Ilustrasi orang yang sedang jenuh dengan kegiatan daring (dok. Pexels)

Ini Cara Mengatasi Kejenuhan

11 August 2021   |   08:51 WIB

Dampak dari kejenuhan sosial di tengah pandemi Covid-19 dapat menimbulkan rasa kehilangan harapan, tidak berdaya, hingga memikirkan sesuatu secara berlebihan alias overthinking loh Genhype. 

Bosan karena kegiatan itu-itu saja, tidak ada variasi, dan tidak menyenangkan, sementara melihat orang lain tampak biasa-biasa saja dalam menjalani aktivitas di tengah pandemi, menjadi pemicu dari overthinking ini. 

Psikolog Klinis dari Asa Berdaya Adriana Amalia mengingatkan, dalam jangka waktu berkepanjangan, kejenuhan bisa berubah menjadi stres karena segala hal dipandang tidak memuaskan dan tidak menyenangkan. 

Nah, untuk mengatasi atau mengontrol kejenuhan ini, kita perlu mengatur sudut pandang atau pola pikir. Jika sudut pandang orang tersebut adalah bertahan di tengah pandemi ini, mereka bisa mengatasi kejenuhan dengan mengulik hal-hal kecil atau melakukan kegiatan yang sebelumnya jarang dilakukan. Misal mengorganisir barang-barang di rumah sesuai dengan fungsinya.

"Buktikan kepada diri masih tetap ada yang bisa saya lakukan walaupun hal kecil," ujarnya. 

Paling penting yang perlu diterapkan adalah penerimaan. Kita harus menerima situasi sulit yang tidak sepenuhnya menyenangkan ini. Penting menurut Adriana untuk menetapkan skala prioritas, apakah ingin bersenang-senang untuk menghilangkan kejenuhan atau mementingkan kesehatan.

"Di situasi ini, bukan diri kita saja yang dipikirkan, namun juga orang lain, terutama keluarga," ujarnya. 

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Yuk Belajar Shibori, Teknik Mewarnai Kain dari Jepang dengan Satu Warna

BERIKUTNYA

Ternyata Cuci Muka di Pagi Hari Itu Penting Banget Loh Genhype

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: