Ilustrasi menggunakan VPN (Sumber gambar: Freepik)

7 Manfaat Pakai VPN, Enggak Cuma Buka Blokir Situs Web

08 December 2023   |   14:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Virtual private network (VPN) atau jaringan pribadi virtual dikenal masyarakat untuk meningkatkan keamanan saat berselancar di internet. Istilah ini dicetuskan pertama kali oleh karyawan Microsoft pada 1996, untuk menghubungkan dua komputer dengan metode peer-to-peer tunnelling protocol (PPTP), kini penggunaannya semakin luas.

Biasanya VPN digunakan banyak orang yang ingin terhubung ke internet melalui jaringan yang aman dan terenkripsi. Perangkat lunak ini juga memungkinkan pengguna untuk membuka blokir situs web serta memberikan akses ke konten yang terbatas pada jaringan publik.

VPN dapat digunakan melalui komputer, ponsel cerdas, atau seluruh jaringan rumah. Berikut ini keuntungan lainnya yang bisa kamu dapat ketika menggunakan VPN.

Baca juga: 4 Manfaat Menggunakan Layanan VPN yang Perlu Kalian Tahu


1. Menonton program TV asing

Ketika menggunakan VPN, pengguna bisa menonton program TV lokal maupun acara favorit di negara asal, ketika kamu sedang bepergian ke luar negeri. Biasanya, kamu harus berlangganan siaran digital untuk menikmati program ini. Namun, beberapa produk VPN seperti yang dikeluarkan Kaspersky, memungkinkan untuk menonton tetap menikmati program favorit.

Genhype cukup memilih server VPN di negara asal dan menyambungkannya. Dengan begitu, kalian akan diberi alamat IP ‘asli’ yang secara virtual akan memindahkan ke tempat tinggal. Selanjutnya, pengguna hanya perlu memastikan bahwa koneksi internet lokal dan VPN telah sesuai dengan kecepatannya.
 

2. Mengatasi bandwidth

Internet service provider (ISP) biasanya membatasi kecepatan komunikasi, yang dikenal sebagai pembatasan bandwidth, di tempat umum. Ketika pengguna mengunjungi situs dengan video atau mengunduh fail besar, internet akan berjalan jauh lebih lambat.

Hal ini memungkinkan ISP menghemat bandwidth dan mengurangi beban pada jaringan, tetapi juga membatasi hak sebagai pengguna internet. Nah, dengan VPN, kalian bisa mengenkripsi lalu lintas tanpa diketahui penyedia layanan dan pihak ketiga lainnya. 
 

3. Bermain gim di mana saja

Server dari banyak gim multipemain tersebar di seluruh dunia. Namun, gamer biasanya akan bermain di server terdekat. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir lag seluruh pemain, menyatukan pemain dari zona waktu yang sama, dan mengurangi kendala bahasa dalam obrolan gim.

Kendati demikian, pendekatan ini juga dapat menimbulkan masalah seperti bermain pada jam yang tidak sesuai atau sedikit mitra permainan yang cocok. Nah, dengan VPN, pemain mendapat jaminan koneksi ke server terbaik. Tentu saja, kecepatan VPN juga sangat penting untuk memastikan jeda yang rendah dan pertukaran data yang cepat. 
 

4. Menghindari kebijakan harga

Di banyak toko dan platform, harga barang dan jasa berbeda secara signifikan antara satu negara ke negara lain karena perbedaan dalam kebijakan harga atau sekadar perbedaan jadwal penjualan. Pengguna bisa memanfaatkan penawaran musiman dan menghemat uang dengan menghubungkan ke server VPN di negara yang diinginkan. 

Setelah itu, masuk ke toko online versi regional untuk melihat promosi lokal dan menikmati diskon terbaik. Untuk memanfaatkan hal ini sepenuhnya, layanan VPN kamu harus menawarkan beragam server di berbagai negara. 
 

5. Belanja tanpa khawatir

Jaringan publik, baik Wi-Fi di bandara, hotel, kafe, kereta api, atau bus menimbulkan sejumlah risiko pada perangkat yang dimiliki. Risiko itu di antaranya iklan pihak ketiga di website, pengumpulan data aktivitas online, perlambatan saat menonton video, dan potensi intersepsi informasi pembayaran dan kata sandi.

Melalui saluran VPN terenkripsi, hal ini tidak dapat terjadi. Penjahat dunia maya di sekitar, pemilik kafe, dan oknum penyedia Wi-Fi yang tak bertanggung jawab tidak dapat melihat atau mencegat aktivitas online para pengguna. 
 

6. Membuka situs yang diblokir secara geografis

Karena alasan hukum dan keamanan, beberapa situs memilih untuk menutup koneksi dari negara lain. Misalnya, banyak toko online tidak dapat diakses di negara tujuan pengiriman barang.

Hal yang sama berlaku untuk banyak layanan kota atau pemerintah yang disediakan secara daring, akses dari luar negeri tidak dimungkinkan. Jika sangat perlu menggunakan situs tersebut, kalian perlu mengarahkan VPN ke server di negara masing-masing. 
 

7. Buka situs web meskipun diblokir

Skenario kebalikan dari pemblokiran geografis adalah ketika kalian tiba di negara yang memblokir aplikasi seperti Google atau Instagram. Dengan menyambung ke server VPN di negara lain, pengguna dapat terus menggunakan akun dan layanan seperti biasa. 

Baca juga: Anda Pengguna VPN? Hindari Kesalahan Saat Memanfaatkannya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Villain Bersiap! Band Rock Korea Xdinary Heroes Bakal Konser di Jakarta Maret 2024

BERIKUTNYA

Mengenang Yayu Unru, Totalitas dari Panggung Teater Pantomim hingga Layar Lebar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: