Asus AIO PC A5. (Sumber gambar: Desyinta NurainiHypeabis.id)

Spesifikasi & Fitur Asus AIO A5, Desktop dengan Layar Sentuh

01 December 2023   |   19:01 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perangkat all in one (AIO) PC yang memiliki body ramping semakin digemari para pencinta gadget. Hemat ruang, desain yang menarik, mudah dibawa, hemat energi, dan tentunya fitur yang ditawarkan menjadi faktor penentu mengapa komputer pribadi ini menjadi pilihan.

Asus, salah satu vendor yang memiliki lini produk ini pun melihat prospek cerah, meskipun ceruk pasarnya terbilang eksklusif. Hingga Agustus 2023, pabrikan asal Taipei itu mengklaim menguasai 40 persen pangsa pasar AIO PC. 

Baca juga: Pasar PC Masih Sepi, Produsen Mulai Lirik Fitur Kecerdasan Buatan

Optimis dengan pasar, Asus meluncurkan produk terbarunya, AIO A5. Membawa prosesor generasi terbaru dan kapasitas memori yang dapat di-upgrade, perangkat ini menawarkan ragam fitur seperti noise-cancellation AI, speaker stereo, subwoofer premium, dan dukungan Dolby Atmos. 
 
“Inovasi ASUS tidak hanya di ranah laptop tetapi juga all-in-one PC, dan ASUS AIO A5 merupakan salah satu wujud inovasi tersebut,” ujar Regional Director ASUS Southeast Asia Jimmy Lin, dikutip Hypeabis, Jumat (1/12/2023). 

Dibanderol Rp25,6 juta termasuk stylus, berikut spesifikasi lengkap ASUS AIO A5.
 

1. Bentuk Minimalis yang Fungsional

 

ASUS AIO A5. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

ASUS AIO A5. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Hadir dengan desain yang ramping dan minimalis, Asus AIO A5 hadir dengan layar berukuran 23,8-inci, dengan resolusi FHD (1920 x 1080), refresh rate 60Hz, dan rasio 100 persen. Layarnya touchscreen dan sudah tersertifikasi TÜV Rheinland yang menjamin kenyamanan mata pengguna saat digunakan dalam durasi yang lama. Berkat adanya Built-In VESA Mount, Asus AIO A5 dapat dipasang di dinding.

AOI PC ini juga dilengkapi dengan kamera FHD. Sementara dari segi konektivitas, Asus AIO A5 didukung oleh Wi-Fi 6E yang menawarkan kecepatan koneksi yang lebih baik dan stabil, serta Bluetooth 5 untuk koneksi wireless yang lebih efisien.
 

2. Performa Gahar

 

Tampilan dalam ASUS AIO A5. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)

Tampilan dalam ASUS AIO A5. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)

All-in-one PC ini ditenagai prosesor generasi terbaru, yaitu 13th Gen Intel Core i7-1360P. Prosesor dengan konfigurasi 12 core dan 16 thread tersebut mampu menghadirkan performa komputasi kencang untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari mengerjakan tugas sekolah, bekerja secara online, hingga menikmati hiburan digital atau multimedia.
 
Kecepatan prosesor didukung memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB yang masih bisa di-upgrade. Ada dua slot SO-DIMM yang memungkinan memorinya untuk di-upgrade hingga kapasitas 32GB. 

Selain memori, Asus AIO A5 juga dibekali dengan system triple storage. Dengan demikian, AIO PC ini dapat menampung hingga tiga media penyimpanan data, yaitu dua M.2 PCIe 4.0 SSD dan satu SATA HDD / SSD.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan yakni dari segi konektivitas. Untuk konektivitas nirkabel, Asus AIO A5 sudah didukung oleh WiFi 6E dan Bluetooth 5.3 yang memungkinkannya dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat pendukung secara nirkabel.
 
Sementara untuk konektivitas melalui kabel, Asus AIO A5 sudah dibekali dengan beragam port mulai dari USB Type-A dan Type-C, HDMI out, RJ45 gigabit ethernet, 3.5mm combo audio jack, hingga port USB Type-C Thunderbolt 4. AOI PC ini juga sudah dilengkapi dengan port HDMI in sehingga bisa difungsikan layaknya monitor.
 

3. Audio Kelas Wahid

 

ASUS AIO A5. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)

ASUS AIO A5. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)

Asus AIO A5 dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation yang memudahkan penggunanya saat melakukan komunikasi secara online. Fitur berbasis AI tersebut memungkinkan suara bising di sekitar pengguna bisa diredam sehingga komunikasi dapat berjalan lebih lancar.
 
Ada pula speaker stereo terintegrasi berkualitas tinggi. Speaker ini mampu menghasilkan suara yang jernih dan detail. Penggunaan speaker stereo ganda ini juga memberikan dimensi suara yang lebih luas dan imersif. Tidak ketinggalan subwoofer premium terintegrasi. Subwoofer ini menambah kedalaman pada bass. AIO PC ini didukung Dolby Atmos. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Keren, Kain Wastra & Selimut Nusantara Berhasil Mejeng di Museum Louvre Paris

BERIKUTNYA

Perkuat Ekosistem Seni Pertunjukan, Simposium Internasional ISPAE Dihelat di Yogyakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: