Tim Esport asal Indonesia yang ikut FFWS 2023. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/ Hypeabis.id)

3 Tim Esports Indonesia Gagal Bawa Pulang Piala FFWS 2023, Ini Dia Pemenangnya

27 November 2023   |   18:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tiga tim esports asal Indonesia tidak berhasil meraih gelar juara Free Fire World Series (FFWS) 2023. Mereka kalah poin dari tim asal Brasil, Magic Squad yang menempati posisi puncak klasemen dan mengalahkan tuan rumah, pada Grand Finals yang berlangsung di Thailand, pada Minggu, 26 November 2023. 

Dari tiga tim dengan bendera Indonesia di FFWS 2033, RRQ Kazu finish di posisi paling tinggi, yakni peringkat ke-4 dengan total 72 poin. RRQ Kazu berhasil naik peringkat dari sebelumnya finis di peringkat 7 klasemen FFWS 2022 Bangkok. Dengan hasil ini, RRQ juga menjadi tim Indonesia dengan posisi akhir paling baik di klasemen FFWS sejak 2019.

Sementara itu, sang juara Free Fire Master League (FFML) Season 8 Thorrad harus mengakhiri partisipasi mereka di FFWS 2023 dengan duduk di peringkat 9 dengan 44 poin. Di sisi lain, Poco Star yang lolos sebagai pemuncak klasemen League Phase FFML Season 8 harus puas dengan posisi 8 dengan 64 poin.

Baca juga: Tantangan Regenerasi Talenta Esports, Kebutuhan akan Turnamen Lokal yang Lebih Masif

Diketahui, Magic Squad tercatat mencetak total 112 poin dari 6 ronde pertandingan. Torehan poin tersebut didapatkan dari 45 poin eliminasi, 12 poin headstart (dari babak Point Rush), dan 55 poin placement–termasuk 3 kali Booyah di Grand Finals FFWS 2023. Dengan perolehan ini, Magic Squad mampu mengalahkan tim-tim unggulan asal Thailand, seperti Buriram United Esports (95 poin) dan CGGG (89 poin) yang harus puas di peringkat ke-2 dan ke-3 klasemen Grand Finals FFWS 2023.

“Kemenangan ini sudah menjadi mimpi saya sejak pertama kali bermain Free Fire. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua tim Magic Squad yang sudah berjuang bersama-sama mewujudkan mimpi ini,” ujar Captain Magic Squad, Tiago Carvalho (BOPS7) dalam keterangannya, dikutip Hypeabis.id, Senin (27/11/2023).

Kemenangan ini membuat Magic Squad menjadi tim kedua asal Brasil yang berhasil menjuarai seri turnamen FFWS. Mereka menyamai prestasi Divisi Esports Sport Club Corinthians Paulista (SCCP) yang memenangkan FFWS 2019 di Rio de Janeiro, Brasil. Atas kemenangan ini, Magic Squad membawa hadiah utama senilai US$300.000 dari total hadiah US$1 juta.

Magic Squad adalah tim Free Fire yang didirikan oleh legenda sepak bola dunia asal Brasil, Ronaldinho bersama mantan Pro Player Free Fire Brasil, Daniel Molo. Magic Squad lolos ke FFWS 2023 dengan status juara League Phase di Liga Brasileira de Free Fire 2023: Series A - Stage 1 atau LBFF 9. 

Sementara itu, ajang FFWS 2023 juga memberikan penghargaan kepada individual. Pemain EXP Esports asal Thailand, Rattapong Rompochai (DEW), dianugerahi gelar Most Valuable Player (MVP) FFWS 2023. Sepanjang babak Knockout hingga Grand Finals, DEW berhasil memperoleh 6 kali MVP dan total 110 eliminasi untuk timnya. Dia bergabung di Expand Esports pada tahun lalu setelah sebelumnya berkarier bersama Nigma Galaxy.

FFWS 2023 dimulai sejak 10 November 2023 melalui babak Knockout Stage dengan total 18 tim sepanjang 2 akhir pekan. Sebanyak 12 tim terbaik kemudian lolos ke babak Point Rush pada 24-25 November 2023 untuk mengumpulkan headstart point menuju Grand Finals. 

Sistem ini mirip seperti perebutan pole position di ajang balapan dan sudah diterapkan di FFML Season 8 dengan sistem babak Semi Final dan Grand Final. Bermodal poin tambahan dari babak Point Rush, 12 tim tersebut kemudian bertanding kembali di babak Grand Final FFWS pada 26 November 2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Menyiapkan Masa Depan Jakarta 

BERIKUTNYA

Resmi Comeback, Taeyeon Rilis Mini Album Terbaru To X Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: