Cara Cek Spotify Wrapped (Sumber Foto: Freepik)

Cara Melihat Spotify Wrapped 2023 dan Membagikan ke Media Sosial

30 November 2023   |   07:44 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Platform layanan streaming musik Spotify kembali merilis fitur Spotify Wrapped jelang akhir tahun 2023. Spotify Wrapped sendiri merupakan fitur yang merangkum kilas balik lagu, album, atau podcast yang sering diputar pengguna selama setahun terakhir. Dengan demikian pengguna bisa membagikan rangkuman musik dan audio favorit mereka ke sosial media.

Spotify Wrapped pertama kali diperkenalkan pada 2016. Tahun ini, Spotify menghadirkan sejumlah fitur baru seperti Sound Town yang akan menunjukkan kota tertentu yang penggunanya memiliki kesamaan selera musik. Lalu ada fitur Me in 2023 yang menunjukkan karakter pengguna Spotify berdasarkan kebiasaannya mendengarkan musik. Nantinya ada 12 karakter berbeda yang akan dimunculkan sesuai aktivitas mereka.

Baca juga :  Fitur Jam Buat Penguna Spotify Bisa Mendengarkan Lagu Bersama, Cek Caranya

Sayangnya sampai hari ini belum ada pengumuman mengenai tanggal rilisnya. Apabila melihat tahun-tahun sebelumnya, memang tidak memiliki tanggal rilis yang pasti. Kamu mungkin bisa memperkirakan berdasarkan jadwal rilisnya dalam beberapa tahun terakhir, seperti berikut ini.

- 2017: 6 Desember
- 2018: 6 Desember
- 2019: 5 Desember
- 2020: 2 Desember
- 2021: 1 Desember
- 2022: 30 November

Melihat jadwal perilisan tahun lalu, Spotify Wrapped dirilis untuk pengguna pada 30 November 2022. Tahun ini kemungkinan tidak jauh dari tanggal tersebut, yakni akhir November sampai awal Desember 2023. Selain itu, fitur tersebut selalu dirilis pada hari Rabu dalam tiga tahun terakhir.
 

Cara Melihat Spotify Wrapped

Spotify Wrapped 2023 kemungkinan hanya tersedia untuk dilihat melalui perangkat seluler. Fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang memiliki akun Spotify sehingga musik atau podcast yang mereka dengarkan, bisa tersimpan ke dalam sistem.

Bagi pengguna yang belum menemukan fitur ini, kemungkinan mereka tidak cukup menghasilkan data musik dan audio untuk dibuat Wrapped. Setidaknya kamu harus mendengarkan 30 lagu dengan durasi lebih dari 30 detik dan mendengarkan kurang lebih lima artis sejak awal Januari hingga awal November 2023.

Nanti saat hari perilisannya, akan ada pop up banner yang muncul di aplikasi untuk memintamu untuk mengklik laporan. Nah Genhype, yuk simak langkah-langkah melihat Spotify Wrapped 2023.
 
  • Buka aplikasi Spotify, pastikan sudah diperbarui di Play Store atau App Store. Spotify Wrapped 2023 juga bisa diakses melalui link berikut ini https://www.spotify.com/us/wrapped/.
  • Setelah membuka aplikasi, pop up banner Spotify Wrapped 2023 akan muncul
  • Setelah proses selesai, nantinya kamu akan melihat rangkuman aktivitas di Spotify sepanjang 2023
  • Kamu bisa membaca informasi mengenai genre teratas, lagu teratas, artis top, total menit yang dihitung, kepribadian mendengarkan, dan lainnya
  • Bagikan Spotify Wrapped 2023 ke media sosial
 

Cara Membagikan Spotify Wrapped ke Media Sosial

  1. Buka aplikasi Spotify
  2. Klik ikon 2023 atau Flamingo
  3. Selanjutnya Spotify Wrapped akan muncul
  4. Pilih Listen to 2023 Highlights
  5. Pilih versi List Spotify Wrapped 2023
  6. Klik ikon bagikan ke media sosial dan pilih media sosial yang diinginkan

Baca juga Spotify Keluarkan Kebijakan Royalti Baru 2024, Bakal Untungkan Musisi?

Editor : Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Cek Sinopsis Serial Tira dari Bumilangit Universe yang Tayang Akhir Tahun

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang MAMA Award 2023 Hari Ke-2, Seventeen dan NewJeans Raih 4 Penghargaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: