Warna dan material adalah kunci utama memilih lemari pakaian (Sumber foto: Unsplash/backbone-visuals)

6 Cara Jitu Memilih Lemari Pakaian Sesuai dengan Ruang & Karakter

08 December 2023   |   18:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Walau cuma tempat menyimpan baju dan aksesori, memilih lemari pakaian (wardrobe) untuk di rumah tidak bisa sembarangan. Salah pilih, bisa-bisa rumah kalian tambah sempit, atau bisa pula tidak cocok sedap dipandang mata. Sebaliknya, bila kalian cermat dalam memilih lemari pakaian, maka rumah kalian akan semakin berkarakter, dan cantik.

Lemari pakaian merupakan furnitur wajib di rumah. Bayangkan, ketika kalian tidak memiliki furnitur ini, sudah dipastikan akan berantakan. Selain fungsi dasarnya sebagai penyimpanan, lemari pakaian juga punya peran lain, yaitu sebagai elemen dekorasi. Beberapa lemari didesain sesuai dengan konsep interior, seperti minimalis, klasik, dan skandinavia.

Baca juga: 4 Item Fesyen Timeless Wajib Ada di Lemari

Agar kalian tidak bingung, Hypeabis.id telah menghimpun panduan sederhana dalam memilih lemari pakaian. Cocok bagi kalian yang baru punya rumah, atau hendak menata isi rumah. Dikutip dari Bisnis Indonesia Weekend, simak informasi selengkapnya di bawah ini: 

1. Penentuan Warna & Model

Menurut desainer interior Ary Juwono, perpaduan warna, ukuran, dan material pada lemari pakaian adalah kunci utama. Lemari dengan warna dasar seperti hitam, putih, dan krem, atau warna-warna netral, bisa menjadi pilihan sempurna untuk menyesuaikan interior kamar. Namun, jangan abaikan bagian dalam lemari. Disarankan untuk memilih warna terang seperti putih dan krem.

Warna-warna tersebut akan memudahkan kalian menemukan busana yang ingin dikenakan. Jika Genhype mencintai gaya modern, lemari pakaian tanpa banyak ornamen bisa jadi pilihan utama. Meski demikian, Ary memberikan fleksibilitas bagi pemilik rumah untuk memilih lemari dengan ornamen sebagai opsi terakhir.


2. Ukuran Lemari

Soal ukuran, Ary menyarankan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna, idealnya hanya memakan 1/5 dari luas ruangan. Penting juga, kalian untuk mempertimbangkan pintu lemari yang bisa mengubah kebutuhan luas ruang tersebut. Pintu lemari pakaian geser tentu akan menghemat ruang, dibanding model konvensional. 


3. Material

Kayu jati masih dianggap yang terbaik karena kekuatannya yang tahan lama. Meskipun di pasaran banyak tersedia lemari dari bahan plastik atau kayu olahan, akan tetapi kayu solid lebih mudah beradaptasi dengan berbagai gaya interior. Namun, lemari baju dengan kayu olahan cenderung lebih murah, dibandingkan dengan kayu solid. 

4. Posisi Lemari
Pemilihan tempat penempatan lemari juga penting. Untuk kamar tidur yang luas, sebaiknya lemari ditempatkan di belakang kepala tempat tidur agar tidak mengganggu pandangan. Sementara untuk ruangan yang terbatas, letakkan lemari sejajar dengan tempat tidur untuk memberi kesan luas pada pandangan. Selain itu, kalian juga disarankan agar cermin di lemari pakaian tidak sejajar dengan kepala saat tidur. Ini bisa menghindari penghuni dari efek kaget saat melihat refleksi wajahnya di pagi hari.


5. Perawatan Lemari

Yang tak kalah penting adalah perawatan lemari pakaian. Jaga kelembapan bagian luar dan dalam lemari dengan memberikan sirkulasi udara yang baik. Menggunakan lampu di dalam lemari dengan bijak juga bisa membantu menjaga kelembaban serta menjadikan tampilan lemari lebih terang dan menyenangkan.


6. Kepraktisan & Keselamatan

Di sisi lain, dikutip dari ufurnish.com, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pembelian lemari pakaian sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruangan. Pertama, pengiriman. Pastikan kalian menghitung biaya pengiriman termasuk pengantaran lemari ke lokasi akhi. Cek juga apakah lemari dapat dengan mudah melewati lorong, tangga, dan pintu menuju ruangan tujuan.

Kedua, pemasangan. Lemari pakaian biasanya berat dan besar, sehingga mungkin memerlukan bantuan dan kesabaran dalam proses pemasangan. Produk yang sudah dirakit sebelumnya bisa menghemat waktu, tetapi biasanya lebih mahal dan sulit untuk dipindahkan ke tempatnya.

Ketiga, keselamatan. Jika memiliki anak kecil yang mungkin menggunakan lemari sebagai alat untuk memanjat, pastikan lemari dapat dipasang secara aman pada dinding atau lantai agar tidak terjatuh.

Baca juga: Mengenal Lemari PAX, Keunggulan dan Cara Memilihnya

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tren Teknologi Global 2024, Adposi Cloud hingga Kolabs AI dengan Manusia Bakal Gencar

BERIKUTNYA

Eksklusif Profil Desainer Interior Kezia Karin: Berkarya Tanpa Batas di Dunia Tata Ruang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: