Ilustrasi fesyen timeless (Sumber gambar: Juan Mendez/Pexels)

4 Item Fesyen Timeless Wajib Ada di Lemari

08 August 2023   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pergantian tren fesyen yang dinamis dan sangat cepat rentan membuat orang untuk terus membeli pakaian. Tak jarang, seseorang membeli pakaian hanya karena ingin mengikuti tren dan tidak digunakan untuk jangka panjang. Alhasil, pakaian itupun tidak terpakai dan hanya menumpuk di lemari.

Padahal, perilaku semacam ini turut berkontribusi dalam meningkatkan limbah tekstil. Semakin banyak orang yang gemar membeli pakaian baru, semakin besar pula produksi yang dilakukan industri sehingga makin banyak pula limbah yang dihasilkan.

Baca juga: 6 Tip Fashion Buat Memaksimalkan Penampilan

Untuk meminimalisir hal tersebut, salah satunya kalian bisa lebih membeli pakaian dengan desain yang timeless sehingga bisa tetap dipakai dan tampak tidak ketinggalan zaman di tengah tren fesyen apapun.
 
Seperti namanya, timeless fashion adalah pakaian yang tidak akan lekang oleh waktu dan tetap modis jika dikenakan dalam waktu apapun. Desain dari pakaian tersebut akan selalu mengikuti tren. Dengan memiliki timeless fashion item, kalian tidak perlu membeli banyak pakaian agar terlihat modis karena mudah untuk di-mix and match dengan fashion item lainnya.
 
Bagi kalian yang ingin mulai berinvestasi dengan pakaian-pakaian klasik yang akan tetap relevan dengan gaya kalian sampai kapanpun, berikut adalah 4 item timeless fashion yang wajib kalian miliki.
 

1. Kemeja Putih 

 

Sumber gambar: Anubhaw Anand/Pexels

(Sumber gambar: Anubhaw Anand/Pexels)

Kemeja putih adalah salah satu item fesyen yang paling timeless dan serbaguna karena dapat dipadu-padankan dengan berbagai item fesyen lainnya, guna menciptakan look atau penampilan yang berbeda-beda.
 
Contohnya, kalian dapat menggunakan kemeja putih dengan celana jeans dan sneakers putih untuk tampilan yang kasual. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan rok dan heels untuk menciptakan outfit yang lebih formal dan elegan. Atau jika kalian merasa terlalu polos, bisa juga menambahkan aksesoris seperti kalung atau gelang agar menambahkan kesan chic. 
 

2. Celana Bahan Monokrom

 

Sumber gambar: Ivan Kazlouski/Pexels

(Sumber gambar: Ivan Kazlouski/Pexels)

Celana bahan berwarna monokrom seperti hitam dan putih memang menjadi favorit sepanjang masa dalam dunia fesyen, karena sangat fleksibel dan mudah dipadukan untuk memenuhi kebutuhan berbagai gaya berpakaian, mulai dari formal hingga kasual.
 
Selain itu, dengan celana bahan berwarna monokrom, kalian akan lebih mudah dalam menciptakan berbagai kombinasi pakaian yang berbeda tanpa perlu khawatir tentang perpaduan warna yang tidak cocok, sehingga bisa bereksperimen dengan berbagai gaya, aksesoris, dan alas kaki tanpa harus khawatir tentang keselarasan warna.
 

3. Outer

 

Sumber gambar: The Earthy Jay/Pexels

(Sumber gambar: The Earthy Jay/Pexels)

Outerwear adalah pakaian yang dirancang untuk dikenakan di luar pakaian lainnya dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi outfit dengan cepat dan praktis. Ada beberapa jenis outer yang bisa kalian pilih sesuai dengan preferensi dan gaya pakaian yang ingin kalian gunakan mulai dari blazer, kardigan rajut, hingga jaket denim.
 
Blazer adalah salah satu jenis outer yang mirip dengan jaket, tetapi memiliki ciri khas dan gaya yang lebih formal dan biasanya terbuat dari bahan yang lebih ringan. Kalian bisa menggunakan blazer dalam berbagai kesempatan, mulai dari acara formal seperti pertemuan bisnis, wawancara kerja, hingga acara semi-formal.
 
Sementara kardigan rajut merupakan jenis outer yang tidak pernah menurun popularitasnya, karena bisa menjadi penyelamat saat ingin menggunakan outfit santai dan kasual tapi masih ingin terlihat chic. Namun, Indonesia merupakan negara tropis, sebaiknya saat memilih kardigan rajut, pastikan bahannya tidak lembut dan terlalu tebal agar tetap nyaman untuk digunakan.
 
Adapun, item outer timeless lainnya yakni jaket denim yang dikenal juga sebagai jaket jin. Busana ini adalah jenis outer yang paling tidak lekang oleh waktu. Salah satu kelebihan utama dari jaket denim adalah fleksibilitas untuk dipadu-padankan dengan berbagai jenis pakaian dan dapat menambah kesan edgy dan stylish untuk setiap outfit yang dikenakan pemakainya.
 

4. Celana Jin

 

Sumber gambar: Mahdi Chaghari/Pexels

Sumber gambar: Mahdi Chaghari/Pexels

Item fesyen satu ini sepertinya sudah menjadi andalan setiap orang. Celana jin memang seolah telah menjadi 'amunisi' wajib yang harus selalu ada dalam lemari pakaian, karena serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai situasi.
 
Kini, celana jin juga hadir dalam berbagai model yang bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh dan preferensi. Contohnya, model skinny jeans paling cocok untuk seseorang yang memiliki kaki jenjang, sementara straight cut atau boyfriend jeans dengan cutting yang lebih loose adalah pilihan tepat untuk mereka dengan pinggul atau paha yang lebih berisi.

Baca juga: 5 Item Fesyen Pria Termahal di Dunia, Jas hingga Ikat Pinggang dengan Harga Selangit

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Profil Poppy Capella, National Director & Pemilik Lisensi Miss Universe Indonesia

BERIKUTNYA

Resep Matcha Burnt Cheesecake, Dessert Teh Hijau dan Keju yang Lembut dan Creamy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: