Taeyeon Girls’ Generation atau SNSD (Sumber gambar: Instagram.com/taeyeon_ss)

Resmi Comeback, Taeyeon Rilis Mini Album Terbaru To X Hari Ini

27 November 2023   |   18:03 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Taeyeon Girls’ Generation atau SNSD akhirnya secara resmi comeback dengan meluncurkan mini album solo terbarunya bertajuk To. X. Mini album kelimanya itu dirilis pada hari ini, Senin (27/11/2023), berbarengan dengan perilisan music video (MV) untuk lagu dengan judul yang sama.

Album bertajuk To. X ini berisi enam lagu terbaru dari Taeyeon. Setelah dirilis, enam lagu tersebut kini sudah bisa didengarkan di berbagai platform streaming musik, dari YouTube Music, Spotify Amazon Music, Apple Music, Deezer, Tidal, dan masih banyak lagi.

Dalam album tersebut, Taeyeon menempatkan lagu berjudul "To. X", nama yang sama seperti tajuk albumnya di urutan pertama. Lagu tersebut juga secara spesial dibuatkan versi MV dan kini pun sudah bisa dinikmati di akun YouTube resminya.

Selain lagu "To. X", tembang berjudul "Melt Away", "Burn It Down", "Nightmare", "All For Nothing", dan "Fabulous", juga masuk ke dalam album barunya. Karya-karya terbarunya beberapa memainkan genre R&B dengan guitar riff dan rhythmical melody yang kental. 

Baca juga: RM, Jimin, V, dan Jungkook BTS Kompak Daftar Wajib Militer Bersama dan Comeback 2025

Taeyeon mengatakan bahwa mini album kelimanya ini dirilis setelah satu tahun sembilan bulan dari karya terakhirnya. Meski terdengar cukup lama, dirinya mengaku senang karena akhirnya mini albumnya bisa dirilis hari ini.

Dia juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar yang sudah setia menunggu karya terbarunya. Taeyeon menjanjikan setlist lagunya akan lebih keren dari sebelumnya karena kini lebih banyak orang yang membantu dan mendukungnya.

Selain itu, kontribusinya pada mini album ini juga cukup besar. Dia ingin memberikan sentuhan personal yang kuat agar pesan-pesan di setiap lagunya bisa sampai.

“Aku kembali setelah sekian lama. Kali ini, aku ingin jadi pendongeng di album ini. aku memikirkan dan berdiskusi dengan para penulis lagu, seolah-olah kami sedang menerbitkan buku,” ucap Taeyeon dalam To. X Countdown Live di YouTube resminya, Senin (27/11).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TaeYeon (@taeyeon_ss)


Menurutnya, metode penulisan lagunya kali ini lebih bisa menangkap sentimen dan suasana hatinya, utamanya sepanjang 2023 ini. Jadi, bisa dibilang enam lagu di album ini merupakan gejolak suasana hati yang terekam dalam sebuah lagu.

Album baru ini akan menjadi penanda barunya dalam bermusik. Sebelum ini, dirinya telah merilis album studio INVU pada 2022 . Album tersebut cukup mendapat sambutan yang hangat dan pujian dari penggemar dan pencinta musik.

Wanita kelahiran lahir 9 Maret 1989 tersebut memulai kariernya dengan debut sebagai anggota girl group Girls' Generation atau SNSD pada 2007. Sebelum resmi debut, dia telah menjalani pelatihan selama 3 tahun dalam proyek S.M. Entertainment, Girls' Generation-TTS, SM The Ballad, Oh!GG dan GOT the Beat.

Karier bermusiknya terus melesat. Leader Girls' Generation itu juga setidaknya telah merilis empat mini album sebelumnya, yakni I (2015), Why (2016), Something New (2018), dan What Do I Call You (2020). Taeyeon juga pernah merilis EP spesial musim dingin berjudul This Christmas: Winter Is Coming (2017).

Sementara itu, proyek solo Taeyeon juga telah melahirkan tiga album penuh sejak debut solo pada 2015. Ketiga album itu, yakni My Voice (2017), Purpose (2019), hingga INVU (2022).
 
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

3 Tim Esports Indonesia Gagal Bawa Pulang Piala FFWS 2023, Ini Dia Pemenangnya

BERIKUTNYA

Genhype Sering Bergadang? Waspadai 8 Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: