Ilustrasi gim GTA. (Sumber gambar: Instagram.com/rockstargames)

Mengenal GTA 5 Roleplay, Bisa Bermain Karakter Layaknya Dunia Nyata

21 August 2023   |   14:24 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Popularitas gim Grand Theft Auto (GTA) 5 Roleplay makin menanjak di kalangan fan. Adanya server roleplay membuat gamers punya kebebasan. Mereka bisa membuat karakter sendiri dan memainkan gim ini sesuai dengan jalan cerita yang ingin dibuatnya sendiri.

Roleplay punya arti bermain peran. Server ini akan membuat gamer seolah sedang menjadi seorang aktor di sebuah pertunjukan, di mana kita bisa memerankan suatu karakter dengan cerita di dalamnya.

Di server roleplay ini, gamers akan berperan sebagai sutradara sekaligus penulis naskah. dengan demikan, mereka bisa menciptakan karakter sekaligus memainkannya sendiri sesuai dengan keinginannya.

Baca juga: Penggemar GTA V Wajib Coba 5 Game Ini!

Gamers tidak harus selalu menjadi gangster di gim ini. mereka bisa memainkan peran lain, seperti polisi, tenaga medis, kurir, dan lainnya. Masing-masing peran itu juga nantinya bisa diisi oleh gamer lain. Artinya, selama masih dalam satu server yang sama, kita bisa berinteraksi dengan gamer lain.

Oleh karena itu, GTA 5 Roleplay ini sudah seperti dunia nyata yang ada di dunia maya. Kita yang memainkannya pun perlu menyiapkan identitas diri dan karakter apa yang akan dibangun. Di gim ini, kita bisa punya nama dan tujuan atau cita-cita ke depan. Kita juga bisa bekerja dan mendapatkan uang yang akan dipakai untuk keperluan hidup di dunia maya tersebut.

Meskipun tampak asyik dan seru, bermain gim ini tak bisa sembarangan. Dalam artian, gamers juga tetap harus memperhatikan aturan atau etika bermain. Sebab, jika ada tindakan yang dinilai di luar batas kewajaran, bisa-bisa kita akan dikeluarkan dari server tersebut.

Sebab, hal itu akan menganggu keseimbangan permainan dan pola kehidupan yang dibentuk. Oleh karena itu, perlu ada konsistensi dan kesabaran layaknya hidup di dunia nyata. Bermain gim ini seperti merancang kehidupan layaknya berada di dunia beneran. Itulah serunya.


Rockstar Akuisisi GTA Roleplay

 

Munculnya server yang unik ini pada awalnya punya hubungan yang cukup rumit dengan pihak pengembang, yakni Rockstar. Namun, makin ramainya komunitas gim ini yang memainkan versi roleplay membuat Rockstar mengambil jalan lain.

Melalui website resminya, Rockstar akhirnya mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi CFX.re, tim di belakang komunitas roleplay dan kreator Rockstar terbesar FiveM dan RedM. Kini, mereka sudah jadi bagian dari perusahaan.

Menurut Rockstar, pihaknya selama ini telah menyaksikan perkembangan dan semangat kreatif dari para komunitas untuk makin memperluas kemungkinan-kemungkinan di GTA 5. Kemitraan ini pun diharapkan bisa membantu komunitas untuk terus bertumbuh, termasuk dengan meningkatkan layanan mereka kepada para pemain.

Sebagai cara untuk mendukung upaya tersebut, Rockstar pun juga telah memperluas kebijakannya dalam pengaturan mod gim mereka. Pihaknya memastikan roleplay kini telah menjadi bagiannya.

“Dengan bermitra dengan tim Cfx.re, kami akan membantu mereka menemukan cara baru untuk mendukung komunitas yang luar biasa ini dan meningkatkan layanan yang mereka berikan kepada pengembang dan pemain mereka,” tulis Rockstar dikutip Hypeabis.id, Senin (21/8).

Sementara itu, Cfx.re di laman resminya juga membenarkan akuisisi tersebut. Mereka mengakui telah menjadi bagian dari Rockstar Games.

Meskipun demikian, pihaknya menegaskan bahwa akuisisi ini tidak akan mengubah pola permainan yang telah dilakukan selama ini. Jadi, secara operasional tidak ada yang mengalami perubahan berarti.

Di sisi lain, pihaknya juga menegaskan bahwa akuisisi ini hanya berkutat pada roleplay saja. Artinya, Cfx.re tidak terlibat lebih jauh mengenai pengembangan gim-gim Rockstar secara umum, termasuk soal peluncuran gim GTA 6.

Baca juga: Game GTA 6 Bakal Hadirkan Karakter Perempuan yang Bisa Dimainkan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Waktu Batu Rumah yang Terbakar, Lakon Duka Akibat Krisis Ekologi dari Teater Garasi

BERIKUTNYA

50 Persen ASN DKI Jakarta Mulai WFH Hari Ini, Simak Aturan Lengkapnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: