Smartphone OnePlus 12 (Sumber gambar: OnePlus via Gizmochina)

3 Bocoran Spesifikasi OnePlus 12 yang Segera Rilis, Dapat Skor AnTuTu Tertinggi

04 December 2023   |   18:45 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Vendor smartphone asal China berlomba-lomba menghadirkan produk terbaru menjelang akhir tahun. Besok, OnePlus meluncurkan ponsel terbarunya, OnePlus 12, di pasar lokal dan dijadwalkan rilis global pada Januari 2024. Membawa modul kamera kosmik, smartphone ini diklaim punya ketahanan yang mumpuni. 

Mengutip Gizmochina, OnePlus 12 bakal mengusung panel OLED BOE X1 6,7 inci yang memiliki resolusi hingga 1,5K, kecepatan refresh 120Hz, dan tingkat kecerahan puncak 4.500 nits.

Ponsel ini diprediksi bakal mempertahankan kamera utama 50MP Sony IMX890 dan ultrawide 8MP dari pendahulunya, OnePlus 11. Namun kamera makro 2MP akan digantikan oleh kamera telefoto 32MP 2 kali optical zoom. 

Meskipun belum resmi dirilis, berikut bocoran tipis-tipis dari perusahaan teknologi asal China tersebut terkait smartphone terbarunya, OnePlus 12. 

Baca juga: Intip First Look Smartphone OnePlus 12 Anyar dan Bocoran Spesifikasinya


1. Skor AnTuTu yang tinggi 

Mengutip Gizchina, OnePlus 12 akan menyematkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 terbaru. OnePlus terbilang sukses dalam mengoptimalkan chipset tersebut. 

Pasalnya, OnePlus 12 berhasil menempati posisi nomor 1 dalam peringkat benchmark AnTuTu, dengan skor keseluruhan 2.333.033 poin. Ini adalah skor tertinggi yang pernah dicapai smartphone Android dengan Snapdragon 8 Gen 3. 

Ada sejumlah alasan mengapa OnePlus bisa melampaui batas dan menempati posisi teratas. Presiden OnePlus di Tiongkok, Li Jie, mengatakan bahwa perusahaannya berkolaborasi dengan pembuat chip, pengembang gim, dan produsen untuk OnePlus 12. Kolaborasi ini memungkinkan smartphone menikmati optimalisasi kinerja tingkat lanjutan. 

Perangkat ini juga dilengkapi antarmuka pengguna yang bersih, sehingga menghasilkan overheat yang cukup rendah pada memori dan sumber daya CPU. Sumber daya grafis ini membuat ponsel cerdas menawarkan kinerja yang lebih baik. Hadirnya Snapdragon 8 Gen 3 dilengkapi dengan RAM LPDDR5X hingga 24 GB. 
 

2. Sistem pendingin canggih

Penggemar gadget saat ini banyak yang memilih smartphone yang tidak mudah overheat agar tetap lancar ketika bermain gim. Nah, OnePlus meningkatkan sistem pendinginan melalui ruang uap inovatif dengan area luas sebesar 9.140 mm2. 

Sebagai perbandingan, luas area 9.140 mm2 adalah dua kali lipat dari pesaing yang menggunakan SoC Snapdragon 8 Gen 3, seperti Redmi K70 Pro dengan ruang uap 5.000 mm2. Seluruh sistem pendingin OnePlus 12 memiliki luas 38.547 mm2 yang memecahkan rekor di kelasnya. 
 

3. Tahan air & USB 3.2 Gen 1

Salah satu hal pertama yang dikonfirmasi OnePlus yakni smartphone terbarunya mendapatkan peringkat IP65. Artinya, ponsel ini memiliki perlindungan terhadap debu, kontak langsung, dan air siraman air dari segala arah yang bertekanan rendah seperti pipa air atau keran. 

Peringkat IP ini tidak sebaik peringkat IP68 yang dimiliki sebagian besar ponsel premium. Namun, peringkat ini menjadi peningkatan dari pendahulunya, OnePlus 11 yang hadir dengan peringkat IP64.

OnePlus 12 juga menggunakan USB 3.2 Gen 1. Dengan demikian, smartphone ini bisa memberikan kecepatan transfer hingga 10 Gbps. Tentunya jika ingin menikmati kecepatan transfer yang cepat, kalian perlu menggunakan kabel yang kompatibel. 

Baca juga: Review Smartphone Samsung Galaxy S23 FE, Makin Mantap dengan Cip Exynos 2200

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

MonsterVerse Berlanjut, Warner Bros Rilis Trailer Perdana Godzilla x Kong: The New Empire

BERIKUTNYA

Langkah Tepat Penanganan Kulit Gatal & Iritasi, Tak Boleh Asal Garuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: