Ilustrasi (Photo by Mateusz Dach from Pexels)

Begini Cara Mengisi Waktu Senggang Jadi Berkualitas

09 August 2021   |   22:32 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pentingnya relaksasi bagi semua orang yang sibuk bekerja terbukti efektif mengurangi stres. Namun, ada beberapa kelompok orang yang mengesampingkan keistimewaan waktu senggang dengan alasan kewajiban sehingga hampir seluruh waktunya tersita oleh pekerjaan mereka.

Biasanya, orang-orang yang baru merintis bisnis akan merasakan kesulitan untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru.

Ketika bekerja sebagai karyawan, kita tahu pasti kapan akan menerima gaji serta kapan kita akan mendapatkan kesempatan untuk libur dan istirahat.

Namun, bagi orang yang membangun bisnis sendiri situasinya berbeda. Mereka selalu sibuk dan tidak bisa mengesampingkan kewajibannya, karena sebagian besar fungsi operasional bergantung padanya.

Yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa selain istirahat, liburan merupakan periode di mana kreativitas paling berkembang. 

Sebaliknya, tanpa waktu istirahat untuk relaksasi, seseorang dapat membuat keputusan yang buruk, kreativitas terhalang dan produktivitas turun.

Dilansir melalui Entrepreneur, berikut beberapa aktivitas yang tidak memakan banyak ruang dan waktu, apalagi dengan situasi di tengah pandemi, tanpa harus meninggalkan bisnis.

1. Membaca buku bagus
Bukan buku tentang pemasaran atau kepemimpinan, tapi fiksi yang membawa kita keluar dari dunia ini. Ada banyak buku menarik dari penulis seperti Ken Follet atau Stieg Larsson misalnya atau salah satu dari saga Harry Potter atau The Lord of the Rings, jika kalian suka genre ini. Sekali-kali penuhi pikiran dengan apa pun yang memotivasi imajinasi dan membuat kita bersenang-senang.

2. Menonton film lewat layanan OTT
Kegiatan ini dapat kita lakukan kapan saja dan di mana saja. Platform OTT yang tersedia di Indonesia juga makin beragam dengan koleksi film masing-masing yang menawarkan berbagai genre. GenHype juga bisa loh, menikmati koleksi film yang lebih lengkap dengan menyewa secara digital melalui Google Play atau Apple TV.

3. Menikmati hobi
Mainkan alat musik, golf, tenis, atau belajar berkebun, apa pun yang kalian suka. GenHype juga dapat memainkan permainan papan atau otak, atau mengerjakan teka-teki.

4. Bersantailah di spa
Nikmati layanan pijat dan refleksi sepanjang sore. Beri diri kalian satu jam hanya untuk diri sendiri dan manjakan diri. Kesempatan itu akan membantu meningkatkan kinerja dan membuat kita tetap termotivasi.

5. Berbicara dengan teman
Manfaatkan pertemuan, yang disarankan dilakukan secara virtual, ini untuk membicarakan sesuatu selain bisnis. Kalian juga dapat memilih permainan online yang menyenangkan, intinya adalah untuk bersosialisasi, banyak tertawa dan melupakan waktu kerja.

6. Habiskan waktu bersama keluarga 
Jika GenHype memiliki anak, luangkan waktu untuk bermain dan bersenang-senang dengan mereka. Buatlah janji dengan pasangan dan pastikan bahwa, selama bersama keluarga, kalian tidak perlu menjawab telepon dari kantor atau memeriksa email. Memberi mereka waktu berkualitas juga akan memberikan manfaat untuk diri sendiri.

7. Berolahraga
Sisihkan setidaknya setengah jam sehari untuk berolahraga. Bisa lari di taman atau mungkin ke gym, intinya agar tetap sehat dan bugar. Ini akan membantu kita tidak hanya meningkatkan kesehatan, tetapi juga suasana hati, kepercayaan diri dan juga untuk menyingkirkan energi negatif.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

CDC Tegaskan Belum Ada Transmisi Covid-19 dari Hewan Peliharaan ke Manusia

BERIKUTNYA

5 Perlengkapan Wajib Dibawa saat Road Trip

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: