar Tetap Awet

Sayangnya sepatu putih juga bisa menguning kalau hanya disimpan saja di rumah dan tidak digunakan dalam waktu lama. Nah Genhype, mengutip dari Sports Central, berikut adalah panduan bagaimana membersihkan dan merawat sepatu putih saat musim hujan.
 

1. Dibersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Deterjen biasa mengandung bahan kimia keras dan abrasif yang dapat merusak bahan lembut sepatu. Ssebaiknya gunakanlah sabun pencuci piring yang bisa membersihkan secara efektif. Pertama-tama hilangkan lumpur pada bagian atas sepatu dengan mengelapnya terlebih dahulu. Tambahkan satu sendok sabun cuci piring ke dalam dua cangkir air panas lalu aduk hingga larut.

Gosok sepatu putih secara menyeluruh menggunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam larutan pembersih. Jangan membilas sepatu dengan cara merendamnya. Kamu hanys perlu mengusapkan tisu basah atau handuk pada sepatu untuk membersihkan sisa busa sabun. 
 

2. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi bisa membantu membersihkan noda pada sepatu putih. Namun, pilihlah yang berwarna putih bukan yang berwarna dan berbentuk gel. Oleskan pasta gigi secukupnya pada sepatu putih berbahan kanvas dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, setelah itu gosok perlahan dengan sikat gigi bekas. Oleskan juga pada bagian kulit atau karet putih sepatu lalu diamkan selama empat jam dan bilas dengan air hangat.

Namun ingat, jangan merendam sepatu untuk membilasnya. Air dapat merusak perekat yang digunakan pada sepatu, sehingga menyebabkan solnya meregangnatau menyusut. Ini akan mengubah bentuk sepatu.
 

3. Oleskan Baking soda

Baking soda atau soda kue dapat membantu menghilangkan noda pada sepatu putih. Caranya campurkan tiga sendok air hangat dan satu sendok soda kue dalam wadah. Aduk sampai menjadi pasta kenal. Oleskan soda kue dan gosok dengan sikat gigi basah pada permukaan sepatu. Setelah bersih hapus campuran soda kue dan bilas dengan air sedikit-sedikit.

Perlu diingat jangan menggosok sepatu terlalu keras dengan sikat gigi karena dapat menggores permukaannya sehingga meninggalkan bekas yang terlihat jelas. Gosok perlahan dengan gerakan melingkar yang lembut, fokus pada area yang bernoda, dengan demikian kamu bisa menghindari kerusakan yang tidak perlu.
 

4. Pakai Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian bisa menjadi alternatif lainnya yang bisa di coba untuk membersihkan sepatu putih. Namun, saat menggunakannya kamu harus memakai sarung tangan atau sikat. Jangan biarkan pemutih bersentuhan langsung dengan kulit karena kandungan bahan berbahayanya bisa mengiritasi.

Namun, pemutih pakaian bersifat korosif sehingga tidak terlalu baik jika sering digunakan. Gunakanlah pada sepatu putih yang jarang dipakai dan mulai menguning. Sepatu putih yang berubah warna juga biasanya disebabkan karena menjemur di bawah sinar matahari langsung. Sebaiknya keringkan dalam ruangan saja.
 

5. Tepung Maizena untuk Sepatu Berbahan Suede

Apabila kamu memiliki sepatu berbahan suede cobalah gunakan tepung maizena untuk membersihkan nodanya. Caranya taburkan maizena pada bagian yang kotor untuk menyerap minyak. Tunggu selama 30 menit sampai satu jam atau mungkin semalaman sampai nodanya hilang. Bersihkan sisa-sisa tepung maizena sampai hilang. Apabila masih belum bersih, kamu bisa mengulangi langkah ini.
 

6. Pakai Cuka untuk Noda Bandel

Untuk sepatu yang terkena kotoran yang cukup sulit dibersihkan seperti lumpur, kamu bisa menggunakan cuka untuk membersihkannya. Caranya basahi handuk dengan cuka, lalu gosok pada bagian sepatu yang terkena kotoran. Cara ini dipercaya cukup ampuh membersihkan kotoran yang menempel tanpa merusak tekstur bahan sepatunya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Pastry Viral Cromboloni, Perpaduan Croissant dan Bomboloni yang Lezat

BERIKUTNYA

Menyaksikan Pendar Cahaya di Tangan Laila Azra dalam Pameran Soca

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: