Aktris Kiki Fatmala (Sumber gambar: IG/ qq_fatmala)

Mengenang Jejak Karier Kiki Fatmala, dari Model hingga Bintang Layar Lebar

01 December 2023   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah berjuang dengan komplikasi akibat kanker yang dideritanya, aktris senior Kiki Fatmala mengembuskan napas terakhir pada usia 56 tahun. Wanita kelahiran 14 Agustus 1967 itu tutup usia pada hari ini, Jumat, 1 Desember 2023 lantaran komplikasi akibat kanker yang dideritanya.

Kiki Fatmala adalah salah satu aktris senior favorit masyarakat Indonesia. Wanita kelahiran 14 Agustus 1967 itu telah memberikan banyak warna dalam perfilman Indonesia.

Baca juga: Aktris Senior Kiki Fatmala, Pemeran Si Manis Jembatan Ancol Tutup Usia

Kiki lahir dari pasangan bernama Sunarjo dan Fatma Farida. Memiliki garis keturunan Sunda – Minahasa dan Pakistan – Iran. Wajah sang aktris ini kerap menghiasi industri hiburan di dalam negeri sejak 1988.

Kiki memulai kariernya di industri perfilman nasional film layar lebar berjudul Permainan di Balik Tirai. Sebelumnya, sang aktris tercatat pernah menjalani profesi sebagai model.

Kariernya sebagai bintang film dan model di industri hiburan dalam negeri itu melenceng jauh dari cita-citanya sejak kecil. Sang seniman disebut-sebut memiliki mimpi memiliki profesi seorang pramugari.

Meskipun tidak sesuai dengan cita-citanya, sang aktris tercatat mampu sukses di industri hiburan tanah air pada masanya. Beragam film layar lebar dan serial drama pernah dibintangi oleh Kiki Fatmala.

Dia juga tercatat telah beradu peran dengan banyak aktor dari dalam negeri dan bekerja sama dengan sejumlah sutradara Indonesia. Kariernya dalam industri layar lebar bisa dikatakan cukup konsisten sejak 1988. Dia pun pernah beradu akting dengan trio Warkop DKI di film Bagi-Bagi Dong pada 1993. 

Tidak cuma layar lebar, Kiki juga menapaki karier aktingnya di layar kaca lewat sinetron komedi Ada Ada Saja pada 1992. Namun, nama Kiki kian meroket saat dia berhasil berperan sebagai Mariam di sinetron horor bergenre komedi Mariam Si Manis Jembatan Ancol 2 pada 1994. Aktingnya bersama Ozy Syahputra berhasil memikat hati para penonton kala itu. 

Ketika industri film di dalam negeri sedang melesu, dia tetap aktif bermain dalam film layar lebar. Tidak hanya itu, pada usianya yang tidak lagi muda, sang aktris tercatat masih bermain film dan beradu peran dengan pemain muda.

Salah satu contohnya adalah film Comic 8 pada 2014 garapan sutradara Anggy Umbara. Dalam karya bergenre aksi-komedi itu, Kiki menjadi pemeran pendukung. dia juga kerap tampil dalam sejumlah acara televisi swasta di dalam negeri.

Di luar dunia hiburan, dia juga menggeluti dunia olahraga dengan menjadi instruktur aerobik. Dia bahkan sampai mendirikan studio yang diberi nama Kifa.

Pada 2021, Kiki mengumumkan bahwa dirinya menderita kanker paru-paru. Dia pun rajin mengunggah konten foto perjuangannya melawaan penyakit tersebut dalam akun media sosial instagramnya. Beberapa kali dia tercatat pernah mempublikasikan foto dengan keterangan yang menunjukkan sedang menjalani proses pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI).

Setelah berjuang dengan penyakitnya, sang seniman tutup usia pada hari ini, Jumat, 1 Desember 2023. Kepergiannya untuk selama-lamanya karena komplikasi akibat kanker yang telah diderita olehnya.

Kabar duka itu disampaikan langsung oleh keluarga melalui akun instagram qq_fatmala. “Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami, tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang,” demikian tertulis.

Terkait dengan kepergian sang aktris, keluarga juga memohon privasi dan pengertian atas rasa duka dan kehilangan. Selain itu, keluarga juga menyatakan dalam unggahannya untuk memilih menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk anggota keluarga dan teman-teman terdekat sang aktris.

“Kami meminta penghormatan dan pengertian Anda untuk memberi kami ruang untuk berduka dan mengenang Kiki Fatmala dalam suasana yang tenang dan intim,” demikian tertulis.

Pernyataan tentang kepergian Kiki melalui akun media sosial instagram itu disebutkan merupakan satu-satunya komunikasi resmi dari keluarga. Tidak hanya itu, keluarga juga tidak akan memberikan wawancara atau pernyataan tambahan terkait dengan kepeergian sang aktris.

Keluarga juga menuliskan untuk menganti karangan bunga yang ingin dikirimkan dengan sumbangan amal kepada badan amal sebagai penghormatan untuk Kiki Fatmala.

Baca juga: Kenali Penyebab & Gejala Kanker Paru, Penyakit yang Diderita Aktris Senior Kiki Fatmala

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Film Layar Lebar yang Pernah Dibintangi Aktris Kiki Fatmala

BERIKUTNYA

Ozi Syahputra & Selebritas Indonesia Sampaikan Belasungkawa Atas Kepergian Kiki Fatmala

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: