Rockstar akhirnya merilis trailer resmi GTA 6 (Sumber gambar: Rockstar Games/GTASeries)

10 Bocoran Fitur Baru GTA 6 yang Bakal Rilis 2025, Lebih Imersif dan Interaktif

05 December 2023   |   20:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Grand Theft Auto seri ke-6 alias GTA VI atau GTA 6 dipastikan bakal rilis pada 2025 mendatang. Rockstar Games selaku pengembang gim tersebut baru saja meluncurkan trailer perdananya hari ini, Selasa (5/12/2023) melalui kanal YouTube resminya. 

Melihat cuplikan trailer-nya, GTA 6 sepertinya akan mengikuti cerita Lucia sebagai karakter utama wanitanya. Lucia tampak mengenakan baju tahanan dan sedang berbincang dengan seorang konsultan yang menanyakan kenapa dia bisa berada di tempat tersebut. 

Baca juga: Trailer GTA 6 Akhirnya Rilis, Cek Penjelasan Lengkapnya

Rockstar juga mengonfirmasi bahwa Vice akan menjadi latar tempat untuk seri ke-6. Kota metropolitan dengan pemandangan pantai tersebut divisualisasikan dengan cantik. Selain itu, diprediksi fitur-fitur terbarunya akan lebih canggih dan tak kalah menarik dari versi sebelumnya

Mengutip Sportskeeda, meskipun Rockstar Games merahasiakan proses pengembangan gim ini, bocoran mengenai fitur-fitur baru dalam GTA 6 mulai beredar di antara para penggemar. Yuk, simak beberapa di antaranya!
 

1. Transisi karakter yang mulus & lancar

GTA 6 dipastikan akan memiliki beberapa karakter protagonis selain Lucia. Rockstar Games terlihat menguji mekanisme pergantian karakter baru untuk gim barunya tersebut.

Dalam sebuah video bocoran, terlihat kamera beralih dengan cepat menangkap gambar Lucia dan Jason, karakter utama prianya. Studio itu juga menambahkan animasi kilat putih yang dilengkapi efek suara angin 'whoosh' saat bertransisi.
 

2. Bertambahnya bangunan interaktif

GTA merupakan gim open world yang sebagian besar interaksinya dilakukan di area terbuka seperti jalanan. Namun, ternyata tidak semua bangunan bisa dimasuki oleh pemain. Nah, di GTA 6 kabarnya Rockstar Games akan menambah lebih banyak bangunan interaktif yang dapat dimasuki pemain. Jumlahnya mencapai 157 bangunan dengan interior baru.
 

3. Kemampuan pick & drop Item

Rockstar Games akan memperkenalkan kembali fitur pick up and drop items dalam GTA 6. Hal tersebut diketahui dari beberapa video bocoran yang memperlihatkan Jason dan Lucia sedang meletakkan dan mengambil senjata dari tanah.

Item yang diletakkan juga memiliki ikon di atasnya, ini menandakan bahwa mereka bisa diinteraksikan. Namun, saat ini belum dipastikan apakah fitur tersebut bisa dipakai ke semua item atau hanya senjata saja.
 

4. Inventori senjata yang dimodifikasi

Weapon-wheel yang menjadi inventori senjata khas di seri GTA sebelumnya dikabarkan juga akan mengalami modifikasi di GTA 6. Bocoran yang ada memperlihatkan bahwa weapon-wheel akan berpindah ke tengah-kanan yang memungkinkan para pemain menambah lebih banyak barang di dalam ikon tas.
 

5. Kecerdasan polisi AI yang ditingkatkan

Personel polisi di Departemen Kepolisian Vice City dalam GTA 6 kabarnya akan mengalami peningkatan menjadi lebih cerdas, agresif, dan berani. Karakter polisi juga akan memiliki lebih banyak opsi dengan beragam keunggulan dan strategi untuk menangkap karakter protagonisnya.

Dalam salah satu video yang beredar, terlihat seorang polisi menggunakan beragam posisi untuk menembak Laura. Selain itu, aksi kejar-kejaran dengan mobil polisi juga akan lebih seru, sehingga pemain sulit untuk bisa lolos. 
 
 

6. Peta mini yang dapat disesuaikan

Semua seri gim Grand Theft Auto memiliki peta mini yang disematkan pada bagian sudut kiri bawah pada layar permainan. Namun, dalam video bocoran GTA 6 memperlihatkan peta mini juga ada di bagian sudut kanan layar. Bisa diasumsikan Rockstar Games kini memperbolehkan pemain untuk mengatur posisi peta mini sesuai preferensi masing-masing.
 

7. Perubahan di weapon wheel

Roda senjata alias weapon wheel di GTA 6 kabarnya juga bakal mengalami penyegaran dan mencakup banyak item di inventaris. Pada seri sebelumnya yakni GTA 5, weapon wheel muncul di tengah layar.

Namun, dalam video bocorannya memperlihatkan bahwa roda senjata yang baru akan muncul ke posisi tengah-kanan. Weapon wheel juga akan memiliki beberapa opsi tambahan pada bagian kiri bawah dan ikon tas duffel yang bisa menyimpan lebih banyak item di dalamnya
 

8. Fisik ragdoll yang ditingkatkan

Fisik ragdoll dalam GTA 6 tampaknya akan mengalami banyak peningkatan dibandingkan seri sebelumnya. Seperti yang diketahui, GTA 4 memiliki mekanika ragdoll yang dianggap paling baik, tapi mengalami penurunan di GTA 5.

Kali ini dalam bocoran videonya memperlihatkan Rockstar Games sedang melakukan kalibrasi ulang mekanika ragdoll dan menambahkan efek yang lebih realistis pada karakternya.
 

9. Aksi meretas mirip Watch Dogs

Video bocoran lainnya menangkap momen suatu perangkat yang ada di GTA 6, yang dapat digunakan untuk melakukan aksi meretas, mirip tokoh utama Aiden Pearce dalam gom Watch Dogs. Selain itu, perangkat ini juga disebut dapat meretas immobilizer untuk mencuri mobil atau menyadap panggilan telepon.
 

10. Ada peringatan saat memori habis

GTA 6 kabarnya akan menghadirkan pesan peringatan bagi pengguna saat memori habis. Peringatan tersebut berbunyi, 'Permainan akan berjalan dengan memori rendah, tolong tutup aplikasi lain atau kurangi pengaturan grafis Anda'. Hal ini membuat fan memperkirakan bahwa GTA 6 hanya akan dirilis untuk hardware flagship dengan kapasitas memori besar. 

Baca juga: Mengenal GTA 5 Roleplay, Bisa Bermain Karakter Layaknya Dunia Nyata

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Istilah Artificial Intelligence yang Sering Disebut, AGI sampai LLM 

BERIKUTNYA

Berpeluang Besar, Ini Tantangan Industri Fashion Indonesia untuk Dikenal Secara Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: