Ilustrasi Steam Deck (Sumber gambar: Edgar Almeida/Unsplash)

Valve Mulai Buka Nominasi Steam Awards 2023, Cek Deretan Kategorinya

23 November 2023   |   18:46 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Platform gim yang dikembangkan Valve yaitu Steam resmi mengumumkan pembukaan nominasi gim terbaik untuk diberikan penghargaan melalui Steam Awards 2023. Adapun nominasi ini dibuka bersamaan dengan sesi Steam Autumn Sale yang merupakan agenda diskon gim selama musim gugur 21--28 November 2023.

Selama agenda diskon musim gugur ini, Steam juga mendorong penggemar game untuk menominasikan gim pilihan terbaik melalui situs resmi Steam. Pengguna Steam bisa melakukan submisi untuk menominasikan game favorit hingga 28 November 2023 Pukul 10.00 PST.

Setelah menominasikan gim pilihan, selanjutnya pengguna Steam bisa melakukan vote untuk menentukan pemenang di agenda diskon Steam selanjutnya yakni Steam Winter Sale 2023. Kemudian pemenangnya akan diumumkan pada 2 Januari 2024 Pukul 10.00 PST.

Baca juga: Rockstars Games Resmi Merilis Trailer Pertama Gim GTA 6 Pada Bulan Desember Nanti

Steam memberi kesempatan bagi penggunanya untuk menentukan nominasi dari total 11 kategori. Adapun 11 kategori nominasi tersebut adalah Game of the Year, VR Game of the Year, Labor of Love, NEW: Best Game on Steam Deck, Better with Friends, Most Innovative Gameplay, Outstanding Story-Rich Game, Best Game You Suck At, Outstanding Visual Style, Best Soundtrack, dan Sit Back and Relax.

Beberapa kategori dalam nominasi kali ini merujuk pada popularitas dan kualitas game baik dari segi gameplay terbaik, alur cerita gim terbaik, hingga penilaian secara visual dan suara melalui soundtrack.

Pengguna Steam cukup menominasikan minimal satu game saja untuk setiap kategori. Untuk mulai menominasikan, pengguna harus lebih dahulu masuk ke akun Steam. Kemudian Steam akan menampilkan beberapa rekomendasi game yang pernah dimainkan penggunanya pada tahun ini. Pengguna juga bisa mengetik langsung game spesifik rilisan tahun ini yang memenuhi persyaratan khusus untuk tiap-tiap nominasi.

Steam memberi deskripsi syarat game sebagai gambaran bagi pengguna untuk menominasikan game pilihan. Misalnya untuk kategori Game of the Year, Steam meminta pengguna menominasikan game yang dirasa penggunanya memiliki gameplay imersif, cerita yang memikat, karakter yang kuat, hingga desain yang rapi. Untuk kategori Labor of Love, pengguna bisa menominasikan gim yang telah lama dirilis, setidaknya satu tahun atau lebih tetapi game-nya tetap mendapatkan pemeliharaan fitur yang baik dari pengembangnya.

Genhype tak perlu khawatir jika salah menentukan pilihan nominasi. Sebab Steam memberi fitur edit di bagian atas pilihan nominasi sebelumnya untuk memudahkan pengguna mengubah nominasi. Pengguna Steam bisa membagikan pilihan nominasi dengan cara mengklik tombol ‘Buat tautan baru’ di bagian bawah kategori Steam Awards setelah memilih nominasi. Kemudian tautan tersebut bisa dibagikan untuk membagikan halaman nominasi pengguna kepada pengguna Steam lainnya.

Selain menampilkan gim yang spesifik, Steam juga memberi deretan gim rekomendasi berdasarkan profil penggunanya di tiap bagian bawah kategori nominasi. Menariknya, pengguna Steam juga bisa mendapatkan benefit berupa badge khusus dan tambahan 25 XP pada halaman badge profil untuk tiap badge yang diterima sebagai reward. Badge khusus bisa didapatkan dengan menyelesaikan maksimal 4 misi khusus sesuai dengan instruksi Steam.

Baca juga: Pertama Kalinya, Ada Gim Indonesia di Daftar Nominasi The Game Awards 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

9 Film Terbaik yang Diputar di ASEAN Korea Film Festival 2023, Ada 2 Film Indonesia

BERIKUTNYA

Makin Diminati Anak Muda, Cek Tren Mode Korea 2024 Ala Fashion Stylist Bertha Puspita

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: